legend-banner
3 Alasan Jangan Pernah Charge HP di Laptop

3 Alasan Jangan Pernah Charge HP di Laptop

Tanpa kita sadari, saat memakai smartphone ada beberapa kebiasaan yang akan merugikan diri sendiri jika sering dilakukan. Terutama buat Anda yang sering lupa untuk men-charge smartphone pasti akan membawa power bank untuk jaga-jaga disaat baterai smartphone Anda habis saat berada di luar rumah. Selain power bank, laptop pun sering jadi media untuk charge smartphone.

Menjadikan laptop sebagai media untuk charge smartphone boleh saja dilakukan saat keadaan darurat. Tapi jangan terlalu sering dan jadi kebiasaan karena ternyata ada bahaya tersembunyi dibalik charge smartphone menggunakan laptop. Berikut ini ada tiga bahaya charge smartphone lewat laptop yang harus Anda ketahui.

Baca Juga :

Smartphone Cepat Rusak

Charge Smartphone Lewat Laptop

Meski aliran listrik yang dihasilkan laptop bisa digunakan untuk charge smartphone, tapi arus listrik yang dikeluarkan oleh port USB laptop tidak sebanding dengan arus yang dihasilkan saat Anda mengisi baterai smartphone dengan charger smartphone itu sendiri. Hasilnya, charge smartphone lewat laptop pun akan lebih lama dibandingkan charge langsung ke colokan listrik menggunakan charger.

Pengisian daya smartphone yang tidak stabil dan terlalu lama akan membuat smartphone menjadi panas dan besar kemungkinan terjadi kerusakan pada hardware. Jika hardware sudah mengalami kerusakan, tentu saja smartphone bisa cepat rusak.

Merusak Baterai Laptop

Baterai-Laptop

Tak hanya baterai smartphone Anda yang mengalami kerusakan, tapi baterai laptop juga beresiko mengalami hal yang sama. Laptop akan cepat rusak jika sering digunakan untuk men-charge smartphone terus-menerus. Hal ini terjadi karena saat Anda sering menggunakan laptop sebagai wadah untuk men-charge smartphone Anda, baterai laptop juga akan cepat habis. Jika dilakukan terus-menerus bisa dipastikan jika umur baterai laptop Anda juga akan semakin berkurang dari yang seharusnya.

Loading…

Pencurian Data Pribadi

Pencurian Data Pribadi

Kenyataan yang jarang diketahui oleh sebagian orang adalah port USB yang ada pada laptop diciptakan untuk menghubungkan atau mengsinkronkan data smartphone dengan laptop. Sehingga jika Anda sering men-charge lewat laptop, maka resiko pencurian data pribadi semakin tinggi.

Baca Juga :

Saat smartphone di-charge ke laptop menggunakan kabel USB, akan terjadi proses Handsake atau prose pairing antara smartphone dan juga laptop. Nah, Handsake inilah yang akan memungkinkan data, jenis perangkat, nomor seri, informasi sistem operasi, sistem file, hingga elektronik chip ID smartphone terbaca oleh laptop.

Hal inilah yang akan menjadi celah dan kesempatan para hacker untuk mencuri data pribadi Anda. Ditambah lagi, jika laptop menggunakan sistem operasi yang bajakan dan terinfeksi virus, resiko pencurian data semakin tinggi. Untuk menghindari aksi hacker tersebut, Anda bisa melindungi smartphone dengan menggunakan metode kunci sidik jari dan menggunakan aplikasi antivirus. Dan hindari menggunakan smartphone saat di-charge dengan laptop.

Itulah tadi penjelasan mengenai berbagai bahaya jika Anda terlalu sering menggunakan laptop sebagai media charge smartphone. Jadi, jangan terlalu sering melakukannya ya kalau Anda tidak mau smartphone kesayangan terkena ketiga bahaya diatas! Jangan lupa juga ikuti terus Kabar Games untuk dapatkan banyak tips dan trik menarik seputar smartphone Android dan iOS. Disini Anda juga bisa dapatkan berita games terbaru dari dalam dan luar negeri. Tak ketinggalan juga ada review terbaru smartphone dan gaming gear yang bisa jadi rekomendasi sebelum membeli gadget impian.

Bagikan untuk teman:
Loading...