legend-banner
6 Role Hero di Mobile Legends (ML) & Cara Mainnya

6 Role Hero di Mobile Legends (ML) & Cara Mainnya

Saat ini para player Mobile Legends (ML) bisa memainkan 6 jenis role hero, di antaranya adalah Tank, Fighter, Assassin, Mage, Marksman dan Support. Dimana setiap update terbaru di Mobile Legends, Moonton selalu memberikan peningkatan atau penurunan (nerf) kekuatan kepada para hero yang dianggap lebih kuat atau kurang bersaing. Hal itu sebenarnya untuk menarik penggemar game ML agar mencoba semua jenis hero dan tidak terpaku pada satu jenis saja.

Dan kali ini Kabar Games akan membahas satu per satu mengenai peran masing masing hero tersebut di game ML. Sebelum kita mengenal specialty hero ML lebih jauh lagi, mari kita cari tahu tipe peran dan tugas mereka terlebih dahulu. Berikut ini adalah jenis role hero di Mobile Legends (ML) yang wajib player ketahui.

Baca Juga :

Role Tank

Role Tank adalah tipe hero di Mobile Legends yang memiliki HP (health point atau kesehatan) dan pertahanan yang tinggi, tetapi memiliki serangan di bawah rata-rata. Tank biasanya berada di garis depan pertempuran, tugasnya untuk menjadi perisai bagi role lainnya seperti fighter/assassin/mage/marksman yang memberikan support di belakangnya.

Dengan daya tahan yang kuat sebagai hero, tank sangat baik untuk menyerang dan memungkinkannya untuk menghabiskan HP lawan. Jenis Tank ini biasanya tidak memberikan damage besar untuk membunuh musuh, tetapi dapat memberikan support untuk serangan (stun, slow dan lain-lain). Seorang pengguna tank tidak boleh memiliki sifat pengecut atau hanya berdiam diri. Itu karena Tank adalah pembuka pertempuran dan inisiator serangan.

Hero Tank memiliki bentuk yang unik dan lucu namun mematikan. Seperti berbentuk Panda, Batu, Taurus, dan bahkan beberapa bentuk mobil. Tank biasanya akan berpasangan dengan Mage di jalur atas atau bawah, dan juga kadang-kadang di 3 jalur (satu jalur diisi dengan 3 hero). Keberadaan tank di sini sebagai pelindung mage atau hero lain yang memiliki kesehatan (HP) rendah.

Tubuh tank memiliki pelindung baja dan magic yang tinggi sehingga tidak mudah mati. Semua jenis hero tank memiliki ultimate khusus. Ada stun, slow, crowd control (pengendali massa), dan segala sesuatu yang ditakuti oleh para hero selain tank. Jadi tidak salah jika jenis role tank adalah hero pembuka pertempuran di game Mobile Legends (ML).

Jika kamu memiliki jiwa sebagai pelindung nyawa orang lain, maka kamu dapat mencoba mempelajari para hero Mobile Legends (ML) dari jenis role Tank ini. Sebab, jarang player menggunakan hero jenis tank ini, mungkin karena jumlah kill yang sedikit, bahkan hampir tidak ada. Pengaruhnya dalam menentukan kemenangan juga sangat kecil dibandingkan dengan hero lain seperti marksman, fighter, atau mage.

Loading…

Saat ini Mobile Legends (ML) memiliki 17 hero dengan tipe role Tank. Di antaranya adalah Khufra, Gatotkaca, Lolita, Johnson, Minotaur, Hylos, Grock, Franco, Tigreal dan Akai. Namun, tidak semua Hero ini murni bertindak sebagai tank ada juga yang memerankan fighter seperti Hilda dan Balmon. Jadi, Kamu harus coba semuanya.

Keuntungan Role Tank:

  • HP (Healthpoint) tinggi
  • Armor dan Magic Resist besar
  • Memiliki efek crowd control (pengendali massa)

Kelemahan Role Tank:

  • Rentan akan damage
  • Kurang diminati pemain

Tips menggunakan Role Tank: Tetap berjaga-jaga dan tunggu saat yang tepat untuk memulai pertempuran. Jangan takut berkorban nyawa demi kemenangan team, karena Tank di game Mobile Legends (ML) diciptakan untuk melindungi teman-temannya.

Baca Juga :

Role Fighter

Role Fighter adalah tipe hero jarak dekat di game Mobile Legends (ML) dan pada umumnya memiliki pertahanan serta serangan yang tinggi. Fighter juga ada yang menggunakan Mana (semacam energi) dan ada yang tidak menggunakan Mana. Fighter yang menggunakan Mana adalah tipe fighter yang mengandalkan energi agar bisa mengeluarkan skill dan ultimate sebagai cara utama untuk meluncurkan serangan.

Beberapa hero fighter yang termasuk mengandalkan Mana untuk melancarkan serangan adalah Alpha, Jawhead, Bane, Zilong, Freya, Roger, dan Sun. Sedangkan hero fighter yang tidak bergantung pada Mana untuk meluncurkan serangan dan lebih mengandalkan serangan basic adalah Alucard, Chou, Hilda, dan Balmond.

Sesuai perannya, fighter adalah salah satu hero inisiator selain tank. Fighter dapat memberikan damage yang tinggi kepada lawan sehingga lebih mudah untuk bertarung satu lawan satu dengan musuh. Namun, fighter membutuhkan waktu lama untuk membuatnya tak terbendung.

Dibutuhkan sekitar 10 menit untuk membuat semua item menjadi fighter, tetapi jika seorang fighter sering mati dalam pertempuran, itu akan membuatnya lemah karena akan ketinggalan level dan item dibandingkan lawan. Role Fighter memiliki beragam keterampilan, yang membuatnya sangat menarik untuk dicoba.

Saat ini Mobile Legends (ML) memiliki 25 hero dengan tipe role fighter. Di antaranya adalah Terizla, Alpha, Sun, Lapu-Lapu, Jawhead, Argus, Freya, Ruby, Roger, Chou, Bane dan Alucard. Fighter juga adalah hero yang paling ditakuti untuk pertandingan akhir, karena fighter dapat menyebabkan damage hebat kepada musuh di akhir pertarungan.

Keuntungan Role Fighter:

  • Mudah untuk mencuri tower
  • Memiliki lifesteal tinggi

Kelemahan Role Fighter:

  • Boros Mana
  • Pertahanan lemah
  • Sulit digunakan, karena harus bermain dalam jarak dekat

Tips menggunakan Role Fighter: Jangan takut untuk menyerang karena fighter memiliki lifesteal, bunuh hero Mobile Legends (ML) terlemah lawan seperti Marksman atau Mage terlebih dahulu, dan kemungkinan besar kemenangan pertempuran akan ada di tanganmu.

Role Mage

Role Mage adalah tipe paling heroik dari para hero Mobile Legends (ML). Selain karakter cantik dan seksi, mage juga dapat menimbulkan damage besar dan menyulitkan lawan. Mage memiliki karakter yang lucu namun berbahaya. Di awal permainan, mage bisa mendominasi seluruh jalur. Mage bahkan dapat membunuh musuh dengan mudah. Itu karena damage yang ditimbulkan mage di awal permainan sangat besar.

Namun, penggunaan Mana sangat banyak di awal permainan, membuat mage menjadi hero dengan Mana yang boros. Hero ini juga rata-rata memiliki berbagai macam serangan. Didukung oleh berbagai efek, mage menjadi hero paling berguna selama pertempuran. Beberapa dari mereka memiliki efek listrik, efek es, efek transformasi, efek api, efek stun, dll.

Saat ini Mobile Legends (ML) memiliki 21 hero dengan tipe role Mage. Di antaranya adalah Kadita, Kagura, Alice, Pharsa, Zhask, Harley, Vexana, Aurora, Cyclops, Nana, Eudora dan Gord. Beberapa dari mereka memiliki efek crowd control khusus seperti Aurora untuk Freeze, Kagura untuk Umbrella, Harley untuk Deadly Ring, Nana untuk Transformasi menjadi kucing, Eudora untuk Listrik, Gord dan Alice untuk Stun, Zhask untuk Summon Alien, dan Vexana sebagai Necromancer.

Keuntungan Role Mage:

  • Damage tinggi di awal game
  • Memiliki efek khusus
  • Mudah digunakan

Kelemahan Role Mage:

  • HP Terendah
  • Target utama musuh
  • Boros Mana

Tips menggunakan Role Mage: Tetap di belakang Tank, jaga jarak dengan musuh, dan aktifkan ultimate pada waktu yang tepat, jangan pernah berada di garis depan, sehingga dengan begitu kemenangan akan jadi milikmu di game Mobile Legends (ML).

Role Assassin

Role Assassin adalah tipe petarung yang memiliki serangan dan kecepatan tinggi di Mobile Legends (ML). Role ini biasanya berkeliaran ke mana-mana, jadi jangan heran jika tipe Assassin suka muncul tiba-tiba dan kemudian membantu/membunuh lawan. Tipe carry adalah tipe yang paling diincar oleh Assassin dan tentunya sangat membantu team dalam mengurangi tekanan dari musuh.

Assassin adalah hero penculik, penyerang diam-diam, dan pembunuh berdarah dingin. Assassin biasanya menculik hero lemah seperti Marksman dan Mage. Dengan kecepatan skill yang dimiliki, akan sangat mudah baginya untuk membunuh mereka dalam sekejap dan membalik pertempuran.

Namun, Assassin sangat bergantung pada monster hutan. Jadi, jangan pernah mengganggu Assassin ketika dia sedang farming, karena jika Assassin kalah level dengan hero lain seperti Marksman atau Mage, maka dia akan sangat mudah dibunuh. Biarkan dia farming untuk menaikkan levelnya, karena itu akan membantu team menang. Jika Assassin memiliki level yang lebih tinggi dari musuh, maka ia bisa menimbulkan damage tinggi dan akan sangat mudah untuk membunuh hero musuh.

Saat ini Mobile Legends (ML) memiliki 14 hero dengan tipe role Assassin. Di antaranya adalah Saber, Natalia, Lancelot, Helcurt, Fanny, Hayabusa dan Karina. Beberapa dari Assasin bahkan bisa berlaku seperti fighter misalnya Lapu-Lapu, Alucard dan Zilong, ataupun berperan sebagai marksman seperti Lesley.

Keuntungan Role Assasin:

  • Serangan cepat dan tepat
  • Damage tinggi
  • Mempunyai disable skill seperti Saber dan Natalia

Kelemahan Role Assasin:

  • HP Terendah
  • Boros Mana
  • Sulit digunakan

Tips menggunakan Role Assassin: Jangan pernah memulai pertempuran karena itu tugas Tank di Mobile Legends (ML), masuk ke semak-semak atau di belakang Tank, tunggu saat yang tepat atau HP musuh menjadi setengah, lalu eksekusi.

Role Marksman

Role Marksman adalah tipe hero yang memiliki serangan jarak jauh dan damage tinggi, jenis ini di Mobile Legends (ML) kadang-kadang disebut carry. Marksman adalah penentu kemenangan team, karena damage yang diakibatkannya, biasanya, tidak bisa ditandingi oleh hero mana pun.

Karena jarak serangannya yang jauh, ia dapat berlindung di belakang Tank atau Fighter untuk terus-menerus menembak musuhnya. Semakin lama, serangan Marksman semakin cepat dan menimbulkan damage besar dan kritis. Tidak heran, Mage musuh biasanya akan mati hanya dalam tiga tembakan.

Namun di awal pertandingan, Marksman adalah hero terlemah. Daya tahannya yang rendah membuatnya menjadi target Mage atau Assassin lawan. Oleh karena itu pada awal permainan marksman jangan fokus pada membunuh, tapi fokus pada leveling dan farming. Setelah dua atau tiga gear/item terbentuk, barulah kamu dapat berpartisipasi dalam pertempuran. Dan jangan pernah mencoba melawan hero lain sendirian di awal game, karena HP marksman sangat tipis dan mudah dibunuh.

Saat ini Mobile Legends (ML) memiliki 14 hero dengan tipe role Marksman. Di antaranya adalah Layla, Clint, Irithel, Moskov, Bruno, Miya, Lesley, Yi Sun-Shin dan Karrie. Beberapa marksman bahkan bisa bertukar role menjadi fighter, contohnya Roger, ataupun menjadi Mage seperti Kimmy.

Keuntungan Role Marksman:

  • Serangan basic yang cepat di akhir pertandingan
  • Damage tertinggi dan penetrasi armor
  • Serangan jarak jauh

Kelemahan Role Marksman:

  • Daya tahan terendah
  • Tidak memiliki magic resist dan armor
  • Mudah dibunuh

Tips menggunakan Role Marksman: Jaga jarak aman dengan musuh, tetap berada di belakang Tank dan jangan pernah mencoba untuk bergerak maju sendirian karena Mobile Legends (ML) itu permainan team, bukan individu. Jangan menargetkan tank terlebih dahulu untuk di bunuh, lock hero musuh dengan HP terendah seperti Mage atau Marksman, dan kamu akan menang.

Role Support

Role Support dalam Mobile Legends (ML) lebih sering diartikan sebagai penyembuh, seperti contoh gameplay hero Estes dari video di atas. Tapi, ada juga hero support yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan crowd control dari hero musuh seperti stun, slow, disable, atau freeze.

Support sangat berguna dalam pertempuran, karena menjaga HP teman-teman team kamu tetap penuh, atau menghilangkan efek negatif dari rekan seteam saat pertempuran sedang berlangsung. Para pengguna hero support harus tahu kapan dia memberikan bantuan atau membantu menghilangkan efek negatif yang diterima oleh team, karena itu sangat mempengaruhi kemenangan.

Namun, hero support yang tersedia sekarang ini sangat sedikit dan mudah diantisipasi. Pengguna hero support harus siap menjadi pengalih perhatian jika rekan seteamnya mengalami krisis, dan jika pertempuran sedang berlangsung, hero support seharusnya ada di belakang agar tidak menjadi target mage atau assassin untuk di bunuh terlebih dahulu.

Salah satu tipe support yang paling ditakuti di game Mobile Legends adalah hero Diggie. Karena hero ini dapat menghilangkan semua efek negatif dan menghasilkan stun atau slow untuk musuh, bahkan damage musuh tidak akan berarti apa apa jika Diggie telah mengeluarkan ultimatenya di saat yang tepat.

Saat ini, Mobile Legends (ML) memiliki 9 hero dengan tipe role support. Di antaranya adalah Kaja, Minotaur, Nana, Estes, Diggie, Rafaela dan Angela. Beberapa support bahkan bisa bertukar role menjadi tank, contohnya Lolita, ataupun menjadi Mage seperti Faramis Mobile Legends.

Keuntungan Role Support:

  • Mudah digunakan
  • Dapat menyembuhkan rekan seteam

Kelemahan Role Support:

  • Menimbulkan Damage terendah
  • Menjadi target utama musuh

Tips menggunakan Role Support: Tetap dalam posisi teraman, jangan pelit untuk menyembuhkan team, lindungi Carry/Marksman, dan harus berani menjadi pengalih perhatian di game Mobile Legends (ML).

Nah itulah penjelasan jenis dan role masing masing hero di Mobile Legends (ML) yang wajib Kamu tahu. Mungkin Kamu punya pendapat lain mengenai tipe dan peran yang Kabar Games lewatkan? Jangan lupa baca juga tips Mobile Legends untuk pemula yah! Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game dan anime hanya di Kabar Games.

Bagikan untuk teman:
Loading...