Juara TI 10 Dota 2, Team Spirit Kantongi Rp 253 M
Dota 2

Juara TI 10 Dota 2, Team Spirit Kantongi Rp 253 M

474 Views

Team spirit akhirnya berhasil keluar sebagai juara kompetisi The International (TI) 10 Dota 2 dan berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 253 miliar. Team kebanggaan Rusia tersebut berhasil menjadi juara setelah sukses mengalahkan team kebanggaan China, PSG.LGD dalam pertandingan final pada Minggu (17/10/21).

Di awal permainan, team Spirit sempat menguasai permainan dengan mencatat skor 2-0. Hingga pada game ketiga, PSG.LGD berusaha bangkit dengan melakukan perlawanan sengit, skor pun kemudian berubah menjadi imbang 2-2.

 Team Spirit Juara The International 10

Tak ingin PSG.LGD terus memberikan tekanan, team Spirit akhirnya berhasil membalikan keadaan dengan menekuk PSG.LGD di menit ke-36 dengan skor 3-2 hingga mengantarkan team Spirit sebagai juara T10 Dota 2. Sebagai runner up PSG.LGD harus rela pulang kampung dengan bawa hadiah sebesar 5,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 73 miliar.

Kesuksesan yang diraih Team Spirit tidaklah mudah. Sebelum masuk ke laga final, Spirit terlebih dulu harus menaklukan team-team besar, seperti Fnatic, OG, Virtus Pro, Invictus Gaming, PSG LGD dan Team Secret. Prestasi ini sekaligus menjadi sejarah bagi team Spirit yang diketahui baru pertama kali ini mengikuti ajang The International (TI) 10 Dota 2.

Team esport yang digawangi oleh Toronto Tokyo Miposhka, Yatoro, Mira, Silent dan Collapse ini juga menjadi tema esport Eropa Timur pertama yang menjadi juara The International Dota 2. Padahal sebelumnya Team Spirit hanya sempat tampil di babak kualifikasi saja dan belum pernah mencicipi babak playoff atau main event.

 Team Spirit Juara The International 10

Serupa dengan tahun-tahun sebelumnya, The International (TI) 10 tahun ini juga diselenggarakan secara offline tepatnya di kota Bucharest, Romania. Mengingat pandemi yang masih berlangsung, walhasil turnamen 2020 digelar tanpa support dari para penonton setia.

Selain itu, dalam pernyataan resminya Valve selaku penyelenggara Dota 2 2020 mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil karena pihaknya mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah Rumania. Meski tanpa dihadiri penonton namun pertandingan berjalan sangat meriah. Diketahui penonton hanya diperbolehkan menonton secara streaming melalui Youtube dan Twitch.

“Untuk memastikan keselamatan semua pemain, talent, dan staf produksi yang berpartisipasi dalam acara tersebut, kami memutuskan untuk mengembalikan semua penjualan tiket The International 2021,” tutur Valve.

Kemenangan Team Spirit dalam kompetisi TI 10 langsung menjadi trending topik di sosial media. Team Spirit pun membalas ucapan selamat dari para fans dengan ucapan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan.

“Kami juara The International 10. Ini merupakan petualangan luar biasa. Kami mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan semua fans. Kami tidak akan berada di sana tanpa dukungan kalian. Sampai jumpa di season selanjutnya,” tulis Team Spirit di Twitter.

Selain fans, ucapan selamat juga disampaikan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Putin memuji solidaritas antar pemain dan skill para pemain hingga dapat menundukan lawan-lawannya. Pesan tersebut disampikan Putin melalui surat resmi posting di kremlin.ru.

“Selamat atas kemenangan yang layak untuk kalian di The International 2021 – kejuaraan dunia DOTA 2. Untuk kali pertama dalam sejarah, tim asal Rusia Spirit memenangkan kompetisi bergengsi ini. Mantap!”

“Dalam perjalanan menuju laga final, kalian mendemonstrasikan kualitas kepemimpinan yang luar biasa dan solidaritas, dan dalam duel penentuan, yang menjadi ujian sejati kemampuan dan karakter, kalian mampu berkonsentrasi dan menangkap inisiatif lawan di momen yang paling genting. Mereka telah membuktikan dalam pelatihan kalau atlet-atlet kita selalu punya tujuan dan mampu menundukan segala rintangan” tutup Presiden Rusia ini.

Sebagai informasi, berikut daftar team yang berhasil mendapatkan hadiah TI 2020 dengan prize pool mencapai 40 juta dollar AS.

  • Juara 1 – Team Spirit mendapat Rp 253 miliar.
  • Posisi 2 – PSG.LGD mendapat Rp 73,2 miliar.
  • Posisi 3 – Team Secret mendapat Rp 50,7 miliar.
  • Posisi 4 – Invictus Gaming mendapat Rp 33 miliar.
  • Posisi 5 – Virtus.Pro mendapat Rp 19 miliar.
  • Posisi 6 – Vici Gaming mendapat Rp 19 miliar.
  • Posisi 7 – OG mendapat Rp 14 miliar.
  • Posisi 8 – T1 mendapat Rp 14 miliar.
  • Posisi 9 – Fnatic mendapat Rp 11,2 miliar.
  • Posisi 10 – Quincy Crew mendapat Rp 11,2 miliar.
  • Posisi 11 – Alliance mendapat Rp 11,2 miliar.
  • Posisi 12 – Evil Geniuses mendapat Rp 11,2 miliar.
  • Posisi 13 – Team Undying mendapat Rp 8,4 miliar.
  • Posisi 14 – Team Aster mendapat Rp 8,4 miliar.
  • Posisi 15 – Beastcoast mendapat Rp 8,4 miliar.
  • Posisi 16 – Elephant mendapat Rp 8,4 miliar.
  • Posisi 17 – Thunder mendapat Predator Rp 1,4 miliar.
  • Posisi 18 – SG Esports mendapat Rp 1,4 miliar.

Selamat ya kepada team esport yang berhasil membawa hadiah dari turnamen game terbesar, Dota 2 International 2020. Nantikan terus informasi terbaru seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Copyright © 2021 PT. Gudang Pelangi Indonesia