sukistreet
Wow! Facebook Akan Buka Kantor di Indonesia

Wow! Facebook Akan Buka Kantor di Indonesia

Facebook dikabarkan akan segera membuka kantor resminya untuk Indonesia. Hal ini merupakan salah satu keputusan yang diambil Facebook setelah melakukan pertemuan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Rabu (2/8/2017) lalu.

Pertemuan ini dihadiri langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dan staf Kominfo lainnya. Sementara dari perwakilan Facebook diwakili oleh empat orang, yaitu satu orang dari Indonesia dan tiga orang lainnya berasal dari Facebook Asia Pasifik. Diantaranya adalah Head of Public Policy Southeast Asia Facebook, Alvin Tan, dan Trust & Safety Director Asia Pacific Facebook, Jeff Wu. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pemanggilan yang dialamatkan Kominfo kepada perusahaan Over The Top (OTT) atau aplikasi berbasis layanan internet.

Baca Juga :

fb

Berita pembukaan kantor Facebook di Indonesia ini diumumkan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan. Menurut Samuel, ada beberapa hal penting yang dibicarakan termasuk mengenai Badan Usaha Tetap (BUT) dan pajak mengingat Facebook akan membuka kantor resminya di Indonesia, bukan lagi kantor perwakilan.

Diketahui Facebook telah mengajukan izin pendirian BUT ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang jika proses berjalan lancar maka kantor Facebook di Indonesia dapat diresmikan sebelum 17 Agustus 2017. Facebook juga telah mengantongi izin prinsip dari BKPM sejak Maret 2017. Namun Samuel mengaku belum tahu jenis Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang akan dipakai Facebook di Indonesia.

Facebook

KBLI digunakan untuk menentukan kualifikasi jenis kegiatan usaha dalam Surat Permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan penentuan kualifikasi perizinan investasi. Sebagai info, Facebook sendiri masuk dalam klasifikasi platform digital yang telah diterbitkan Mei lalu. Sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 19 Tahun 2017 tentang KBLI, penyelenggara platform digital merupakan hasil penyesuaian terhadap poin-poin yang terdapat dalam KBLI 47919, di mana e-retail tetap menjadi kewenangan Kementerian Perdagangan.

Loading…

Sedangkan penyelenggaraan platform digital dalam bentuk marketplace berbasis platform, daily deals, price grabber, atau iklan baris online menjadi kewenangan Kemkominfo yang terdapat dalam KBLI 63122. Kode 63122 untuk situs web dan/atau platform digital dengan tujuan komersil atau berorientasi profit.

Dengan pembukaan kantor di Indonesia, pemerintah juga berharap agar SLI (Service Level Index) Facebook meningkat sesuai peraturan di Indonesia. Pada laporan Service Level Index (SLI) 2016-2017, diketahui rata-rata persentase Facebook masih di bawah 50%. Diharapkan dengan adanya kantor Facebook di Indonesia, angka SLI Facebook bisa tembus 100%.

Baca Juga :

Facebook-headquarters

Masih belum ada informasi tertulis dimana tepatnya kantor Facebook akan dibuka di Indonesia. Namun kantor perwakilan Facebook di Indonesia saat ini berlokasi di Mall Pacific Place, kawasan Sudirman Central Business District SCBD, Jakarta. Perusahaan OTT lainnya juga sudah banyak yang berkantor di Jakarta, seperti Google, Twitter dan juga Line. Dengan hadirnya kantor Facebook di Indonesia diharapkan layanan kepada pasar Indonesia lebih baik lagi dan ada banyak lapangan pekerjaan di Facebook yang bisa diisi putra putri terbaik Indonesia.

Saat ini Indonesia merupakan peringkat empat negara dengan pengguna terbanyak di Facebook. Ada 65 juta akun dari Indonesia dan 90% di antaranya menggunakan Facebook secara aktif. Indonesia jadi pasar penting bagi Facebook di kawasan Asia, terutama dari segi penjualan iklan dan pengembangan layanan. Ikuti terus Kabar Games untuk update informasi Anda tentang berita games dan gadget terbaru, review serta tips dan trik.

Bagikan untuk teman:
Loading...