6 Game Esports Asian Games 2018

6 Game Esports Asian Games 2018

Asian Games 2018 di Palembang sedang digelar. Cabang esports meramaikan untuk pertama kalinya dalam event olahraga terbesar skala Asia ini. Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya pada Mei 2018 dipilih 6 game yang  meramaikan cabang esports di Asian Games 2018. Selepas berita kepastian masuknya salah satu games mobile MOBA ke dalam cabang eksibisi esports dalam event olahraga Asian Games 2018, AESF atau pihak Federasi Esports Asia mengumumkan informasi terkait 5 game selanjutnya yang turut serta dalam rangka meramaikan event olahraga paling besar di Asia itu. Terpilihnya 6 game eSports Asian Games 2018 ini menimbulkan banyak pertanyaan dari khalayak ramai karena ada games yang jauh lebih populer tak terpilih.

Baca Juga :

Terutama pertanyaan prihal kriteria pemilihan sebuah game yang dinilai pantas buat dipertandingkan dalam Asian Games 2018 dibandingkan games sejenis. Alasan pemilihan 6 game itu, tak dijelaskan secara mendetail. Prihal pemilihan 6 game ini masuk ke dalam cabang eksibisi esports Asian Games 2018 adalah murni keputusan yang dibuat oleh Federasi Esports Asia (AESF) yang telah disetujui oleh Olympic Council of Asia (OCA) dan direkomendasikan juga oleh Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC). Tiap negara peserta tetap melewati proses kualifikasi yang telah dijadwalkan. Adapun 6 game eSports Asian Games 2018 yang dimaksud adalah seperti disebutkan di bawah ini.

Arena of Valor

Arena of Valor Asian Games 2018

Games Mobile bergenre MOBA, Arena of Valor, menjadi yang pertama diumumkan menjadi satu dari 6 game eSports Asian Games 2018. Games ini mengalahkan nama besar Mobile Legends Bang Bang yang lebih populer di Indonesia, dan games MOBA dengan grafis lebih baik Vainglory. Games ini dikembangkan oleh Tencent, dan menjadi salah satu games terpopuler di Google Play Store. Games Arena of Valor di Asian Games akan mulai dipertandingkan mulai 26 Agustus 2018. Atlet Indonesia yang akan bertanding dalam games ini adalah Muhammad Hartawan, Ilham Bahrul, Glen Richard, dan Farhan Akbari. Glen dipilih menjadi kapten untuk tim Arena of Valor Indonesia di Asian Games 2018 karena punya segudang prestasi. Salah satunya menjadi juara bersama DG eSports pada Indonesia Games Tour 2018.

Baca Juga :

Clash Royale

Clash Royale Asian Games 2018

Berikutnya ada nama games mobile Clash Royale yang dipandang banyak pemain sebagai penerus Clash of Clans. Games bergenre tower defense yang dirilis awal pada 4 Januari 2016 ini diterbitkan oleh Supercell. Clash Royale yang meraih penghargaan AMD eSports Audience Award ini akan dipertandingkan di Asian Games 2018 pada tanggal 27 Agustus 2018. Atlet Indonesia yang menjadi wakil untuk permainan ini adalah Ridel Yesaya Sumarandak. Pemuda 16 tahun asal Sulawesi Utara ini dipilih menjadi pemain untuk tim Clash Royale di Asian Games 2018 karena dia memang mumpuni dan kualitasnya sudah diakui dunia.

League of Legends

League of Legends, Game eSports Asian Games 2018

Nama League of Legends menjadi nama kontroversial berikutnya setelah Arena of Valor. Games PC bergenre MOBA ini mampu mengalahkan nama besar DotA 2 yang dirilis oleh Valve. Games yang dirilis Riot Games pada tanggal 27 Oktober 2009 ini akan dipertandingkan di Asian games pada tanggal 27-29 Agustus 2018. Atlet yang akan mewakili League of Legends di Asian Games adalah Juan Felix, Malik Abdul Aziz, Bayu Putra Sentosa, Rully Susanto, Ericko Lim Gerry Arisena, dan Peter Tjahjadi. Malik dan Ericko merupakan pemain yang paling menjadi tumpuan di tim Indonesia.

Starcraft II

Starcaraft II Asian Games 2018

Games Starcraft II yang dirilis Blizzard Entertainment menjadi game lainnya yang ikut dipertandingkan dalam cabang eSports Asian Games 2018. Games PC bergenre strategi waktu nyata ini akan dipertandingkan pada tanggal 30 Agustus 2018 di Asian Games 2018. Atlet yang mewakili Indonesia adalah Nyoman Arie. Ia menjadi perwakilan tim Indonesia untuk Starcraft II di Asian Games 2018 setelah mengalahkan tujuh pemain lainnya yang ikut penyaringan atlet.

Hearthstone

Hearthstone Asian Games 2018

Satu lagi games Blizzard Entertainment yang masuk ke dalam daftar games eSports di Asian Games 2018. Namanya adalah Hearthstone. Games PC bergenre strategi kartu ini dipertandingkan pada tanggal 31 Agustus 2018. Atlet yang mewakili Indonesia untuk Hearthstone di Asian Games 2018 adalah Hendri Handisurya.

Pro Evolution Soccer 2018

PES 2018 Asian Games

Games terakhir yang dipertandingkan di Asian Games 2018 adalah games olahraga sepakbola Pro Evolution Soccer 2018. Game yang selalu diperbarui tiap tahun ini mampu mengalahkan rivalnya seri permainan vide game FIFA. Atlet yang akan menjadi perwakilan tim Indonesia untuk Pro Evolution Soccer 2018 di Asian Games adalah Rizky Faidan, dan Setia Widianto. Kehadiran Rizky sebagai perwakilan Indonesia sangat spesial karena umurnya baru lah 13 tahun.

Itu dia berita teranyar tentang 6 game eSports Asian Games 2018. Doakan sukses ya acara turnamen Asian Games di Indonesia ini ya, dan kontingen esports Indonesia mampu meraih medali serta mengharumkan nama bangsa meski hanya cabang eksibisi!

Bagikan untuk teman: