inagloss
5 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak yang Wajib Kamu Tahu

5 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak yang Wajib Kamu Tahu

Setiap baterai smartphone memiliki umur jangka waktu pemakaian yang bisa mengalami penyusutan baik dari segi kualitas maupun kemampuannya. Hal ini juga berlaku untuk produk smartphone keluaran Apple, yaitu iPhone. Meski dikenal memiliki performa yang tinggi dan spesifikasi yang canggih namun bukan berarti baterai iPhone tidak bisa rusak, maka dari itu kita harus mengenali ciri ciri nya.

Bagi Kamu yang mengandalkan smartphone iOs untuk menemani kegiatan sehari-hari, yuk kenali dulu 5 ciri-ciri baterai iPhone rusak berikut ini agar Kamu bisa mengganti maupun melakukan perbaikan dengan segera.

Baca Juga :

Baterai Menggembung

baterai iphone

Hal pertama yang menunjukkan baterai iPhone mulai rusak adalah kondisi baterai yang terlihat menggembung di bagian tengahnya. Ada beberapa generasi iPhone yang sering mengalami baterai menggembung yang menandakan baterai harus segera diganti. Jika tidak segera di ganti, bukan hanya baterai yang akan meledak, iPhone Kamu juga bisa terbakar.

Jika dibiarkan terlalu lama, masalah lain yang akan muncul adalah kerusakan di bagian LCD yang membutuhkan biaya yang besar jika ingin menggantinya. Oleh karena itu, jika Kamu melihat baterai iPhone sudah mulai menggembung, segera ganti dengan baterai yang baru ya!

Baterai Lebih Boros

baterai iphone

Ciri-ciri berikutnya yang menunjukkan baterai iPhone mulai rusak adalah penggunaan baterai yang terasa lebih cepat habis padahal hanya menjalankan beberapa aplikasi saja. Misalnya Kamu menggunakannya dari pagi dan seharusnya mengisi daya pada lagi sore hari, tetapi belum setengah hari pemakaian Kamu sudah harus men-charge kembali iPhone Kamu.

Loading…

iPhone Sering Mati Sendiri

iphone mati

Ciri-ciri berikutnya adalah iPhone sering mati sendiri saat sedang digunakan padahal baterai masih banyak. Hal ini bisa dikarenakan adanya kerusakan pada sistem indikator baterai atau karena sel baterai yang sudah tidak stabil. Jika tidak segera mengganti baterai iPhone maka akan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

Baca Juga :

Solusi lain bisa dengan melakukan kalibrasi. Tetapi harus diingat jika kalibrasi baterai iPhone hanya untuk meningkatkan akurasi pembacaan baterai, bukan untuk memperbaiki baterai yang rusak. Jadi jika baterai iPhone Kamu memang terdeteksi sudah rusak, segera diganti ya!

Tegangan Listrik Baterai Tidak Stabil

baterai iphone

Sumber arus listrik yang diterima baterai iPhone harus normal yaitu berkisar antara 4 – 5V. Jika tegangan yang diterima lebih besar atau pun lebih rendah dari angka tersebut, berarti ada masalah dalam perangkat tersebut. Bisa jadi karena baterai iPhone itu sendiri atau bagian lain yang berkaitan dengan perangkat pengisian daya seperti IC Power dan lainnya.

Cara yang bisa Kamu lakukan untuk melihat besarnya tegangan arus listrik yang diterima baterai iPhone adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan bernama Battery Life yang tersedia secara gratis di App Store.

Persentase Baterai Tidak Wajar

baterai iphone

Bila Kamu kerap melihat adanya tanda penurunan persentase yang tidak wajar, bisa jadi ini karena adanya kerusakan pada baterai. Misalnya indikator baterai Kamu ada di angka 50% kemudian Kamu menggunakannya untuk main game, update status, browsing, atau yang lain. Secara tiba-tiba persentase baterai turun secara drastis sampai angka 30%. Lalu, pada saat akan di-charge, persentase baterai langsung bertambah sampai angka 50%. Hal ini menandakan ada yang tidak beres dengan baterai iPhone Kamu.

Nah itulah tadi ciri ciri baterai smartphone iPhone Kamu sudah mulai rusak, jika Kamu menemukan satu atau beberapa tanda diatas di baterai iOs Kamu, ada baiknya segera mengganti baterai dengan yang baru agar iPhone Kamu bisa berfungsi secara maksimal dan tak menimbulkan kerusakan di bagian lain. Ikuti terus Kabar Games untuk update info terbaru soal gadget, games serta tips & trik menarik seputar smartphone, review dan juga tutorial.

Bagikan untuk teman:
Loading...