legend-banner
Android Oreo Resmi di Rilis Oleh Google!

Android Oreo Resmi di Rilis Oleh Google!

Setelah banyak rumor yang beredar mengenai Android O yang akan jadi sistem operasi terbaru dari Google, akhirnya secara resmi Google memperkenalkan Android 8.0 yang diberi nama Android Oreo. Ini jadi kali kedua Google menggunakan nama sebuah produk untuk OS Android terbarunya. Yang pertama adalah Android 4.4 KitKat yang diambil dari nama brand cokelat terkenal di dunia.

Untuk mengumumkan Android Oreo ini, Google menggelar acara khusus di 14th Street Park, Manhattan, New York, Amerika Serikat yang lokasinya berseberangan dengan Pasar Chelsea, tempat pabrik Nabisco asli berada yang jadi tempat Oreo pertama ditemukan. Pengumuman Android Oreo ini juga berbarengan dengan fenomena gerhana matahari total di Amerika. Momen in juga jadi yang pertama kali bagi Google untuk memamerkan patung maskot Android di luar kantor pusat Google yang ada di Mountain View, California.

Baca Juga :

Sebelum-sebelumnya, Google selalu memamerkan maskot Android terbaru mereka di halaman kantor pusatnya di California, seperti saat peluncuran Android Jelly Bean, Ice Cream Sandwich dan Lollipop.

Mengapa Android Oreo?

Android Oreo

Director Product Management Android Sagar Kamdar mengungkapkan alasan unik dibalik dipilihnya ‘Oreo’ sebagai nama untuk Android 8.0. Dia mengungkapkan keputusan pemberian nama tersebut diambil setelah Google melihat banyak engineernya yang ngemil Oreo saat lembur.

“Di microkitchens Google, kami punya Oreo di manapun. Teknisi kami terus makan Oreo dengan susu mereka,” kata Kamdar seperti dikutip dari laman CNet, Selasa (22/8/2017).

Fitur Andalan Android Oreo

Android Oreo

Loading…

Sebenarnya pada event Google I/O 2017 yang berlangsung Mei 2017 lalu, Google sudah mengumbar fitur-fitur baru yang akan ada di Android 8.0. Namun Google kembali merilis fitur andalan yang disematkan pada Andorid 8.0. Dikutip dari laman resmi Android, Selasa (22/8/2017), berikut fitur andalan Android Oreo:

  • Performa
    Android Oreo akan dua kali lebih cepat dalam proses booting. Selain itu, Android Oreo juga akan meminimalkan aktivitas background pada aplikasi yang jarang digunakan.
  • Autofill
    Fitur yang sudah tersedia di Chrome ini juga mampir ke Android Oreo. Hal ini berarti jika Chrome Anda sudah menyimpan password untuk Facebook atau Twitter, maka fitur autofill password akan secara otomatis mengisinya saat Anda akan log-in ke akun sosial media.
  • Picture in Picture
    Fitur memungkinkan pengguna untuk bernavigasi ke aplikasi lain sambil tetap menonton YouTube atau Netflix.
  • Notification Dots
    Notification Dots berbentuk titik kecil akan muncul di atas ikon aplikasi yang memiliki notifikasi belum dibaca oleh pengguna. Tap dan tahan titik ini, maka akan muncul quick preview berbentuk speech bubbles.
  • Android Install App
    Pengguna smartphone dapat menjalankan aplikasi baru langsung dari browser tanpa perlu menginstal aplikasi tersebut.
  • Smart Text Selection
    Fungsi yang memudahkan proses copy paste dengan mengaplikasikan on device machine learning. Ini berarti Anda tidak perlu memblok kata per kata untuk menyalinnya Google akan mengenali frasa dan konteks tulisan dan langsung membloknya kata per kata untuk di-copy dan paste. Smart Text Selection juga akan menyarankan maps pada isian alamat atau menyarankan akses telepon saat melihat deretan nomor telepon.
  • Keamanan
    Ada Google Play Protect yang dibuat untuk menjaga keamanan perangkat. Fitur ini akan terus mengamankan perangkat dari aplikasi yang tidak sesuai dengan memindai lebih dari 50 aplikasi tiap harinya yang bahkan belum pernah pengguna instal sebelumnya.
  • Hemat Baterai
    Android 8.0 akan mengurangi konsumsi baterai sehingga jadi lebih hemat meski perangkat sering digunakan untuk berkomunikasi, main game, bekerja dan streaming video.
  • Emoji Baru
    Android Oreo juga akan dibekali sejumlah emoji baru.

Smartphone yang Sudah Bisa Update

Android Oreo

Baca Juga :

Selain mengumumkan nama Android terbarunya, Google juga menginformasikan bahwa Android 8.0 sudah tersedia di Android Open Source Project. Untuk saat ini Android Oreo tengah dalam tahap pengujian operator seluler. Ini berarti pengguna smartphone Pixel maupun Nexus 5X/6P masih harus menunggu pembaruan Oreo secara over the air (OTA) hadir di perangkat mereka, termasuk Nexus Player dan Pixel C.

Sebagai informasi, sebelum Android Oreo resmi dirilis, versi public beta Android O sudah lama tersedia untuk perangkat Pixel dan Nexus 5X/6P.

Bagikan untuk teman:
Loading...