legend-banner
Son Goku Vs Superman Siapa yang Menang? Cek Faktanya yuk!

Son Goku Vs Superman Siapa yang Menang? Cek Faktanya yuk!

Perdebatan panjang tentang siapa yang menang jika satu superhero beradu fisik dengan superhero lainnya memang kerap terjadi diantara para pecinta komik. Khususnya bagi para fandom setia satu karakter fantasi. Dan, tentu saja topik tentang Superman melawan superhero lainnya adalah salah satu topik yang paling kerap dibahas. Kalian mungkin sudah cukup familiar dengan persaingan antara Superman vs Batman, yang bahkan telah diangkat ke layar lebar, tapi kira-kira siapa yang akan menang jika si Man of Steel ini harus menghadapi karakter super lainnya seperti Goku?

Pastinya sudah banyak yang mencoba berteori tentang siapa pemenang dari pertarungan ini. Dan untuk mengetahui kebenaran teori tersebut alangkah baiknya jika kalian mengetahui informasi lebih lanjut tentang kedua karakter tersebut, serta beberapa faktor-X yang menonjolkan kelebihan dari setiap karakter.

Baca Juga :

Superman

Superman dalam komik

Dikenal sebagai Clark Kent, Superman adalah salah satu dari hanya segelintir penghuni Planet Krypton yang selamat dari kehancuran planet tersebut. Superman terkenal dengan image-nya yang selalu mementingkan kebenaran, keadilan, dan memiliki kekuatan yang nyaris tanpa batas. Karakter besutan DC Comics ini juga punya nilai moralitas yang sangat ia junjung tinggi dalam proses penyelamatkan dunia dan penduduknya.

Superman memiliki hampir semua kemampuan superhero klasik yang mungkin kita kenal. Level kekuatannya tidak terbatas dan tentunya, karakter ini bisa terbang. Selain itu, Superman memiliki kecepatan super, heat vision, penglihatan bak sinar x-ray, dan napas yang dapat menghembuskan es. Dalam hal kemampuan bertarung, Superman dilatih dalam seni bertarung Kryptonian dari Torquasm-Rao dan Torquasm-Vo, yang mana pukulannya berdampak fatal bagi seluruh lawan-lawannya.

Dalam versi modern dari komik Superman, superhero dengan nama Kal-El ini juga belajar teknik bertarung dari sesama pahlawan super lainnya seperti Batman dan Wonder Woman. Meski punya semua kekuatan hebat yang luar biasa, faktanya Superman juga mempunyai kelemahan.

Yakni, beberapa bentuk Kryptonite yang berbeda dapat membuat Man of Steel ini berlutut, dan bahkan dapat membunuhnya jika dia terpapar cukup lama. Jenis kelemahan ini adalah jenis kelemahan yang cukup menghancurkan yang konon sering digunakan musuh-musuhnya. Dan acapkali menjadi satu-satunya jalan bagi musuh untuk mengalahkan Superman – terutama di DC Universe.

Loading…

Goku

karakter Goku dalam komik

Sama seperti Superman, Goku adalah alien yang dikirim ke Bumi sebelum kehancuran planetnya. Hidupnya berubah ketika dia ditemukan oleh Bulma, yang pada akhirnya menemukan jalannya untuk bertemu master Seni Bela Diri bernama Master Roshi. Goku berlatih keras, dan jika mengurut pada periode komik Dragon Ball Z dan Dragon Ball Super.

Baca Juga :

Karakter ini telah mengalahkan beberapa ancaman terbesar alam semesta bahkan ketika ia awalnya tampak tidak mampu melakukannya. Dalam serial Dragon Ball Super, Goku memiliki tingkat kekuatan yang menyaingi, dan bahkan melebihi beberapa dewa di jagad Dragon Ball. Kekuatan ini termasuk kecepatan yang tak terduga, serta kekuatan yang dapat menggerakkan dimensi.

Dragon Ball Z menetapkan alur cerita dimana setiap musuh yang dihadapi Goku harus jauh lebih kuat dari yang sebelumnya. Jadi satu-satunya pilihan untuk membuat karakter ini menjadi lebih kuat adalah dengan terus membuat Goku menghadapi musuh yang benar-benar kuat – bahkan lebih kuat dari dewa.

Lantas, kelemahan apa yang dimiliki karakter sekuat Goku? Cukup mudah. Karakter ini agak bodoh, dan cenderung tidak terlalu serius sampai ia benar-benar merasakan kekuatan dari lawannya. Goku menikmati semua pertarungannya, dan karena itu ia suka menyeret hal-hal dan menguji musuhnya, sebelum akhirnya mengalahkan mereka. Selain itu, kelemahan lain yang dimiliki Goku ialah kemampuan “Ultra Instinct”-nya menguras banyak stamina, sehingga ia memerlukan periode recharge.

Goku Vs Superman

ilustrasi pertempuran antara Goku Vs Superman

Setelah mengenal kekuatan dari kedua karakter diatas, sekarang kalian bisa mencari tahu siapa yang layak menjadi pemenang dalam pertarungan antara Goku vs Superman. Sebelum Kabar Games teruskan hipotesis fantasi ini, ada beberapa catatan dasar untuk dijelaskan seperti lokasi pertempuran antara keduanya.

Pertarungan antara keduanya harus berada di lokasi netral tak berpenghuni yang mendapat cahaya dari matahari kuning. Yang fungsinya memberi Superman kekuatan terbaiknya dan bagi Goku, tempat netral ini berarti bahwa dia tidak akan dapat memiliki akses pada Kryptonite.

Pemilihan tempat netral ini pada dasarnya adalah untuk menyeimbangkan keduanya, mengingat kelemahan Goku jauh lebih tidak mencolok dibandingkan dengan Superman. Plus, keadaan ini akan menempatkan keduanya pada posisi di mana harus ada satu pemenang definitif. Ground rule ini akan penting untuk menentukan potensi hasil pertarungan antara Goku vs Superman.

Superman memiliki kemampuan berbasis vision dan napas yang dapat mengeluarkan es, tetapi Dragon Ball universe memiliki karakter yang sering menggunakan Ki blast berbasis energi (Kamehameha). Jika si Saiyan ini berada pada titik di mana ia dapat secara teratur menangkis serangan yang terakhir tanpa usaha.

Tampaknya tidak mungkin bahwa cahaya laser panas atau napas es dari Superman dapat melukai Goku. Asumsi yang sama juga berlaku pada Superman yang setidaknya mampu menangani Ki blast – Kamehameha – standar tanpa menghadapi terlalu banyak masalah.

Nah jika pertarungan Goku vs Superman berakhir dengan perkelahian klasik ala brawl, Goku sebenarnya lebih unggul. Pasalnya, Goku adalah karakter petarung teknis yang lebih berpengalaman daripada Superman, terlebih Goku mampu mempelajari gaya lawan saat pertarungan berlangsung. Selain itu, Goku juga punya kemampuan “Ultra Instinct”, yang pastinya akan menjadi taktik rahasia yang akan dipakai Goku untuk membuat Man of Steel tak berkutik.

Meski begitu, Superman masih akan memiliki kesempatan untuk mengakhiri pertempuran ini di tahap awal. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Goku jarang untuk cenderung mengeluarkan 100% dari tenaganya di awal pertarungan. Dengan begitu, Superman bisa dengan cepat menggunakan kekuatan yang diambil dari cahaya matahari saat Goku masih menimbang-nimbang dan menerka kemampuan Superman.

Sebaliknya, jika Superman tidak bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan pertempuran tetap berlanjut, peluang Superman untuk mengalahkan Goku akan semakin mengecil setiap menitnya. Jika kita berbicara tentang Mastered Ultra Instinct Goku vs Superman, maka akan sulit untuk mengatakan Superman akan sukses memenangkan pertarungan.

Pasalnya, Goku memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dimana ia dapat menggabungkan energi dari alam semesta ke dalam tubuhnya. Harapan kecil dari Man of Steel mungkin akan datang dalam cara bertahan untuk menguras stamina Goku, yang tentunya ini akan menjadi pertaruhan yang cukup berbahaya bagi Superman. Mengingat kekuatan dari Super Saiyan God dan Super Saiyan Blue yang nyaris sempurna dalam kondisi ini.

Pada akhirnya, kekuatan Goku akan melebihi semua versi terkuat dari Superman, asalkan dia bisa memanfaatkan kekuatannya dan tidak lengah di awal pertempuran. Karakter dari manga besutan Akira Toriyama ini punya kelebihan untuk beradaptasi dalam setiap pertarungannya, jadi akan sulit untuk melihat Goku kalah dalam tipikal brawl melawan Superman.

Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, ada kemungkinan kecil bahwa Superman dapat menang jika secara mengejutkan dia bisa mengalahkan Goku di awal pertarungan. Sayangnya, ini bukanlah gaya dari si Man of Steel. Terutama dalam pertarungan melawan petarung dengan skill, kemampuan dan teknik yang lebih baik darinya.

Bagikan untuk teman:
Loading...