legend-banner
10 Joystick PC & Laptop Terbaik yang Wajib Kamu Punya di 2020

10 Joystick PC & Laptop Terbaik yang Wajib Kamu Punya di 2020

Sebutan video game controller atau gamepad rasanya sudah bukan istilah asing lagi. Semua orang pasti pernah mendengar nama joystick walaupun sekali, entah saat bermain PlayStation di masa kecil, entah hanya melihatnya di internet. Terlebih bagi para gamer sejati yang biasa bermain game pada platform PC atau laptop, pasti kenal akrab dengan joystick saat bermain game offline terbaik. Sebuah perangkat pendukung yang sangat berarti dan krusial bagi mereka.

Bagaimana tidak, joystick bisa menjadi faktor penentu kemenangan game. Controller yang berfungsi lancar dan nyaman dimainkan pasti akan membuat gamer leluasa bermain dan menang, begitu juga sebaliknya. Sudah pernah dengar orang-orang yang kalah main game lalu menyalahkan gamepad mereka, kan? Mereka bahkan sampai membantingnya karena kesal.

Baca Juga :

Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Kamu memperhatikan gamepad yang mereka gunakan. Video game controller dengan kualitas bagus, pastinya akan mudah dioperasikan dan memudahkan untuk bermain game terpopuler. Berikut ini adalah 10 rekomendasi joystick terbaik untuk PC dan laptop yang wajib dijadikan pasangan main game.

Xbox Elite Wireless Controller Series 2

Joystick PC Terbaik - Xbox Elite Wireless Controller Series 2

Di urutan pertama, joystick terbaik yang direkomendasikan untuk PC adalah Xbox Elite Wireless Controller Series 2. Game controller yang satu ini merupakan produk joystick bluetooth yang menawarkan kustomisasi yang gak ada habisnya. Dengan alat ini Kamu bisa mengontrol mulai dari hal-hal seperti d-pads, shift paddle, dan intensitas thumbstick seperti yang diinginkan. Dengan tambahan tas kecil rapi yang berfungsi ganda sebagai tempat pengisian daya untuk baterai, video game controller ini layak menduduki puncak rekomendasi joystick dengan harga sepadan, yaitu sebesar 180 USD.

Razer Wolverine Ultimate

Joystick PC Terbaik - Razer Wolverine Ultimate

Perusahaan gaming asal Amerika, Razer, menjadi pabrikan tempat asal gamepad terbaik untuk PC berikutnya. Razer Wolverine Ultimate dengan swapable stick and d-pads dan kustomisasi back paddle, nyaris menyamai joystick peringkat pertama kita. Satu perbedaannya, stick ini belum memiliki mode nirkabel. Meski begitu, Razer memberi keunikan pada alat kontrol ini. Wolverine Ultimate memiliki fitur unik berupa tombol wajah—yang berlabel A, B, X, dan Y—yang diklik seperti mouse. Selain itu, tidak lengkap rasanya keluaran Razer jika tanpa Chroma. Inilah detail yang membedakannya.

Xbox Elite Wireless Controller

Xbox Elite Wireless Controller

Loading…

Selanjutnya ada joystick yang termasuk pengontrol game mewah terbaik, yakni Xbox Elite Wireless Controller. Joystick Ini merupakan seri pendahulu dari controller di peringkat pertama. Dengan harga tiga kali lipat gamepad normal, golongan joystick Elite ini memiliki penambahan beberapa perangkat lunak apik yang memungkinkan Kamu untuk mengotak-atik nilai min/max pemicu, sensitivitas stick, penugasan tombol, dan penunjukan profil. Hal yang menjadi kekurangan stick yang satu ini ialah agak berat dan kurang enak di pergelangan saat digunakan dalam durasi waktu lama.

Astro C40 TR

Astro C40 TR

Baca Juga :

Astro C40 TR merupakan perangkat game controller yang cocok dipadukan dengan PS4 dan kompatibel dengan PC. Joystick ini memiliki kemampuan unik memindahkan suku cadang. Kamu bisa menukar thumbstick kiri untuk d-pad dan membuat Xbox One-esque controller asimetris jika mau.

Kamu juga bisa meletakkan dua stik jari di sebelah kiri, dengan d-pad di sebelah kanan. Semuanya bisa Kamu lakukan dengan mudah. Untuk platform PC, Astro C40 TR memiliki perangkat lunak Windows sendiri. Kamu bisa memetakan kembali tombol, membuat dan mengedit profil, dan menyesuaikan tongkat dan memicu sensitivitas.

PowerA Spectra

PowerA Spectra

Di posisi kelima kita mempunyai Joystick Wired Spectra Enhanced Wired. Bisa dibilang perangkat ini merupakan yang paling mirip dengan pengontrol Xbox One dalam hal desain dan nuansa. Namun jangan salah, harga pengontrol ini lebih ramah kantong daripada kepunyaan Xbox. Kamu pun tetap bisa merasakan dan memainkan joystick ini seperti Xbox gamepad meskipun dengan harga yang relatif lebih rendah. Kekurangan dari stick ini hanya pada fitur nirkabel atau wireless.

Logitech F310

Logitech F310

Ringan dan sangat terjangkau, itulah kata yang menggambarkan secara ringkas perangkat yang satu ini. Logitech F310 ini memiliki harga setengah dari Kontroler Nirkabel Xbox, dengan perbedaan tidak ada kemampuan nirkabel. Meski begitu, kamu masih bisa mendapatkan gamepad yang dibangun dengan kuat dan ringan dalam perangkat ini.

Sony DualShock 4

Sony DualShock 4

DualShock 4 adalah pengendali terbaik Sony hingga saat ini. Selain nyaman digunakan, joystick tipe ini mempunyai daya tahan yang cukup kuat. Meski begitu, ada beberapa kekurangan pada stik analog taktil ini, seperti tombol bahu yang terbuka membuatnya mudah untuk secara tidak sengaja menabraknya di atas meja. Karet pada batang analog pun cenderung luntur setelah digunakan dalam waktu lama.

8BitDo SN30 Pro

8BitDo SN30 Pro

Perangkat satu ini memiliki julukan si Juara Retro. Produsen periferal 8BitDo telah menorehkan namanya dalam deretan pengontrol berdesain retro melalui SN30 Pro ini. Dengan model pengendali Super Nintendo jadul, siapa saja yang tumbuh dengan platformer 2D dan JRPG akan langsung akrab dengan tata letak tombolnya. Kelebihan lain SN30 Pro adalah memiliki bodi yang kokoh, melebihi ekspektasi jika mengingat standar harganya. Sayang, faktor bentuknya yang kecil membuatnya tidak nyaman di tangan untuk sesi permainan yang panjang.

Steelseries Stratus Duo

Joystick PC Terbaik - Steelseries Stratus Duo

Meskipun memiliki tampilan seperti controller khusus untuk mobile dan VR games, perangkat ini nyatanya cocok digunakan untuk PC. Dengan harga 60 US dolar, gamepad nirkabel ini memiliki baterai yang tahan untuk 20 jam permainan. Satu-satunya hal yang tidak dimiliki perangkat ini adalah rumble.

Nacon Revolution Unlimited

Joystick PC Terbaik - Nacon Revolution Unlimited

Perangkat yang terakhir ini merupakan salah satu yang juga mendekati kualitas Xbox Elite. Selain memiliki kemampuan nirkabel maupun dengan kabel, Nacon Revolution juga memiliki kualitas build yang kokoh dan kustomisasi ultra. Lebih dari itu, Nacon memiliki ciri khas tersendiri, yakni memadukan kedua thumbstick dengan touchpad dalam tata letak yang asimetris.

Itulah 10 rekomendasi joystick terbaik untuk laptop dan PC yang wajib kamu jadikan pasangan main game. Pada akhirnya, kalian sendirilah yang harus menentukan gamepad mana yang akan Kamu digunakan untuk bermain. Selamat memilih. Buat kamu yang nggak mau ketinggalan berita terbaru dan terupdate seputar game, anime, gadget serta Esports lainnya, tetap ikutin Kabar Games yah.

Bagikan untuk teman:
Loading...