legend-banner
Fitur Terbaru WhatsApp Payment Sudah Resmi Rilis

Fitur Terbaru WhatsApp Payment Sudah Resmi Rilis

Setelah melalui tahap uji coba yang cukup panjang, WhatsApp akhirnya merilis fitur payment di dalam aplikasinya. Melalui akun resminya di Facebook Mark Zuckerberg menyatakan kalau Brazil adalah negara pertama yang bisa menggunakan fitur ini, ia juga berharap dengan adanya fitur ini dapat memungkinkan para pelaku UKM untuk melakukan penjualan melalui WhatsApp.

Mark Zuckerberg mengatakan kalau pihaknya membangun Facebook Pay yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan transaksi dengan aman dan nyaman di seluruh aplikasinya, termasuk juga WhatsApp dan Instagram. Walaupun saat ini penggunaanya masih sangat terbatas di Brazil, namun para pengguna WhatsApp di seluruh dunia menyambut baik adanya fitur ini.

Baca Juga :

Apa itu WhatsApp Payment?

WhatsApp Payment adalah layanan pembayaran yang memungkinkanmu untuk mengirim dan menerima uang semudah kamu berbagi foto. Saat ini layanan pembayaran ini sudah bekerja sama resmi dengan beberapa bank lokal di Brazil seperti Banco do Brasil, Nubank, Sicredi dan Cielo. Sebelumnya layanan ini sudah di uji cobakan di India dengan menggunakan Unified Payments Interface (UPI).

Layanan pembayaran saat ini dapat digunakan secara gratis oleh para penggunanya, namun menetapkan biaya sebesar 3,99% untuk menerima pembayaran. Mark juga mengatakan kalau pihaknya menerapkan penggunaan PIN 6 digit atau Fingerprint untuk meningkatkan keamanan dalam melakukan setiap transaksinya. Jadi dipastikan hanya si pemilik WhatsApp lah yang dapat menggunakan layanan ini.

Cara Menggunakan WhatsApp Payment

  1. Buka Pengaturan WhatsApp dan ketuk opsi Pembayaran.
  2. Pilih opsi Tambahkan Akun Baru yang ada pada pilihan Akun Bank.
  3. Lalu ketuk Terima dan lanjutkan setelah membaca semua syarat dan ketentuan.
  4. Pilih opsi Verifikasi melalui SMS dan ikuti semua permintaan untuk mengirim SMS untuk memulai proses penautan.
  5. Pada pilihan berikutnya, pilih rekening bank yang ingin ditambahkan untuk menggunakan fitur pembayaran WhatsApp.
  6. Setelah semua proses selesai, kamu akan mendapatkan pesan ‘Setup Complete’ pada layar.

Cara Mengirim Uang melalui WhatsApp

  1. Pilih kontak yang ingin kamu kirimkan uang melalui chat
  2. Klik opsi ‘Pembayaran’ dari opsi lampiran, kalau kontak kamu tidak memiliki opsi Pembayaran WhatsApp, akan muncul pilihan untuk menukar uang.
  3. Masukkan jumlah uang yang ingin kamu kirimkan, lalu klik Next. Kamu bisa juga menambahkan catatan di sini.
  4. Masukkan PIN lalu kirimkan uangnya. Kalau kamu belum memiliki PIN, kamu bisa mengikuti instruksi yang ada untuk membuat PIN.

Cara Menerima Uang Melalui WhatsApp

  1. Kalau kamu ingin meminta pembayaran, kamu bisa tap pada pilihan Permintaan. Pada proses ini orang yang kamu tuju harus menerima terlebih dahulu permintaan pembayaran. Selanjutnya orang yang kamu tuju tinggal memasukkan PIN saja.
  2. Kalau kamu menerima pembayaran, kamu akan menerima notifikasi setiap kali seseorang mengirimi Anda uang.

Terintegrasi Dengan WhatsApp Business

Apa itu WhatsApp Payment?

Layanan pembayaran WhatsApp Payment ini juga terintegrasi dengan katalog pada WhatsApp Business yang memungkinkan para penggunanya melakukan pembelian sekaligus pembayaran pada katalog barang di WhatsApp Business. Para pengguna WhatsApp di Brazil saat ini sudah dapat menikmati layanan ini dan akan segera menyusul negara negara lainnya.

“Lebih dari 10 juta usaha kecil dan mikro adalah detak jantung komunitas Brasil. Sekarang para pengguna selain melihat katalog toko, pelanggan juga dapat langsung mengirim pembayaran untuk setiap pembelian produk,”

Loading…

Apakah kamu adalah salah satu orang yang menunggu rilisnya fitur ini di Indonesia? Sepertinya kamu harus menunggu lagi sebelum akhirnya fitur ini dapat digunakan di Indonesia. Dengan adanya fitur ini diharapkan para pelaku UKM dapat bisa semakin mengembangkan bisnisnya dengan jauh lebih baik lagi.

Baca Juga :

Bagikan untuk teman:
Loading...