6 Perbedaan Mouse Gaming dan Mouse Biasa

6 Perbedaan Mouse Gaming dan Mouse Biasa

Buat Anda yang suka bermain game PC, tentu wajib memiliki mouse. Gaming gear yang satu ini jika diprogram dengan baik maka akan bisa membantu Anda lebih efektif dan agresif saat bermain game. Namun masih banyak juga yang menggunakan mouse murahan biasa untuk bermain game dan terutama gamer baru yang mulai melirik serunya PC game dikarenakan tidak mengetahui perbedaan nya dengan mouse gaming.

Bagi Anda yang masih bingung perbedaan mouse gaming dan mouse biasa, langsung saja kita simak informasi di abwah ini mengenai 6 perbedaan mouse gaming dan mouse biasa.

Baca Juga :

Tingkat Resolusi Dot Per Inch

Mouse Gaming

Hal pertama yang membedakan mouse gaming dengan mouse biasa adalah tingkat Dot Per Inch (DPI). DPI merupakan perhitungan pergerakan pada kursor sehubungan dengan jarak yang dihasilkan dari pergerakan mouse. Semakin tinggi tingkat resolusi DPI, maka akan terasa lebih cepat dan akurat saat menggerakkan kursor.

Mouse dengan tingkat resolusi DPI tinggi akan memberikan kemudahan bermain game yang membutuhkan banyak aksi klik seperti game FPS. Mouse gaming biasanya memiliki resolusi di atas 2000 DPI. Sedangkan untuk mouse biasa memiliki tingkat resolusi 800 – 1200 DPI.

Desain dan Teknologi

Mouse Gaming

Mouse gaming dirancang dengan desain yang mencolok dan memberi perhatian agar dapat menarik minat beli para gamer, karena hanya dengan melihatnya saja sudah membuat ingin segera memilikinya. Selain dilengkapi dengan teknologi wireless maupun bluetooth, mouse gaming juga dirancang agar dapat mengikuti lekuk tangan dan membuat mouse ini nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Loading…

Selain itu, mouse gaming juga hadir dengan tombol macro yang bisa diprogram sesuai kebutuhan saat bermain game. Sedangkan mouse biasa, meskipun sebagian sudah hadir dengan teknologi wireless, namun masih banyak juga yang memakai sambungan kabel USB dengan desain yang standar.

Fitur dan Efek Tambahan

Mouse Gaming

Baca Juga :

Umumnya mouse gaming terbaik dibekali dengan berbagai fitur tambahan untuk mendukung kegiatan bermain game misalnya sensitifitas yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja mouse saat sedang digunakan, selanjutnya memory on board untuk menyimpan beragam gerakan atau jurus dalam setiap permainan, hanya dengan sekali klik data-data game yang tersimpan akan bisa digunakan kembali.

Terakhir sensor LED, fungsinya untuk membantu memperbaiki kualitas kecepatan gerakan mouse. Sedangkan mouse biasa, tidak dilengkapi dengan fitur yang keren dan tombol tambahan pada mouse.

Kemampuan Mouse

Mouse Gaming

Gaming mouse dirancang benar-benar untuk memenuhi kebutuhan gamer saat bermain game. Maka dari segi kemampuan mouse pun berbeda jika dibandingkan mouse biasa. Jika mouse biasa hanya digunakan untuk mendukung aktifitas saat menggunakan PC / laptop dan tak ada hal spesial yang bisa dilakukannya kecuali untuk klik kiri atau kanan dan tombol scroll ke bawah. Lain hal nya dengan mouse gaming yang hadir dengan fitur macro dan keystroke yang sangat penting dalam memudahkan pengguna bermain game.

Tombol Khusus

Mouse Gaming

Mouse gaming hadir dengan tombol tambahan untuk memberikan kemudahan dalam bermain game. Ada tombol yang yang fungsinya untuk mengatur DPI, melakukan perintah back – next, tombol triple click dan aneka fungsi lainnya.

Mouse gaming juga dilengkapi dengan fitur sensor optic yang membuatnya lebih menarik karena dapat mendeteksi gerakan tangan. Dengan adanya fitur tersebut, Anda tidak perlu menggunakan keyboard lagi. Sedangkan pada mouse biasa hanya dilengkapi dengan 3 tombol, yaitu 1 tombol scroll dan 2 tombol klik kiri dan kanan yang membuat Anda harus mengandalkan keyboard jika mouse tersebut dipakai bermain game.

Harga Lebih Mahal

Mouse Gaming

Terakhir yaitu mouse gaming memang dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding mouse biasa karena hadir dengan desain lebih modern dan juga tombol kontrol yang bisa diprogram sesuai kebutuhan gamer.

Biasanya mouse gaming keluaran produsen ternama bisa dijual diatas 1 juta per unitnya, sedangkan mouse biasa memiliki desain sesimpel mungkin untuk memudahkan dalam pengoperasian dan dijual dengan harga yang terjangkau yaitu berkisar 30 ribu – ratusan ribu rupiah tergantung merek.

Ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak info mengenai berbagai gaming gear keren lainnya. Ada juga berita games dan gadget terbaru di setiap harinya, berbagai review dan tutorial menarik hingga info mengenai turnamen game menarik di dalam dan luar negeri.

Bagikan untuk teman:
Loading...