HMD Global Resmikan Pabrik Nokia di Batam

HMD Global Resmikan Pabrik Nokia di Batam

Untuk bisa menjual smartphone 4G-nya di Indonesia, HMD Global selaku pemegang lisensi untuk smartphone Nokia pada Senin, 4 September 2017 lalu secara resmi meresmikan pabrik Nokia di Batam. Tak sendiri, HMD Global menggandeng PT Sat Nusapersada Tbk untuk tempat perakitan, PT Tata Sarana Mandiri (TSM) sebagai mitra desain lokal, PT Inovedia Magna Global dan PT MP Games sebagai mitra pengembang aplikasi global serta PT Erajaya Swasembada Tbk sebagai mitra distributor Nokia di Indonesia.

HMD Global Penuhi Persyaratan TKDN

Pabrik Nokia di Batam
Menurut Chief Executive Officer HMD Global, Florian Seiche, Indonesia merupakan pasar penting bagi HMD di Asia sehingga HMD berusaha mematuhi kebijakan dan peraturan pemerintah untuk mengembangkan bisnis di Indonesia.

Sebelumnya, HMD Global sudah masuk ke pasar Indonesia dengan menjual Nokia 3310 edisi modern pada Juni 2017 lalu. Namun HMD tidak hanya ingin bisa menjual ponsel berbasis 2G saja karena mereka punya rencana memasarkan smartphone Android berteknologi 4G LTE di Indonesia. Karena ingin menjual smartphone berteknologi 4G, HMD Global pun harus mengurus semua persyaratan untuk mendapat sertifikat lulus Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Dibukanya pabrik yang diberi nama HMD The Home of Nokia Phone di Batam ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang menyebutkan jika vendor gadget 4G harus memenuhi TKDN minimal 30 persen agar bisa menjual perangkatnya di Indonesia.

Dengan melakukan kerjasama perakitan di Batam, HMD Global mendapatkan nilai TKDN sebesar 30,52 persen yang berarti smartphone merek Nokia bisa dipasarkan dan akan tersedia di Indonesia dalam waktu dekat.

Smartphone Nokia di Indonesia

nokia 3 5 6
Handphone merek Nokia memang sudah lama dikenal di pasar Indonesia maupun dunia melalui produk-produknya yang handal dan tahan lama. Dan bersama HMD Global Nokia akhirnya menggunakan sistem operasi Android dalam smartphone terbarunya. Hal ini merupakan langkah strategis HMD dan Nokia untuk bersaing di pasar smartphone yang semakin digandrungi pengguna ponsel di dunia dengan menghadirkan smartphone yang berkualitas, canggih, bisa diandalkan dan mudah digunakan oleh pengguna.

Meski sudah meresmikan pabrik perakitan perangkatnya di Batam, HMD Global masih belum memberi informasi smartphone apa yang akan dirilis di Indonesia. Namun HMD Global memastikan akan menggelar acara peluncuran serangkaian produk smartphone miliknya pada 14 September 2017 mendatang di Jakarta. Smartphone Nokia ini nantinya akan dipasarkan oleh Erajaya Group.

Nokia sendiri sudah meluncurkan beberapa tipe smartphone Android yang sudah dirilis di pasar global, yaitu Nokia 8, Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6. Kabarnya HMD Global akan memasarkan Nokia 3,5 dan 6 di Indonesia yang mengincar segmen menengah. Belum ada kabar apakah Nokia 8 yang baru-baru ini dirilis global akan mampir ke Indonesia atau tidak.

Kehadiran Nokia di Indonesia tentu akan semakin meramaikan pasar smartphone di tanah air yang menurut data dari lembaga riset IDC menunjukkan sejauh ini masih dikuasai oleh Samsung, Oppo dan Asus. Ikuti terus KabarGames untuk tahu lebih banyak soal Nokia di Indonesia plus berita gadget terbaru lainnya. Ada juga berita update tentang games, tips & trik penggunaan smartphone, review hingga berbagai tutorial bermanfaat.

Komentar Gamers!

Jumlah Komentar!

%d bloggers like this: