legend-banner
21 Istilah dalam Game Free Fire (FF) dan Artinya, Penting!

21 Istilah dalam Game Free Fire (FF) dan Artinya, Penting!

Saat memutuskan untuk terjun ke dalam dunia game khususnya Free Fire (FF), Kamu akan menemukan banyak istilah aneh dan unik yang belum tentu Kamu tahu artinya. Bagi Survivor sejati, beberapa istilah baru yang jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari ini mungkin terdengar mengasyikan. Namun, bagi pemain yang baru memulai alias newbie FF, kode seperti itu justru membuat frustasi.

Penggunaan istilah atau kode khusus di kalangan gamers ini biasanya dimaksudkan untuk memudahkan komunikasi antar sesama gamers Free Fire. Dengan begitu, Kamu akan lebih memahami dan mengerti apa yang sebenarnya diinginkan temanmu. Nah, biar kamu tidak disebut survivor kacangan atau noob saat memainkan game shooter FF, ada baiknya Kamu memahami istilah yang paling sering digunakan dalam Free Fire berikut ini.

Baca Juga :

Looting

Looting atau yang lebih dikenal dengan istilah nge-loot merupakan kegiatan yang biasa dilakukan pemain untuk mengumpulkan beragam item seperti senjata tersakit FF, peluru, hingga kelengkapan medis. Kegiatan mengumpulkan item looting Free Fire ini dimaksudkan supaya pemain bisa mempersenjatai diri dan bisa bertahan dari serbuan musuh.

Nge-loot biasanya dilakukan sebelum memulai pertempuran, tepatnya saat player baru pertama kali terjun dari pesawat. Kalau Kamu bingung mencari lokasi looting terbaik di Free Fire, ada baiknya Kamu mencari lokasi nge-loot yang tidak terlalu ramai. Selain biar Kamu gak gampang mati, lokasi yang sepi memungkin Kamu memiliki waktu yang cukup untuk mencari Item Prioritas.

Shooting

Istilah Shooting atau menembak ini biasanya digunakan jika pemain merasa sudah memperoleh item yang cukup dari hasil looting. Sayangnya, entah karena terlalu bernafsu atau miskin strategi tak sedikit player yang mengabaikan posisi mereka saat mulai menembak. Padahal, kesempatan Kamu untuk membunuh musuh akan lebih besar jika Kamu mencari posisi yang aman (di balik pohon atau batu) dan tidak terburu-buru dalam menembak.

Jumpshoot

Jumpshoot merupakan trik dimana pemain melakukan tembakan sambil melompat. Kedengarannya mudah ya? Nyatanya tidak begitu, Jumpshoot termasuk salah satu trik yang susah dilakukan khusunya pengguna Smartphone. Bayangkan saja, saat berlari Kamu harus menekan tombol loncat dan pada saat bersamaan Kamu harus mengarahkan tembakan ke arah musuh. Kalau Kamu ingin menjadi expert, Kamu memerlukan latihan yang banyak sehingga trik ini bisa Kamu kuasai dengan baik.

Knock Down

Dalam game Free Fire (FF), Istilah Knock Down biasanya terdengar saat ada rekan satu team yang berhasil melumpuhkan atau melukai musuh hingga terjatuh sebelum akhirnya mati. Perlu diketahui, tidak semua Knock Down yang terjadi diakibatkan karena pertempuran. Bisa jadi karena kecerobohan sendiri seperti menabrak kendaraan atau terjatuh dari ketinggian.

Loading…

Revive

Revive adalah bantuan yang diberikan seorang pemain kepada rekan satu team yang terkena knock down, entah karena dirobohkan musuh atau karena hal lain. Revive memungkinkan pemain untuk pulih kembali setelah knock down. Pemain yang sudah pulih akan dibekali dengan peralatan medis lain.

Healing

Istilah Healing atau nge-heal merupakan kemampuan yang dimiliki dalam salah satu karakter game FF untuk melakukan pemulihan diri. Caranya bisa dengan menambah darah, menemukan jamur atau menggunakan pistol heal. Umumnya, saat melakukan heal pemain akan mencari tempat yang dirasa aman dari musuh. Tidak semua karakter dalam Free Fire mempunyai kemampuan healing yang baik, hanya karakter – karakter tertentu yang memiliki nya. Diantaranya DJ Alok, Kapella, Olivia, Notora, A124 dan Jota Free Fire.

Baca Juga :

Sandwich

Istilah sandwich dalam game Free Fire memiliki makna yang sama dengan roti sandwich yang selama ini kita kenal. Dimana daging, sayuran, keju dan berbagai teman makan roti lainnya dijepit menggunakan roti lapis. Begitulah kira – kira kondisi pemain yang ada dalam posisi sandwich.

Ia dikepung oleh musuh dari berbagai penjuru di tengah pertempuran yang sengit. Sungguh posisi yang sangat sulit, fokus menyerang satu musuh saja kadang susah apalagi melawan musuh yang datangnya dari segala arah. Saat pemain ada dalam posisi ini hanya ada dua hal yang bisa dilakukan, yakni melarikan diri atau melawan, kemudian mati.

Pushing

Sebuah strategi pertempuran dimana player harus pergi melawan musuh secara dekat dan mengambil posisi mereka. Makna lain adalah, player terus menekan musuh dengan dan tanpa menghentikan tembakan. selain itu juga ngepush seringkali digunakan dalam istilah menaikan posisi rank game.

Pushing atau nge-push berarti menyerang musuh yang berada di dekat Kamu secara terus menerus tanpa menghentikan tembakan. Push juga diartikan memberikan tekanan kepada musuh dan tidak memberikan mereka kesempatan untuk menyerang balik. contohnya:

  • Ayo Push
  • Push aja, push
  • Kita di push, hati-hati

High ground

High ground berarti mencari tempat atau daratan yang lebih tinggi dibanding area sekitarnya. Strategi ini dimaksudkan supaya Kamu bisa melihat musuh yang berada di daratan yang lebih rendah. Dengan begitu Kamu bisa mengintai musuh dengan leluasa sebelum menembaknya.

Lower Ground

Kebalikan dari high ground, Lower ground mengacu pada sebuah tempat atau daratan yang lebih rendah dibanding area sekitarnya. Seperti lembah atau kawah. Pemain biasanya memanfaatkan area ini untuk menghindari intaian dan sergapan musuh yang datangnya suka mendadak.

Rush

Istilah Rush digunakan saat Kamu bermain dalam satu team squad di Free Fire (FF). Dengan kata lain, rush berarti seruan atau ajakan dari teman satu team untuk menyerang musuh secara bersama-sama.

Flank 

Flank atau nge-flank adalah strategi yang dilakukan untuk menyergap musuh dari beberapa arah yang berlainan. Biasanya strategi ini dipakai saat musuh sudah tidak berdaya. Walhasil, team akan lebih mudah menang dalam pertempuran.

Cheat

Cheat atau program ilegal dalam dunia game dapat diartikan sebagai perbuatan curang yang digunakan seseorang untuk memudahkan permainan. Orang yang menggunakan program ilegal ini disebut “Cheaters“. Ada banyak macam cheat FF terbaru yang digunakan pemain culas, contohnya Wallhack dan Aimhack yang kedapatan dipakai untuk game Valorant.

Headshot

Headshot bisa diartikan tembakan mematikan yang mengenai kepala. Headshot menjadi hal yang paling ditakuti banyak pemain karena damage yang dihasilkan dari tembakan ini berakibat fatal, yakni kematian. Meski begitu, mendapatkan headshot bukanlah perkara mudah, pasalnya Kamu harus menembak tepat di kepala dengan senjata terbaik Free Fire yang Kamu miliki tanpa meleset sedikit pun. cukup sulit bukan?

End

Istilah End yang satu ini dalam game Free Fire (FF) berarti rekan satu team ingin segera mengakhiri permainan. Kode end tak hanya digunakan untuk game saja, dalam banyak hal istilah ini juga sering digunakan.

Camping

Artinya camping dalam game Free Fire berbanding terbalik dengan arti camping yang sesungguhnhya, tak ada perkemahan, tak ada pepohonan hijau dengan suara burung, tak ada udara sejuk yang bisa dinikmati dengan penuh kedamaian. Para survivor menggunakan kdoe camping atau nge-camp untuk bersembunyi sekaligus menjaga suatu lokasi dalam waktu yang lama sembari menunggu lawan yang akan melewati tempat tersebut, sebelum akhirnya menyerangnya.

BOT

Bot atau Build Operate and Transfer merupakan sistem yang memiliki tingkat kecerdasan buatan yang bekerja secara otomatis. Bot Free Fire bukanlah real player melainkan seperti robot atau pemain pembantu yang dibuat seolah-olah dijalankan oleh seseorang. Bot bisa ditemui dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bergerak otomatis seperti robot alias pemain pembantu melengkapi saja.
  • Bergerak dengan pola, tapi kebanyakan diem
  • Diam sejenak lalu jalan lagi
  • Di dalam game ketika pemain berkurang tidak ada notifikasi
  • Tiba-tiba datang dan menembak, tapi hanya 1-3 peluru saja yang kena
  • Kalau terhalang malah mendekati kita
  • Tidak jongkok atau tiarap maupun mencari barang

Blue Zone

Blue zone adalah zona berwarna biru yang merupakan salah satu tempat looting terbaik. Zona ini bisa Kamu lihat pada peta saat Kamu akan terjun. Blue Zone hanya akan muncul pada early game saja, pada late game jangan harap Kamu bisa menemukannya.

Red Zone

Berbeda dengan Blue Zone yang damai, red zone atau zona merah merupakan zona paling merugikan. Betapa tidak, di zona berwarna merah inilah bom – bom dijatuhkan dari udara. Lalu apa efek nya jika terkena bom tersebut? Ya jelas mati, menurut ngana?

Green Zone

Green Zone merupakan zona dimana helm atau vest yang Kamu miliki akan berkurang jumlahnya secara perlahan. Zona ini hanya terdapat dalam mode clasic saja di game Free Fire (FF).

Play Zone

Play zone sendiri merupakan tempat bertempur yang dibatasi oleh durasi atau waktu tertentu yang telah diatur secara otomatis sebelum berpindah ke zona pertempuran yang lain.

Nah itulah beberapa istilah dan artinya yang ada pada game Free Fire (FF). Entahlah, apakah kode Рkode ini digunakan secara global atau hanya dipahami oleh gamer lokal saja. Istilah mana yang sering Kamu pakai ketika mabar bareng temen nih?? Nantikan terus berita terbaru dan terupate seputar game, anime dan gadget hanya di Kabar Games.

Bagikan untuk teman:
Loading...