sukistreet
15 Manfaat Bermain Catur yang Belum Pernah Kamu Dengar

15 Manfaat Bermain Catur yang Belum Pernah Kamu Dengar

Catur adalah salah satu game indoor tertua dan paling populer yang dimainkan di dunia. Meskipun streotipe-nya adalah bahwa game ini dimainkan oleh orang-orang jenius saja, namun game ini dapat dimainkan oleh siapa saja tanpa memandang usia, terlebih manfaat positif bermain catur bagi otak anak dan untuk orang dewasa begitu banyak.

Catur melibatkan semua bagian otak dalam setiap gerakan permainan, sehingga membantu otak berfungsi lebih baik. Ingin tahu lebih banyak apa manfaat bermain game catur itu? Berikut ini adalah dampak serta manfaat bermain catur bagi otak anak dan untuk orang dewasa yang belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Baca Juga :

Mengembangkan Korteks Prefrontal

manfaat bermain catur - Korteks Prefrontal

Korteks prefrontal adalah area otak yang bertanggung jawab untuk perencanaan, penilaian, pengendalian diri dan tinjauan ke masa depan. Ini adalah salah satu bagian terakhir dari otak untuk berkembang, dan remaja secara ilmiah belum matang sampai itu berkembang.

Bermain catur melibatkan banyak pertimbangan ketika lawan membuat langkah, diikuti dengan merencanakan langkah selanjutnya dan memperkirakan konsekuensinya. Ini membantu dalam pengembangan Korteks Prefrontal otak, mendorong mereka untuk berpikir lebih baik dan membuat keputusan yang lebih baik dalam hidup.

Menyembuhkan Penyakit Skizofrenia

manfaat bermain catur - Menyembuhkan Penyakit Skizofrenia

Skizofrenia merupakan gangguan mental kronis yang memengaruhi kemampuan pasien untuk merasakan, berperilaku, dan berpikir. Hasil sebuah penelitian di Centre for Cognitive Neuroscience di Bron, Prancis, menunjukkan peningkatan dalam beberapa kemampuan mental pasien skizofrenia yang bermain catur. Penyelidikan ini dilakukan pada 26 pasien yang menderita gangguan tersebut.

Loading…

Sementara setengah dari peserta diberikan pengenalan singkat tentang aturan catur dan bermain dua kali seminggu selama 5 minggu di bawah pengawasan pemain berpengalaman, setengah lainnya tidak main catur.

Tes kemampuan mental dilakukan sebelum dan sesudah periode 5 minggu. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam peningkatan kelompok yang bermain catur. Juga dicatat bahwa para pasien terus bermain catur sendiri bahkan setelah penelitian berakhir. Ini membuktikan bahwa bermain catur mempunyai manfaat untuk menyembuhkan skizofrenia.

Membantu Menghindari Alzheimer

manfaat bermain catur - Membantu Menghindari Alzheimer

Alzheimer adalah gangguan mental progresif yang tidak dapat disembuhkan, di mana koneksi sel otak seseorang merosot dan sel-sel mati menyebabkan hilangnya memori dan fungsi otak penting lainnya. Ini umumnya terjadi pada usia tua karena tidak aktifnya otak. Otak, seperti halnya otot tubuh lainnya, membutuhkan olahraga teratur. Studi terbaru menunjukkan bahwa bermain catur memiliki manfaat merangsang fungsi otak dan membantu menghindari demensia.

Meningkatkan Keterampilan Kognitif

Meningkatkan Keterampilan Kognitif

Keterampilan yang digunakan otak untuk membaca, belajar, mengingat, dan memperhatikan adalah keterampilan kognitif. Manfaat besar bermain catur adalah merangsang pertumbuhan dendrit. Dendrit adalah ujung rantai saraf bercabang yang membantu dalam mentransfer sinyal saraf. Pertumbuhan dendrit meningkatkan kecepatan dan kualitas komunikasi saraf. Ini membantu dalam meningkatkan pemrosesan keseluruhan otak yang mengarah pada peningkatan keterampilan kognitif.

Meningkatkan Keterampilan Spasial

Meningkatkan Keterampilan Spasial

Keterampilan spasial menentukan kemampuan seseorang untuk memahami, bernalar, dan mengingat hubungan dimensi antara objek. Saat bermain permainan papan, kita perlu memahami posisi semua bagian dengan identitas mereka. Selain itu, saat membayangkan posisi masa depan setelah bergerak, kita perlu mengingat lokasi saat ini dari semua bagian.

Melawan Depresi dan Kecemasan

Melawan Depresi dan Kecemasan

Kita semua menghadapi stres dan kecemasan jika menghadapi tenggat waktu dalam pekerjaan, tugas, atau tes, dan akhirnya panik dalam situasi tekanan. Bermain catur dapat membantu kita tetap tenang dan fokus dalam situasi tekanan seperti itu. Bermain catur membutuhkan konsentrasi dan perencanaan yang tinggi. Ini memaksa otak kita untuk menghindari berpikir tentang pikiran atau situasi yang membuat depresi. Jadi, catur adalah permainan penghilang stress yang hebat.

Meningkatkan Percaya Diri

Meningkatkan Percaya Diri

Catur adalah permainan satu lawan satu. Saat memainkan game ini, kamu benar-benar harus berjuang sendirian. Kamu harus berupaya secara individual untuk melakukan permainan kamu, menganalisis kekalahan dan menghindarinya tanpa menyerah. Game ini mengembangkan ketahanan dan menanamkan rasa percaya diri.

Membantu Rehabilitasi Motorik

Membantu Rehabilitasi Motorik

Catur bisa menjadi alat yang hebat untuk menjalani rehabilitasi. Bermain catur membantu dalam pengembangan keterampilan motorik halus bagi orang-orang yang memiliki kemampuan khusus atau orang-orang yang mungkin mengalami kecelakaan yang melemahkan fisik. Catur melibatkan penggunaan tangan untuk memindahkan bidak catur ke atas papan.

Selain itu, catur juga digunakan untuk rehabilitasi pecandu narkoba dan alkoholik. Bermain catur membuat pikiran mereka sibuk sehingga mencegah mereka untuk fokus pada rasa sakit dan kehilangan. Catur membantu mereka mendapatkan kembali fokus dan konsentrasi yang menuntun mereka untuk mendapatkan kembali rasa percaya diri mereka, dan menjauhkan pikiran-pikiran gelap.

Peningkatan Memori Otak

Peningkatan Memori Otak

Seorang pemain catur yang baik selalu mengingat permainan lawan. Kamu perlu mengingat kembali gerakan sebelumnya dan memahami pola dalam gaya permainan lawan. Itulah cara kamu mencari kekurangan lawan dan memanfaatkannya. Sebuah studi di Pennsylvania pada siswa kelas 6, menunjukkan bahwa siswa yang sebelumnya tidak bermain catur, dapat meningkatkan kemampuan verbal mereka setelah memainkannya.

Meningkatkan Konsentrasi Otak

Meningkatkan Konsentrasi Otak

Permainan papan 64 blok ini memerlukan fokus. Setiap gerakan lawan meminta perhatian kamu. Fokus terus menerus pada permainan yang sedang berjalan, mengamati setiap gerakan, merencanakan langkah selanjutnya, memvisualisasikan hasil, dan semua tugas semacam itu, melibatkan banyak pemrosesan otak. Ini membantu melatih otak untuk situasi serupa dalam kehidupan sehari-hari. Sejumlah penelitian di berbagai negara telah menunjukkan bahwa bermain catur bermanfaat dalam meningkatkan konsentrasi dan kesabaran.

Meningkatkan Pemecahan Masalah

Meningkatkan Pemecahan Masalah

Permainan catur adalah teka-teki yang selalu berubah-ubah, dan harus dipecahkan secepatnya sebelum lawan. Ini juga mengajarkan cara menyelesaikan masalah. Sebuah studi di New Brunswick pada tahun 1992 membagi 450 siswa kelas 5 menjadi 3 kelompok. Kelompok C yang mulai bermain catur di kelas satu mengalahkan kelompok yang tidak bermain catur sebesar 21,46 persen. Ini menunjukkan bahwa main catur memiliki dampak meningkatkan keterampilan kamu dalam memecahkan masalah.

Memicu Kreativitas Diri

Memicu Kreativitas Diri

Manfaat Bermain catur yang lainnya yaitu dapat memicu kreativitas. Sebuah studi selama empat tahun pada anak-anak kelas 7-9 mengungkapkan bahwa anak-anak yang bermain catur lebih kreatif daripada anak-anak yang menggunakan komputer atau melakukan hal-hal lain, mencetak skor tertinggi dalam parameter orisinalitas. Ini terutama karena kebutuhan dalam bermain catur untuk mematahkan pola dan mencari cara baru untuk mengalahkan lawan.

Melatih Kedua Sisi Otak

manfaat bermain catur - Melatih Kedua Sisi Otak

Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa kedua belahan otak sama-sama aktif saat bermain catur. Saat melakukan olahraga badan, kita diharapkan melatih kedua sisi tubuh secara seimbang untuk hasil yang lebih baik. Demikian pula, kita harus melatih kedua belahan otak untuk meningkatkan fungsinya.

Kurva Belajar Lebih Cepat

manfaat bermain catur - Kurva Belajar Lebih Cepat

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang diperkenalkan catur pada usia muda lebih baik dalam pemecahan masalah, membaca, berpikir, dan matematika. Ini membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk mempelajari sesuatu dengan lebih cepat dan menyeluruh. Strategi dan visi yang jelas adalah sesuatu yang sangat mendasar bagi para pemain catur, dan melatih aspek-aspek ini pasti akan bermanfaat dalam mempelajari sesuatu yang baru.

Meningkatkan IQ Anak

manfaat bermain catur - Meningkatkan IQ Anak

Sebuah studi pada 4.000 siswa Venezuela menunjukkan dampak yang signifikan pada nilai IQ anak laki-laki dan perempuan yang bermain catur, dan ini adalah manfaat serta hasil yang jelas karena melatih semua 6 bagian otak siswa.

Nah sekarang sudah tahu kan apa manfaat dan dampak positif bermain catur bagi otak anak dan untuk orang dewasa. Salah satu pertanyaan paling umum tentang catur adalah: apakah orang cerdas suka bermain catur atau bermain catur membuat mereka cerdas? Menurutmu apa manfaat bermain catur itu? Bagaimanapun, ambillah papan catur dan berlatihlah mulai hari ini!

Bagikan untuk teman:
Loading...