8 Fitur Terbaru Instagram Stories di 2019

8 Fitur Terbaru Instagram Stories di 2019

Sebagai salah satu media sosial yang paling populer saat ini, Instagram terus menghadirkan banyak pembaruan. Termasuk salah satunya adalah fitur terbaru Instagram Stories yang terus dibekali dengan berbagai kemampuan menarik. Instagram stories merupakan fitur video berdurasi pendek yang akan otomatis terhapus setelah 24 jam. Banyak pengguna Instagram yang memanfaatkan Stories untuk membagikan cerita kesehariannya ketimbang mengunggah banyak foto dalam satu hari.

Bagi Anda yang doyan menggunakan Instagram Stories, berikut ini ada 8 fitur terbaru Instagram Stories yang harus Anda tahu.

Baca Juga :

Fitur Superzoom untuk Stories

Fitur Baru di Instagram

Tak hanya fitur live yang kebagian update seru, instagram Stories pun kehadiran fitur baru yang diberi nama Superzoom. Fitur yang baru diluncurkan Jumat (27/10/2017) ini memungkinkan pengguna untuk membuat video Stories dengan kesan dramatis ala sinetron dengan background musik yang juga super keren.

Fitur terbaru ini ada di Instagram versi terbaru, jadi jangan lupa untuk upgrade Instagram di perangkat iOS maupun Android Anda terlebih dahulu untuk menikmati fitur ini.

Baca Juga :

Cara menggunakan Superzoom

  • Buka Instagram Anda dan klik ikon kamera di bagian kiri atas untuk memulai Instagram Stories
  • Anda akan melihat opsi Superzoom di sebelah Boomerang
  • Pilih Superzoom dan Anda akan melihat kotak yang mengindikasikan area yang akan dizoom nantinya
  • Mulai merekam video dengan fitur Superzoom
  • Done!

Mudah sekali bukan? Anda bisa membuat video Superzoom dengan objek apapun, misalnya wajah sendiri, teman dan sebagainya. Musik yang dramatis juga semakin menambah kelucuan fitur baru Stories ini. Video yang dihasilkan pun terlihat lucu dan dramatis. Pengguna bisa menyimpannya untuk Stories, kirim Direct Message untuk teman maupun di download lalu diupload ke akun masing-masing.

Menambahkan Filter dan Stiker Halloween

Fitur Baru di Instagram

Selain Superzoom, Instagram Stories juga kebagian filter wajah dan sticker baru bertema Halloween yang unik dan juga seram. Filter seram di Stories ini akan mengubah wajah Anda menjadi berbagai sosok ‘menyeramkan’, seperti misalnya wajah penuh luka mirip zombie, vampire, kabut misterius dan sebagainya. Selain filter seram, Instagram juga menghadirkan stiker Halloween untuk membuat Stories Anda lebih menyenangkan.

Upload Stories Dari Mobile Browser

instagram

Jika sebelumnya jika Anda ingin membuat Stories maka Anda harus melakukannya melalui aplikasi, kini Instagram menghadirkan pembaharuan yang memungkinkan pengguna yang tidak memiliki aplikasi Instagram untuk tetap bisa meng-upload Stories! Kini, pengguna Instagram yang menggunakan browser mobile juga bisa mengambil foto dengan kamera atau memilih foto dari galeri kemudian membagikannya ke Stories. Prosesnya mirip dengan ketika Anda ingin memposting Stories dari aplikasi Instagram. Yang berbeda hanyalah fitur yang tersedia untuk Stories Dari mobile browser ini masih sangat standar. Hanya ada fitur untuk menambah teks, tidak ada face filter, stiker, tag lokasi dan juga video.

Untuk kedepannya bukan tidak mungkin semua fitur Stories yang ada di aplikasi Instagram juga tersedia di Stories versi mobile browser. Saat ini Instagram ingin melihat terlebih dahulu respon dari pengguna sebelum memberikan fitur lengkap Stories ke versi browser mobile.

Fitur Bookmark atau Saved

insta Stories

Pengguna aplikasi Instagram untuk iOS Dan Android sudah kedapatan fitur ini sejak 2016 dan baru mendarat di Instagram mobile browser. Instagram juga menghadirkan fitur penyimpanan baru untuk pengguna browser mobile, yaitu bookmark atau Saved. Dengan fitur ini, pengguna bisa menandai sebuah postingan yang disukainya untuk kemudian dilihat lagi nanti. Semua koleksi postingan yang sudah ditandai bisa diakses kembali dari tombol bookmark yang ada di bagian atas halaman profil.

Mematikan Kolom Komentar

instagram stories setting

Fitur ini masih terhitung baru menghampiri Instagram Stories. Kini siapapun bisa memberi komentar langsung di Instagram Stories yang Anda upload. Namun jika Anda merasa risih dan tidak ingin orang berkomentar di Stories yang diupload, Anda bisa lho menonaktifkan kolom komentar tersebut!

Caranya sangat mudah! Anda bisa membuka Instagram terlebih dahulu, lalu di laman profil Anda klik ikon tiga dot yang ada di sudut kanan atas, lalu pilih Story Settings lalu pilih opsi Off pada menu Allow Message Replies. Jika Anda sudah menonaktifkan fungsi ini, maka di video Stories selanjutnya tidak akan ada kolom untuk menuliskan komentar dan Anda juga bisa kembali mengaktifkan fitur ini setiap saat dengan cara yang sama diatas, cuma bedanya bukan memilih Off tetapi Everybody

Menyimpan Instagram Stories Orang Lain

StorySaver

Pernah ingin menyimpan Instagram Stories milik orang lain, let`s say tokoh terkenal hingga artis favorit? Jika ya, Anda perlu bantuan aplikasi pihak ketiga agar bisa menyimpan langsung Stories orang lain yang diinginkan. Anda bisa mendownload aplikasi Story Saver secara gratis di Play Store.

Saat Anda menjalankan aplikasi ini, Anda akan dihadapkan pada list pengguna Instagram yang memiliki Stories. Gunakan kolom Search untuk mencari Stories orang lain yang Anda ingin download. Setelah itu akan ada 3 opsi, yaitu Repost, Save dan Share. Jika ingin mendownload Stories tersebut, silahkan pilih menu Save dan voila! Video maupun foto akan langsung tersimpan di album foto Anda.

Melihat Instagram Stories dari Dekstop

chrome IG Stories

Satu lagi pembaharuan Stories yang dihadirkan Instagram adalah pengguna yang bisa melihat Stories Dari orang-orang yang difollow melalui dekstop! Selama ini Stories hanya bisa ditemukan di aplikasi Instagram saja, namun kini Anda bisa log on ke Instagram melalui dekstop dan akan tersedia Stories di bagian kanan di bawah foto profil Anda.

Untuk melihat Stories tersebut pun sama seperti ketika Anda ingin melihat Stories di Aplikasi. Tinggal klik Stories yang ingin dilihat, maka foto maupun video yang diupload pun akan muncul di layar dekstop Anda. Pembaharuan ini memudahkan pengguna untuk melihat Stories Tak hanya lewat aplikasi, tetapi juga via dekstop.

Duet di Instagram Live

Fitur Baru di Instagram

Pada (25/10/2017), Instagram menghadirkan fitur terbaru untuk layanan siaran live streaming, dimana kini pengguna instagram bisa duet saat live. Fitur ini memungkinkan seseorang untuk mengajak temannya melakukan siaran live bersama, entah itu untuk urusan pekerjaan atau hanya untuk bersenang-senang.

Fitur ini dihadirkan oleh instagram karena banyak orang yang merasa kurang percaya diri jika harus live sendirian. Dengan hadirnya fitur duet di Instagram live ini Anda bisa seru-seruan bersama teman dan live secara bersamaan. Anda juga bisa mengganti teman live kapan pun Anda mau. Selain itu Anda juga punya opsi untuk keluar dari tayangan live ketika ingin berganti dengan teman lain. Ketika sudah berakhir, Anda bisa membuang atau Discard video tersebut atau menyimpannya ke Instagram Stories.

Untuk mengetahui apakah sebuah Instagram live dilakukan sendirian atau bersama teman, Anda bisa melihat ikon yang muncul di Stories Bar. Jika ada dua lingkaran, berarti teman Anda tersebut tengah live berdua, dan jika hanya satu lingkaran berarti hanya live sendirian.

Cara melakukan live bersamaan

  • Anda harus live terlebih dahulu di Instagram
  • Saat sudah mulai banyak teman maupun followers yang menonton tayangan live Anda, Anda bisa memilih teman mana yang ingin diundang untuk live bersama di Instagram
  • Saat mengundang teman, di layar akan tersedia ikon dua wajah
  • Pilih ikon tersebut dan kemudian akan muncul nama penonton yang bisa Anda dipilih untuk dijadikan teman live
  • Jika teman tersebut mau bergabung, layar smartphone Anda akan terbagi dua; satu memperlihatkan layar Anda, satu lagi memperlihatkan tampilan teman Anda yang juga ikutan live

Nah itu dia fitur terbaru instagram stories yang bisa membuat kamu makin kece di tahun 2019 ini. Meski Instagram lebih berfokus pada aplikasi untuk menampilkan semua fitur yang dimilikinya, namun Instagram juga menghadirkan banyak pembaruan bagi penggunanya yang menggunakan browser mobile dan dekstop untuk mengakses layanannya. Apakah Anda sudah mencoba fitur-fitur terbaru dari Instagram Stories di atas?

Bagikan untuk teman: