sukistreet
17 Level Super Saiyan dari Urutan Terlemah – Terkuat

17 Level Super Saiyan dari Urutan Terlemah – Terkuat

Tidak ada ras di dunia Dragon Ball yang mendapatkan power up sebanyak suku Saiyan. Meskipun Goku adalah yang pertama untuk mencapai tingkatan terkuat Super Saiyan (SS), namun banyak bangsa Saiyan lainnya (dan makhluk seperti Saiyan) telah mencapai level yang lebih tinggi dan lebih kuat sepanjang sejarah seri Dragon Ball.

Makhluk seperti Cell dan Zamasu telah mampu mencapai transformasi yang menyerupai Super Saiyan. Di sisi lain, Goku telah mampu mendorong dirinya ke batas seperti Dewa, yang seharusnya tidak mampu dicapai oleh bangsa Saiyan. Vegeta berhasil juga, tetapi Goku cenderung melakukannya terlebih dahulu.

Baca Juga :

Melalui Dragon Ball Z, Dragon Ball GT dan yang terbaru Dragon Ball Super, para Saiyan yang masih hidup telah menunjukkan sejumlah besar transformasi ini. Transformasi biasanya terjadi selama semacam tekanan emosional, tetapi seperti yang ditunjukkan para Saiyan dari Universe 6, kadang-kadang mereka bertransformasi hanya karena mereka mau. Berikut ini adalah tingkatan terlemah sampai terkuat level Super Saiyan (SS) di dunia Dragon Ball.

False Super Saiyan

Apakah ini canon atau bukan masih bisa diperdebatkan. Ini pertama kali terjadi selama film Lord Slug. Penjahat muncul di Bumi untuk mencari masalah. Dia dengan cepat berhadapan dengan para Z-Fighters, yang dengan mudah dikirim. Bahkan Goku menghadapi waktu yang sulit dengan Lord Slug sampai dia mendapatkan peningkatan kekuatan ini.

Dalam bentuk transformasi super saiyan ini, rambut Goku tidak berubah warna menjadi kuning, tetapi pupilnya hilang, dan auranya memiliki warna emas. Dia juga menerima peningkatan kekuatan yang besar, meskipun dia tidak bisa mempertahankannya terlalu lama.

Secara teknis, Goku adalah satu-satunya yang mencapai batas ini, meskipun Vegeta telah menunjukkan teknik yang serupa. Melawan Goku dan Frieza, Vegeta menggunakan teknik yang disebut Saiyan Soul, yang sangat mirip dengan transformasi Goku melawan Lord Slug.

Super Saiyan (SS)

Setiap penggemar Dragon Ball pasti ingat menyaksikan Goku berubah menjadi Super Saiyan untuk pertama kalinya. Seorang Saiyan mampu mencapai kondisi ini melalui kombinasi latihan yang intens dan reaksi emosional yang ekstrem. Bagi Goku, ia menyaksikan sahabatnya dihancurkan tubuhnya. Bagi Vegeta, itu adalah kemarahan karena Goku dan Trunks telah mengalahkannya.

Loading…

Dalam bentuk SS, perbedaan utama adalah rambut Saiyan. Rambutnya berdiri tegak dan berubah menjadi kuning sepenuhnya. Saiyan juga menampilkan aura emas, yang dirancang Akira Toriyama untuk membuat Goku tampak lebih hidup.

Toriyama baru-baru ini mengungkapkan bahwa tidak semua Saiyan mampu mencapai transformasi SS. Mereka mungkin berlatih seumur hidup mereka, tetapi jika mereka tidak memiliki jumlah sel S yang tepat dalam tubuh mereka, mereka tidak akan pernah berhasil. Hampir setiap Saiyan yang hidup di universe 7 mampu melakukan transformasi SS.

Baca Juga :

Super Saiyan Second Grade

Dua bentuk SS berikutnya ini menyebabkan sedikit kebingungan di kalangan penggemar. Super Saiyan second grade, juga dikenal sebagai Ascended Super Saiyan, sangat mirip dengan bentuk dasar SS. Perbedaan utama adalah bahwa ototnya tumbuh sedikit lebih besar dan rambutnya menjadi sedikit lebih panjang dan lebih liar.

Setelah transformasi SS tercapai, Saiyan dapat mencapai peningkatan ini melalui pelatihan yang kuat. Vegeta, Trunks, dan Goku semuanya dapat mencapai bentuk ini melalui periode yang panjang di Hyperbolic Time Chamber. Bentuk ini meningkatkan kekuatan dan kecepatan penggunanya melampaui tingkatan Super Saiyan, seperti yang terlihat di video Goku di atas. Vegeta dengan mudah mampu mengalahkan Semi-Perfect Cell saat menggunakan bentuk ini.

Super Saiyan Third Grade

Juga dikenal sebagai Ultra Super Saiyan atau Super Saiyan 1.5, transformasi terkuat Super Saiyan third grade adalah transformasi terakhir antara bentuk asli dan SS2. Ini mirip dengan Super Saiyan second grade, tetapi dengan beberapa perbedaan utama.

Dalam bentuk Ultra SS ini, tingkat kekuatan Saiyan meningkat pesat. Otot-otot mereka tumbuh besar dan rambut mereka yang runcing tumbuh semakin lebat dan tumbuh ke segala arah yang berbeda. Berbeda dengan transformasi yang berada di satu level di bawahnya, kecepatan dalam bentuk Ultra SS ini semakin berkurang karena peningkatan massa otot.

Goku, Vegeta, Trunks, dan baru-baru ini Caulifla, semuanya dapat mencapai bentuk Ultra SS. Karena sel-sel Saiyan dalam DNA-nya, Cell juga dapat mencapainya. Cell, Goku dan Vegeta segera mengenali kelemahan teknik Ultra SS, namun Trunks menyadarinya sedikit lebih lama.

Full Power Super Saiyan

Setelah Goku mencapai Super Saiyan third grade, ia sampai pada kesimpulan penting: bentuk SS asli adalah yang paling praktis. Bentuk ini mengkonsumsi lebih sedikit energi daripada salah satu dari dua bentuk superior setelahnya dan hanya ada sedikit kemarahan, yang membuat penggunanya lebih berkepala dingin.

Goku memutuskan bahwa ia dan Gohan akan tetap dalam bentuk Super Saiyan secara permanen sampai pertempuran dengan Cell. Dengan cara ini, tubuh mereka akan terbiasa dengan kekuatan, dan itu tidak akan menguras tenaga mereka. Mereka juga akan bisa mengendalikan amarah mereka.

Ini melahirkan tingkatan terkuat Super Saiyan full power. Ini sama dengan bentuk SS biasa, tetapi tanpa ada kekacauan emosional. Ketika Goku bertransformasi dalam bentuk ini, ia menampilkan tingkat kekuatan yang belum pernah dibayangkan oleh Z-Fighters lainnya.

Super Saiyan 2 (SS2)

Saga Cell penuh dengan semua jenis transformasi Super Saiyan baru, namun tidak satu pun dari mereka yang membuat dampak seperti ini, termasuk Goku. Gohan sebenarnya tidak pernah ingin bertarung. Dia didorong ke batasnya oleh ayahnya dan kemudian dipaksa untuk menyaksikan teman-temannya disiksa, sehingga Cell bisa menyaksikan kekuatan utamanya.

Hasilnya, Gohan tidak mengecewakan. Dalam bentuk SS2, rambut Gohan yang awalnya pendek, menjadi berduri dan tumbuh sangat tinggi. Rambutnya juga jauh lebih tajam dan lebih jelas. Auranya mempertahankan sedikit kilat di sekitarnya, dan kekuatan serta kecepatannya meningkat secara signifikan.

Karena kekuatan itu, kepribadiannya juga sedikit berubah. Dia menjadi percaya diri untuk melakukan kesalahan, yang memungkinkan Cell untuk secara temporer memenangkan pertarungan. Goku, Vegeta dan Trunks semuanya telah mencapai tingkat SS2 ini, serta Kale dan Caulifla baru-baru ini.

Super Saiyan 3 (SS3)

Sejauh ini, hanya dua orang Saiyan yang telah ditampilkan dalam bentuk Super Saiyan 3, yang pertama jelas-jelas adalah Goku. Dia menggunakannya melawan Buu. Yang kedua adalah Gotenks, yang baru saja menemukannya dengan cepat dalam pertarungan melawan Super Buu.

Bentuk SS3 sangat berbeda dari yang pertama. Rambut pirang Saiyan tumbuh besar dan jatuh di belakang mereka. Mereka juga kehilangan alis seluruhnya, yang membuat tampilannya lebih mengancam. Baik Goku maupun Gotenks dapat dengan mudah mengalahkan Buu dalam bentuk SS3.

Kelemahannya adalah, ia membutuhkan sejumlah besar energi dan karenanya tidak dapat dipertahankan untuk waktu yang lama. Pertama kali Goku menggunakannya, dia tak bernyawa, sehingga dia bisa bertarung tanpa efek buruk.

Golden Great Ape (Oozaru)

Mari kita melompat ke Dragon Ball GT sebentar. Semua Saiyan dilahirkan dengan ekor seperti monyet. Ketika mereka melihat bulan (atau planet bola lainnya) saat ekor mereka masih menempel, mereka berubah menjadi kera raksasa yang dikenal sebagai Oozaru.

Ketika seorang Saiyan yang telah mencapai transformasi Super Saiyan berubah menjadi Oozaru, mereka mencapai bentuk terkuat se ekor monyet yang bernama Golden Great Ape. Bentuknya menyerupai Oozaru dalam segala hal, kecuali bahwa bulunya adalah emas, bukan coklat. Golden Great Ape juga jelas jauh lebih kuat, bahkan melampaui kekuatan SS3.

Tingkat kendali atas bentuk Golden Great Ape bervariasi tergantung pada situasinya. Goku tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri dalam bentuk Golden Great Ape ini, tetapi Vegeta, saat berada di bawah pengaruh Baby, mampu mempertahankan beberapa kemiripan kontrol. Beberapa Saiyan juga sebagian tetap mengenakan pakaian mereka.

Super Saiyan 4 (SS4)

Super Saiyan 4 adalah transformasi terkuat bentuk SS terakhir untuk waktu yang sangat lama. Hal ini dicapai ketika seorang Saiyan berhasil mendapatkan kontrol mental penuh saat dalam bentuk Golden Great Ape. Bentuk SS4 ini tidak dirancang oleh Akira Toriyama, meskipun ia memberikan beberapa pendapat tentang tampilan akhirnya.

Dalam bentuk SS4 ini, rambut suku Saiyan kembali ke warna hitam aslinya, dan tumbuh turun di bahu. Sesuai dengan tema monyet, Saiyan juga menumbuhkan bulu merah di seluruh tubuh mereka kecuali dada. Bentuk ini juga mendapatkan garis merah di sekitar mata mereka. Hanya dua (dan setengah) Saiyan yang telah mencapai transformasi ini.

Goku dan Vegeta sama-sama bisa mencapainya di dragon ball GT, walaupun Vegeta membutuhkan bantuan alat dari Bulma untuk mencapainya. Sosok fusion mereka, Gogeta, juga mampu mencapai transformasi SS4 ini. Bentuk SS4 secara luas dianggap sepuluh kali lebih kuat dari bentuk SS3.

Super Saiyan Rage

Ketika kamu kira Dragon Ball tak lagi membingungkan, Dragon Ball Super memperkenalkan tingkatan Super Saiyan Rage. Bentuk ini juga dikenal sebagai Super Saiyan Anger, transformasi ini tampaknya muncul entah dari mana. Itu hanya digunakan oleh Trunks selama perjuangan melawan Zamasu.

Pikirkan bentuk ini sebagai level Super Saiyan 2 Ascended. Bentuk ini membutuhkan kekuatan SS2 dan melipatgandakannya. Rambut Saiyan tumbuh sedikit lebih panjang dan mereka mendapatkan warna biru dalam aura emas mereka. Ini mungkin mencakup sedikit peningkatan bagi God Ki.

Dalam bentuk ini, Trunks dapat melawan Goku Black dalam bentuk SS Rose. Sama seperti teknik spirit bomb Goku, Trunks mampu mengumpulkan energi dari manusia yang tersisa di masanya untuk mengalahkan Future Zamasu. Dia memotong Future Zamasu menjadi dua dengan pedangnya. Bagi Kabar Games, Trunks memiliki gerakan paling keren di seluruh seri ini.

Super Saiyan God (SSG)

Bentuk Super Saiyan God mendatangi Beerus dalam mimpi, dengan cara yang mungkin juga terjadi pada para penulis Super Ball Dragon. Dia bangun dan melanjutkan pencarian untuk menemukan transformasi legendaris SSG ini, ia akhirnya mendarat di Bumi, dan menemukan Goku.

Goku mampu mencapai tingkat SSG ini melalui ritual yang melibatkan lima Saiyan lain yang murni hatinya. Dalam bentuk SSG, rambutnya kembali ke bentuk normal. Alih-alih menjadi hitam murni, rambut dan matanya mendapatkan semburat merah. Dalam tingkatan SSG ini, seorang Saiyan memiliki akses ke God Ki dan anatominya berubah serta tidak dapat diubah kembali.

Meskipun tidak pernah ditampilkan di layar, namun Vegeta mungkin juga dapat mencapai tingkat SSG ini melalui pelatihan intensif dengan Beerus dan Whis. Walau dia tidak bisa mengalahkan Beerus, Goku bisa menghadapi God of Destruction ketika berada dalam bentuk SSG.

Super Saiyan Blue (SSB)

Apa yang terjadi ketika SSG berubah menjadi Super Saiyan? Jelas, itu akan jadi Super Saiyan God Super Saiyan (SSGSS). Namanya jadi panjang pastinya, jadi Akira Toriyama menyederhanakan namanya menjadi Super Saiyan Blue. Ketika seorang Saiyan mencapai level terkuat Super Saiyan God, tubuh mereka diubah secara permanen. Bentuknya menyerupai SS sepenuhnya, kecuali semua emas diganti dengan biru. Kamu pasti bisa menebaknya dari namanya.

Goku dan Vegeta sama-sama dapat mencapai bentuk SSB ini, dan walau kekuatannya sangat menguras tubuh Saiyan, namun mereka berdua sudah cukup terlatih sehingga mereka dapat mengungguli Frieza dalam bentuk Golden Frieza yang baru saja diraihnya. Transformasi penggabungan mereka, Vegito, juga dapat menggunakan teknik SSB ini, seperti yang ditunjukkan pada Zamasu.

Legendary Super Saiyan (LSS)

Cerita Legendaris dunia Dragon Ball dimulai dari sini. Kisah-kisahnya bercerita tentang seorang Saiyan yang mampu mencapai transformasi ini dan mencapai kekuatan yang tak terbayangkan. Kisah-kisah inilah yang menyebabkan Frieza takut ras Saiyan hingga ia akhirnya memusnahkan Planet Vegeta. Bentuk LSS memiliki beberapa perbedaan utama dari transformasi SS biasa.

Seperti Super Saiyan second dan third Grade, otot-otot saiyan tumbuh jauh lebih besar. Namun, dalam bentuk LSS ini, kecepatan mereka sama sekali tidak terpengaruh. Rambut mereka juga mendapatkan warna hijau yang berlawanan dengan warna kuning asli, dan mata mereka menjadi putih tanpa pupil.

Pada awalnya, satu-satunya Saiyan yang mencapai level terkuat LSS adalah Broly dalam movies Broly The Legendary Super Saiyan. Transformasi tersebut baru-baru ini dibuat canon ketika saiyan Universe 6 Kale yang pemalu mencapai bentuk LSS. Bentuk LSS sulit dikendalikan, tetapi memiliki kekuatan yang lebih kuat dari Super Saiyan Blue.

Super Saiyan Rose

Ketika seorang Dewa mencapai bentuk SSG dan kemudian berubah menjadi tingkatan SSB, mereka berubah menjadi Super Saiyan Rose. Zamasu adalah seorang Kai yang percaya bahwa manusia tidak bisa dipercaya dengan keberadaan mereka sendiri.

Setelah bertemu Zamasu, hal pertama yang Goku jelas lakukan adalah menantang makhluk yang tidak stabil itu. Setelah kalah, Zamasu mengintai tubuh dan kekuatan Goku. Untuk itu, ia mencuri tubuh Goku dari timeline lain dan bergabung dengan masa depannya sendiri untuk melakukan semua jenis kerusakan.

Bentuk ini persis sama dengan level Super Saiyan Blue, kecuali kenyataan bahwa Zamasu adalah Dewa yang sebenarnya, bukan hanya seorang manusia biasa, Saiyan, yang berhasil mendapatkan akses ke God Ki. Karena itu, alih-alih rambut dan aura Goku Black menjadi biru, rambutnya berubah menjadi merah muda.

Super Saiyan White

Ketika seorang Dewa jahat yang mencapai tingkatan Super Saiyan Rose bergabung dengan Dewa jahatnya di masa depan yang belum mencapai itu, ia mendapatkan versi paling murni dari SSG untuk tunduk pada kehancuran universal. Zamasu, secara teori, satu-satunya orang yang dapat mencapai transformasi ini.

Dalam bentuk level Super Saiyan White, Zamasu mempertahankan warna kulit dan wajahnya sendiri dengan bentuk Goku, dan, yang lebih penting, rambutnya. Namun, karena ia mencapai tingkat kekuatan baru, dan juga karena warna rambut Zamasu putih, rambut dalam bentuk ini juga putih.

Gagasan untuk ini didasarkan pada gambar para penggemar pada akhir tahun 90-an yang menggambarkan apa yang diyakini banyak orang sebagai Goku dalam transformasi SS5 dengan rambut berwarna putih.

Ultra Instinct (UI)

Bentuk Ultra Instinct tidak terbatas hanya pada suku Saiyan, hal ini tetap perlu disebutkan karena versi Goku Ultra Instinct unik. Ultra Instinct adalah sejenis teknik Great White Buffalo: sekali kamu mencapainya, tetapi mendapatkannya kembali bukanlah hal yang mudah. Dalam bentuk ini, Goku bahkan tidak perlu berpikir gerakan apa yang akan dilakukannya.

Dia tenang dan harmonis dengan pikiran dan ototnya. Ultra Instinct adalah kemampuan yang Goku coba kuasai sejak jauh-jauh hari, ketika dia berlatih dengan Popo dan Kami untuk mengalahkan Piccolo.

Dia pertama kali menggunakan teknik Ultra Instinct ini dalam Tournament of Power melawan Jiren, meskipun dia hanya bisa mempertahankannya sebentar. Itu juga diwujudkan dalam melawan Kefla. Dalam bentuk Ultra Instinct ini, Goku terlihat seperti dirinya sendiri, meskipun rambutnya sedikit terangkat dan auranya muncul dengan semburat warna abu-abu di sekitarnya.

Mastered Ultra Instinct (MUI)

Mastered Ultra Instinct adalah bentuk terbaru dan paling kuat yang pernah ditunjukkan oleh Saiyan, dan merupakan cara yang pas untuk menutup seri Dragon Ball Super. Tournament of Power hampir berakhir dan Goku baru-baru ini mampu menguasai kekuatan Mastered Ultra Instinct-nya.

Dalam bentuk Mastered Ultra Instinct ini, rambut dan mata Goku benar-benar kelabu. Kekuatannya memperoleh dorongan yang besar, meskipun sangat merusak tubuhnya. Whis telah mengatakan bahwa jika dia mempertahankan bentuk ini terlalu lama, tubuhnya bisa meledak.

Mastered Ultra Instinct memiliki tingkat kekuatan yang bahkan lebih tinggi daripada Gods of Destruction (Dewa Kehancuran). Whis dan saudara perempuannya dapat mencapai bentuk Mastered Ultra Instinct ini, seperti Jiren, di sisi lain Beerus sendiri masih berupaya ke sana. Meskipun kekuatannya sangat besar, namun bentuk MUI ini masih belum menempatkan tingkat kekuatan Goku di atas Jiren.

Ternyata Goku yang paling banyak bertransformasi yah, nah apakah ada bentuk tingkatan Super Saiyan terkuat lainnya dari Dragon Ball yang dilewatkan Kabar Games urutan nya? Beri tahu di kolom komentar ya! Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar gaming, gadget dan anime hanya di Kabar Games!

Loading...