legend-banner
GothamChess Kalah Main Catur, Pecatur Indonesia Di Banned

GothamChess Kalah Main Catur, Pecatur Indonesia Di Banned

Nama Dadang Subur, pecatur asal Indonesia mendadak viral di jagat maya setelah dirinya berhasil mengalahkan seorang master catur internasional, Gothamchess atau Levy Rozman. Bukannya mendapat apresiasi, Dadang justru mendapat perlakuan tidak mengenakan. Betapa tidak, usai Gothamchess dibuat kalah melalui gamer catur online di Chess.com, akun Dadang Subur justru di-banned.

Usut punya usut, hal ini terjadi lantaran pemilik akun Dewa_Kipas itu diduga melakukan tindakan curang. Para pendukung Gotham Chess yang geram kemudian melakukan pelaporan akun (report masal).

Baca Juga :

Kronologi Chess.com Blokir Akun Dadang

Kronologi Chess.com Blokir Akun Dadang

Persoalan bermula ketika Dadang Subur bertemu dengan Gotham Chess pada 2 Maret 2021 dalam pertandingan catur online yang disiarkan melalui Twitch dan ditonton ribuan orang. Secara mengejutkan, 10 menit kemudian Dewa_Kipas ini berhasil membuat GothamChess kalah.

Fanss GothamChess yang tidak terima idolanya kalah dalam pertandingan catur tersebut lantas mengamuk dan melakukan pelaporan masal terhadap akun Dewa_Kipas karena dianggap bermain curang. Walhasil, laman pertandingan antara GothamChess dan Dewa Kipas diserbu beragam respon dari netizen.

“Orang ini cheating. Jika lihat akurasi dan lama gerakan, tidak mungkin kalau tidak curang,” kata Fieldlord.

“Memalukan untuk penggemar GothamChess yang tidak bisa terima idolanya kalah,” kata Cikoji.

“Kalah, lalu fansnya melaporkan orang tua yang baru main chess.com. Memalukan untuk penggemar GothamChess,” kata Ghaffaridzan.

“Rematch saja dengan live streaming sebagai bukti,” kata SylaGary.

Klarifikasi

klarifikasi Gothamchess kalah catur

Lantas, apakah pak Dadang benar melakukan tindakan curang? Ali Akbar, selaku anak pak Dadang Subur mengungkapkan fakta bahwa ayahnya tidak melakukan perbuatan culas. Melalui akun Facebook miliknya Ali mengaku bahwa ayahnya memang sempat menekuni olahraga catur.

Loading…

Bahkan kata Ali, dulu ayahnya sempat tergabung dalam anggota Percasi dan menjuarai banyak turnamen. Pada tahun 2005 ayahnya juga berhasil menjadi juara satu turnamen catur Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Lebih lanjut Ali pun mejelaskan kronologi mengapa akun ayahnya di-banned oleh Chess.com. Menurut Ali, Kecurigaan terhadap ayahnya dikarenakan akun Dewa_Kipas memiliki ELO 2.300.

Baca Juga :

“Bapak saya itu pemain yang dulunya sering ikut turnamen. Beliau juga sempat menjadi salah satu anggota Percasi dan menjuarai banyak turnamen. Salah satunya mendapat peringkat satu di kejuaraan catur ke-37 kota Singkawang pada 2005,” ujar Ali, Rabu (3/3/2021).

“Bapak gue main catur Online di Chess.com, bertemu dengan Gotham Chess. Waktu bapak gue tanding disiarkan live di Twitch dan ditonton ribuan orang. Bapak gue menang para penonton ngambek, mereka nuduh bapak gue curang, mereka nge-report massal akun bapak gue. Sumpah gue ga terima,” ujar Ali Akbar lewat akun Facebooknya.

“Namun langkah dan cara bermainnya bagaikan orang dengan ELO lebih dari 2.700 atau setara grandmaster,” kata Ali.

Hingga berita ini turun, kabarnya Ali telah dihubungi oleh pihak GothamChess untuk menyelesaikan masalah tersebut secara baik-baik. Kedua belah pihak sepakat berdamai jika postingan yang menyudutkan ayahnya dihapus. Demi membuktikan kebenaran, Ali mengatakan jika ayahnya siap untuk melakukan pertandingan ulang dengan GothamChess.

“Besok gue akan bikin klarifikasi beserta kronologis lengkapnya. Ini semua hanya kesalahpahaman,” ujar Ali.

Sebelumnya Ali telah lebih dulu membawa permasalahan ini ke forum Reddit. Sayangnya, lagi-lagi keluhan tersebut justru mendapat respon negatif. Seperti masih banyaknya pihak yang mencurigai hasil kemenangan pak Dadang Subur.

Sebagaimana diketahui, Gotham chess sendiri merupakan seorang master catur internasional yang juga merangkap sebagai youtuber. Dengan jumlah subscribers mencapai 700.000, Gotham chess kerap membagikan tips bermain catur kepada para fans.

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama Kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...