Mantan Karyawan Ungkap Keburukan Game Mobile Legends

Mantan Karyawan Ungkap Keburukan Game Mobile Legends

Pada tanggal 16 Desember 2017, komunitas Mobile Legends di Reddit dikejutkan dengan seseorang yang mengaku mantan karyawan Moonton. Kejutan terjadi karena mantan karyawan ungkap keburukan game Mobile Legends. Sebelum curhatan atas game mobile ini terjadi, Mobile Legends sudah seringkali diterpa kabar miring dan kabar penuntutan masalah  hak cipta dan atau plagiat.

Curhat Keburukan Game Mobile Legends

Seorang yang mengaku mantan karyawan Moonton dan curhat keburukan game Mobile Legends di Reddit menggunakan akun MobileLegendsBB. Curhatan akun tersebut hanya bertahan 1 hari di Reddit karena langsung dihilangkan pada tanggal 17 Desember 2017 oleh Reddit.

Akan tetapi, status dari MobileLegendsBB sudah ada yang menyimpan dengan cara screenshot, salah satunya akun Youtube Ask Vell dan laman Facebook Kurohiko Channel. Bahkan status versi Indonesia sudah tersedia di Kurohiko Channel.

Berdasarkan pantauan terhadap postingan yang dibuat dan jejak komentar akun MobileLegendsBB di Reddit, mantan karyawan ungkap keburukan game Mobile Legends dikarenakan ia ingin para pecinta game ini tau keburukan yang dilakukan mantan perusahaannya, sehingga bisa mengambil sikap yang dianggapnya perlu dilakukan. Contohnya seperti meninggalkan game ini.

Berbicara status, screenshot yang berhasil disimpan Kurohiko Channel adalah seperti di bawah ini:

Mantan Karyawan Ungkap Keburukan Game Mobile Legends Screenshot 1

Mantan Karyawan Ungkap Keburukan Game Mobile Legends Screenshot 2

Mantan Karyawan Ungkap Keburukan Game Mobile Legends Screenshot 3

Ada pun status MobileLegendsBB membicarakan permasalahan sebagai berikut:

  1. Diskriminasi Perekrutan Karyawan
  2. Transaksi Online dalam Game
  3. Penyeimbangan Permainan
  4. Penyalahgunaan Pekerjaan
  5. dan Plagiat

Diskriminasi Perekrutan  Karyawan

Dalam statusnya, MobileLegendsBB memberitahukan bahwa kebijakan Moonton terhadap perekrutan pekerja berdasarkan ras dan etnis. Prioritas perekrutan penerjemah diberikan kepada orang Malaysia keturunan Tionghoa, serta pekerja “kulit putih” untuk branding image perusahaan.

Pekerja kulit hitam tidak diperbolehkan untuk direkrut karena CEO Elex Tech selaku pemegang saham Moonton menganggap mereka adalah penjahat. Meskipun, prioritas diberikan kepada penerjemah Malaysia Tionghoa, salah seorang petinggi di sana melihat bahwa orang Melayu asli lebih pas untuk posisi tersebut.

Transaksi Online dalam Game

MobileLegendsBB menyatakan bahwa dana operasional perusahaan sepenuhnya didanai transaksi online dalam game. Dimainkan oleh kurang lebih 10 juta pemain, game ini mampu meraup keuntungan dari pembelian item dalam game sebesar Rp. 8 miliar hingga Rp. 15 miliar dalam sehari.

MobileLegendsBB menyatakan juga bahwa uang tersebut tidak dipakai untuk menjadikan game MOBA Mobile Legends menjadi game yang berkualitas.  Sebagian besar dipakai untuk beriklan di Facebook, alih-alih pengembangan game.

Penyeimbangan Permainan

Prihal penyeimbangan permainan, MobileLegendsBB menyatakan bahwa pihak Moonton tidak benar-benar serius mengurusnya karena game Mobile Legends tidak tersedia di China. Mereka harus menggunakan VPN untuk mengetahui permasalahan di dalam game. Bahkan, Lag dalam games adalah kewajaran akibat tindakan Moonton ini.

Penyalahgunaan Pekerjaan

MobileLegendsBB menyatakan penyalahgunaan pekerjaan berkaitan dengan tindakan petinggi di sana yang sering melakukan pelecehan, penganiayaan mental, dan juga memperlakukan pegawai bergaji rendah dalam Moonton dengan semena-mena dengan cara memberikan dua kali lipat dari beban kerja yang seharusnya diberikan.

Plagiat

Berkaitan dengan permasalahan plagiat, MobileLegendsBB menyatakan bahwa dalam mengelola game Mobile Legends, Moonton memerintahkan karyawan untuk terus memantau Vainglory dan Arena of Valor sebagai pesaing. Mereka disuruh melalukan tindakan serupa dengan apa yang dilakukan pesaing untuk tidak benar-benar diberikan nilai tambah lebih. Tidak hanya game saja yang diplagiasi, MobileLegendsBB menambahkan bahwa strategi pemasaran pun diplagiasi.

Itu dia rangkuman dari status mantan karyawan ungkap keburukan game Mobile Legends. Untuk melihat screenshot asli dan juga terjemahan lengkap dari status akun MobileLegendsBB bisa ke laman Kurohiko Channel, dan untuk melihat rekam jejak aktivitas akun MobileLegendsBB bisa lewat link ke Reddit ini.

Prihal curhatan ini, belum ada tanggapan dari Moonton dan belum tentu benar juga karena hanya sebatas kata-kata tidak disertai bukti lainnya. Kabar terbaru, MobileLegendsBB menceritakan bahwa akunnya sedang berusaha diretas oleh Moonton yang sekali lagi belum diketahui kebenarannya.

Bagikan untuk teman:

Komentar Gamers!

Jumlah Komentar!