legend-banner
Lakukan Pelanggaran, Twitch Banned Permanent Dr Disrespect

Lakukan Pelanggaran, Twitch Banned Permanent Dr Disrespect

Kabar kurang menyenangkan datang dari dunia gaming, di tengah kegelisahan masyarakat menghadapi pandemi virus corona, Streamer kenamaan Guy “Dr Disrespect” Beahm justru kembali berulah. Streamer senior ini dikabarkan telah di banned secara permanent oleh Twitch karena melakukan pelanggaran yang cukup serius.

Lantas apa penyebab Twitch melarang Streamer bergaya nyentrik ini melakukan siaran di platformnya? Tidak jelas apa yang mendasari Twitch hingga melakukan banned permanent terhadap Dr Disrespect. Pasalnya, hingga kini Twitch belum memberikan informasi resmi terkait alasan pelarangan tersebut.

Baca Juga :

Namun, dalam sebuah cuitan, salah seorang jurnalis eSport, Rod Breslau mengatakan bahwa pemblokiran yang dilakukan Twitch kepada Beahm tidak berhubungan dengan DMCA atau masalah hak cipta. Meski begitu, banyak pihak yang percaya jika pemblokiran itu dilakukan karena Streamer berkacamata itu sudah melanggar pedoman dan ketentuan layanan yang ditetapkan oleh Twitch.

Tanggapan Dr Disrespect

Menanggapi maraknya pemberitaan yang menyebut dirinya terkena banned permanent oleh Twitch. Melalui akun Twitter resmi miliknya, Beahm mengaku tidak tahu mengapa dirinya di banned oleh Twitch. Sebab menurutnya, sejauh ini ia belum mendapat kejelasan dari Twitch terkait pemblokiran tersebut.

“Twitch belum memberitahu saya tentang alasan spesifik di balik keputusan mereka … Jabat tangan yang kuat bagi semua untuk dukungan selama masa sulit ini.”

Dalam cuitannya, Dr Disrespect tidak memberikan penjelasan apapun terkait hal tersebut. Ia justru mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya (Champions Club) yang selama ini telah mendukung karir nya.

Diketahui, ini bukan kali pertama Dr Disrespect tersandung masalah dengan Twitch. Sebelumnya, akun Dr Disrespect pernah di-ban oleh Twitch karena melakukan live streaming di toilet umum. Saat itu, Dr Disrespect ikut terlibat sebagai salah satu Streamer yang turut meramaikan acara E3 2019 lalu. Awalnya ia melakukan live streaming seperti biasa, dengan berjalan-jalan di sekitar venue sambil mewawancarai beberapa pengunjung.

Loading…

Sampai pada akhirnya, ia masuk ke dalam toilet umum dan melakukan live streaming di tempat tersebut. Parahnya, Dr Disrespect cukup lama berada disitu, hingga terlihat beberapa orang yang tengah melakukan aktivitas buang hajat.

Usai mendapat punishment berupa ban, beragam reaksi pun bermunculan. Ada yang menyebut jika hukuman yang diberikan Twitch kepada Beahm sangat berlebihan. Namun ada juga yang menganggap hukuman tersebut sebagai hal yang wajar karena Beahm sudah melakukan perbuatan fatal.

Baca Juga :

Reaksi Champions Club

Reaksi Champions Club

Tak kunjung mendapat jawaban pasti dari Twitch terkait alasan di balik larangan kepada Streamer idolanya, Champions Club sebagai komunitas yang menaungi para penggemar Dr Disrespect pun bereaksi dengan meminta penjelasan kepada Twitch.

Sebagian besar dari mereka menganggap kalau belakangan ini Twitch kerap menunjukan sikap tak biasa, di mana banyak streamer yang terkena banned dengan alasan yang tidak jelas. Selain itu mereka juga menilai kalau anak perusahaan Amazon tersebut tidak memiliki sikap profesionalitas dan komunikasi yang baik. Beberapa rekan streamer seperti TimTheTatman, GreekGodX, dan CouRage juga meminta Twitch agar meninjau kembali keputusannya itu.

Twitch Banned Permanen Pelaku Pelecehan

Twitch Banned Permanen Pelaku Pelecehan

Seiring menanjaknya popularitas Twitch sebagai salah satu platform penyediaan streaming video, semakin banyak pula jumlah laporan yang masuk terkait pelecehan seksual dan ujaran kebencian yang dialami oleh beberapa pengguna.

Tak ingin platform nya dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Twitch pun akhirnya mengambil langkah tegas dengan memberikan punishment berupa banned permanent kepada akun-akun yang terbukti melakukan pelanggaran.

“Kami meninjau setiap kasus yang muncul secepat mungkin, sambil memastikan pengusutan hingga tuntas jika dugaannya serius,” tulis Twitch, dalam Blog resminya, dikutip Selasa (30/6/2020).

Sejauh ini Twitch menilai banyak dari laporan yang masuk sudah menjurus ke ranah kriminal, berencana membawa masalah ini ke jalur hukum. Demi menjaga privasi dan keamanan, Twitch menyarankan bagi setiap pengguna yang akan memberikan laporan seputar kasus yang sama, untuk bisa menggunkan akun anonim.

Walhasil, Twitch juga berencana meningkatkan pendeteksian terhadap nama-nama yang bermasalah, serta memperbaiki program Automod dan daftar kata yang di banned. Kita tunggu saja apakah Beahm benar-benar di ban oleh Twitch secara permanent?

Kita doakan semoga Guy “Dr Disrespect” Beahm bisa mengambil pelajaran atas kasus yang menimpanya. Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game dan anime hanya di Kabar Games.

Bagikan untuk teman:
Loading...