Logitech Bridge; Keyboard Khusus VR Untuk Developer

Logitech Bridge; Keyboard Khusus VR Untuk Developer

Perusahaan periferal untuk PC dan perangkat mobile, Logitech merupakan salah satu brand terpercaya yang menghasilkan produk berkualitas. Mengikuti perkembangan jaman, Logitech pun selalu berinovasi untuk menghasilkan perangkat aksesoris untuk kebutuhan penggunanya. Yang terbaru adalah Logitech Bridge yang merupakan keyboard khusus VR ditujukan untuk developer konten VR.

Menurut Logitech, virtual reality akan berkembang tak hanya untuk platform hiburan tetapi juga bisa untuk fungsi produktif. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perusahaan asal Swiss tersebut mengembangkan Bridge sebagai penunjang kebutuhan konten VR di masa depan.

Baca Juga :

Kegunaan Bridge

logitech-bridge

Logitech Bridge adalah developer kit yang ditujukan untuk pengembangan keyboard khusus konten VR. Jadi saat pengguna menggunakan perangkat VR untuk browsing atau bekerja di PC / laptop miliknya, mereka tak perlu meraba-raba keyboard atau melepas perangkat head-mounted display VR hanya untuk mencari huruf-huruf di keyboard. Bridge akan menjadi ‘jembatan’ yang menghubungkan keyboard ke alam virtual sehingga pengguna bisa menggunakan keyboard seperti biasa selagi memakai perangkat VR.

Ide pengembangan Bridge ini muncul dari keluhan pengguna terhadap penyajian keyboard digital yang dinilai kurang natural, padahal keyboard digunakan untuk berbagai aktivitas tak hanya untuk gaming maupun bekerja. Logitech pun mengerti kebutuhan ini karena mereka menganggap keyboard fisik ialah perangkat wajib yang sifatnya universal dan bisa digunakan untuk berbagai hal.  Tak hanya mengetik huruf dan angka, tetapi bisa juga untuk melakukan perintah kompleks dengan berbagai fungsi shortcut.

Baca Juga :

Kit Untuk Developer

logitech-bridge

Dengan Bridge, nantinya developer bisa mengembangkan keyboard virtual untuk berbagai kebutuhan Pengguna pun nantinya dapat melihat letak tangan di keyboard dan animasi saat tombol keyboard ditekan. Developer bisa mengkustomisasi penampilan keyboard versi digital tersebut menjadi lebih menarik hingga menonjolkan berbagai tombol penting untuk konten VR yang tengah mereka kembangkan.

Developer kit Logitech Bridge ini terdiri dari empat elemen utama, yaitu:

  • HTC Vive
  • Keyboard gaming Logitech G,
  • Vive Tracker agar headset dapat membaca posisi periferal tersebut, dan
  • Software

Sistem Bridge ini kompatibel dengan HTC Vive, menggunakan Vive Tracker, keyboard gaming Logitech G dan aksesoris yang menghubungkan kedua perangkat tersebut. Saat Anda menghubungkan Vive tracker ke keyboard, software Logitech akan menghasilkan virtual keyboard 3D yang sama persis seperti aslinya.

Menurut keterangan di blog resmi HTC Vive, Bridge kompatibel ke semua aplikasi yang ada di ekosistem SteamVR. Pengoperasian Bridge juga sangat sederhana. Developer tak harus memodifikasi aplikasi mereka, hanya perlu mengaktifkan Vive Tracker yang ada dalam kit dan boom! Overlay aplikasi maupun game yang tengah mereka kembangkan pun akan tersedia di alam virtual untuk dikustomisasi agar bisa digunakan dengan perangkat VR.

Harga Logitech Bridge

Logitech Bridge bukanlah perangkat yang bisa dimiliki siapa saja seperti keyboard gaming biasa. Karena keyboard ini khusus untuk developer, bagi yang berminat bisa langsung mendaftar pembelian Bridge melalui link pemesanan berikut ini  hingga tanggal 16 November 2017. Hanya tersedia 50 unit untuk developer terpilih dengan harga kit yang terjangkau, yaitu USD 150 saja. Namun belum termasuk USD 99 untuk Vive Tracker dan USD 599 untuk perangkat HTC Vive yang dijual terpisah.

Ikuti terus KabarGames untuk mendapat lebih banyak update mengenai gaming gear dari berbagai produsen top dunia. Selain itu ada juga berita tentang games dan gadget terbaru di setiap harinya. Anda juga bisa menemukan banyak tips & trik seputar gaming dan smartphone, tutorial hingga review berbagai perangkat gaming disini.

 

Bagikan untuk teman: