legend-banner
22 Fakta Death Note yang Ada tapi Jarang Dibahas

22 Fakta Death Note yang Ada tapi Jarang Dibahas

Death Note bercerita tentang seorang remaja yang menemukan buku catatan yang dapat membunuh siapa saja yang tertulis di dalamnya. Harus diakui memang, serial ini mengikuti plot yang gloomy dan kisah yang gelap Tapi itu tidak berarti Death Note tidak fantastis karena ternyata ada banyak fakta Death Note yang super unik yang tersimpan di dalamnya.

Bagi kamu yang belum membaca manga atau menonton anime dan tidak suka spoiler, well, berhati-hatilah karena dengan membaca fakta ini, kamu akan melihat beberapa spoiler tersembunyi di Death Note yang mungkin dapat merusak fantasi kamu. Berikut 22 fakta Death Note yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga :

Capoeira

Capoeira

Ketika orang-orang melihat scene pertarungan yang terkenal antara L dan Light di Episode 18, banyak penggemar yang merasa bahwa mereka melihat L menggunakan teknik bertarung yang sangat mirip dengan capoeira ala Brasil. Tsugumi Ohba, pencipta seri ini mengatakan bahwa dia tidak berencana untuk menggunakan pendekatan tersebut tetapi dia mengakui bahwa ia sangat menyukai tentang gagasan tersebut.

Mac vs PC

Mac vs PC

L dan Light selalu digambarkan sebagai dua karakter yang berlawanan. Jika kamu tidak yakin, tonton kembali episode 2 dan perhatikan baik-baik komputer mereka. Light menggunakan PC sementara L menggunakan Mac.

Terlalu Pintar = Death?

Naomi Misora ​​

Loading…

Naomi Misora ​​diperkirakan akan dikembangkan menjadi karakter wanita super kickass yang dimaksudkan untuk membantu menyeimbangkan karakter pria di dalam seri ini. Tetapi dia tiba-tiba terbunuh lebih cepat dari yang diharapkan banyak orang. Mengapa? Karena dia terlalu pintar.

Naomi menyelesaikan kasus Kira dengan ritme yang terlalu cepat. Nyebelin memang karena sepertinya karakter ini akan cocok untuk masuk dalam plot jangka panjang dan jadi penyeimbang dua karakter super jenius seperti L dan Light.

Baca Juga :

Pemilihan Nama Karakter

Pemilihan Nama Karakter

Fakta Death Note selanjutnya adalah tentang pemilihan nama karakter dalam seri ini. Tsugumi Ohba mengatakan dia sengaja memilih nama yang terdengar asli tetapi tidak mungkin benar-benar ada. Intensi ini cukup jelas terlihat ketika kamu melihat nama-nama seperti Quarter Queen, Believe Bridesmaid, dan Blue-Harp Babysplit.

Periode Sulit

Periode Sulit

Pernah bertanya-tanya mengapa Sidoh masuk dan merusak plot di musim kedua? Karakter yang tidak terlalu pintar ini pada awalnya tidak dimaksudkan untuk berada di sana. Sebaliknya, shinigami bernama Daril Ghiroza seharusnya mendominasi perhatian. Namun, Sidoh yang konyol lebih mudah digambar ketimbang Daril yang sangat cerdas. Karena alasan inilah akhirnya plot ceritanya diubah.

Death Eraser

Death Eraser

Tidak banyak orang yang mengetahui fakta Death Note ini, tetapi dalam bab percontohan manga Death Note, ada kisah unik yang sangat berbeda terungkap. Ketika seorang anak laki-laki, bernama Taro Kagami, menemukan Death Note dia tidak sengaja menggunakannya untuk membunuh beberapa pengganggu dan Ryuk merasa kasihan padanya, dan memberinya “Penghapus Kematian” untuk menghidupkannya kembali.

Stroberi

Stroberi

Sulit untuk melupakan momen dimana L bersikeras bahwa stroberi layak dirahasiakan, tetapi yang cenderung kita perhatikan adalah bahwa Detektif Mogi meletakkan stroberi itu di sakunya. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan, Why?

Desain yang Berbeda

Desain yang Berbeda

Illustrator serial ini, Takeshi Obata awalnya memiliki desain yang jauh lebih manusiawi dan menarik dalam pikirannya untuk karakter Ryuk, tetapi idenya ini ditolak karena Tsugumi Ohba merasa bahwa membuat Ryuk terlalu manusiawi akan mengalihkan fokus dari Light.

Misa

Misa

Salah satu fakta Death Note yang paling ditunggu adalah tentang Misa yang merupakan salah satu karakter paling sulit untuk digambar oleh Takeshi Obata. Selain tidak memahami cinta dan kesetiaannya kepada Light, kombinasi gaya seperti lolita-nya dan variasi ekspresi dan suasana hatinya yang tak ada habisnya, semua merupakan tantangan besar.

Karakter ini juga menarik perhatian dengan penggunaan palang salib yang kemudian diubah menjadi fleurs-de-lis di anime untuk menghindari kontroversi. Namun, animator episode pertama tidak mendapatkan memo ini dan hingga kini, kita masih dapat melihat dengan jelas momen dimana Misa mengenakan kalung dengan salib ini.

Misa Bunuh Diri

Misa Bunuh Diri

Di anime, kita hanya melihat Misa berdiri di tepi tebing. Banyak yang percaya bahwa dia hanya berdiri di sana memikirkan kehidupan. Yang lain percaya bahwa kreator Death Note tidak ingin kita tahu apa yang terjadi. Mereka ingin membuat kita tergantung. Tapi kenyataannya, dia 100% telah mengakhiri hidupnya sendiri setahun setelah Light mati.

Di anime, dia meninggal pada 14 Februari tepat di hari Valentine. Sepertinya dia sedikit tertekan setelah pacarnya meninggal dengan brutal. Bagi kamu yang masih percaya ada harapan untuknya, lupakan saja. Gagasan bahwa dia melompat dari sebuah bangunan di bawah pengaruhnya sendiri ini tidak dikonfirmasi.

Sangat mungkin bahwa Death Note digunakan untuk membunuhnya. Oleh siapa, tidak ada yang tahu. Misa mungkin telah bosan dengan kehidupan, dan ingin kembali bersama Light. Benar-benar fakta Death Note yang sangat dark.

Tahukah Kamu?

Death Note: Kira

Death Note memiliki beragam adaptasi game video, termasuk game strategi menarik bernama Death Note: Kira Game, yang memungkinkan pemain memainkan salah satu dari beragam karakter untuk menemukan siapa Kira dan siapa L. Karakter yang dapat dimainkan termasuk adik perempuan Light, Sayu.

Anak Kembar

Anak Kembar

Fakta death note yang satu ini mungkin akan sangat mind blowing. Pada tahap awal perencanaan Death Note, Near dan Mello dimaksudkan untuk menjadi putra kembar dari L. Lalu mengapa ide ini akhirnya gagal ? Baik Ohba dan Obata tidak bisa membayangkan L berhubungan seks dan karenanya dapat mengganggu fiksi dari para penggemar.

Bentuk Death Note yang Berbeda

Death Note, meskipun mematikan dalam kemampuannya, mengambil bentuk notebook yang terlalu biasa. Meskipun ada nama yang aneh yang tertulis di sampulnya, tidak ada yang akan curiga dengan bentuknya. Bahkan, bentuk ini membuatnya menjadi mode penyamaran sempurna bagi seorang remaja normal yang ingin menjadi dewa di dunianya.

Namun, desain awal untuk Death Note itu sendiri sebenarnya jauh lebih kreatif dan adaptif. Melansir Death Note: The Unofficial Guide, Artis Takeshi Obata awalnya memperkirakan buku ini datang dalam bentuk yang mirip “seperti Alkitab Sesuatu yang secara otomatis kamu pikir adalah Death Note.”

Jadi, tergantung di mana Death Note berakhir, itu akan mencerminkan budaya dan tradisi periode pada waktu itu. Beberapa contoh termasuk “menyerupai gulungan di era Jepang kuno, atau Perjanjian Lama di Eropa Abad Pertengahan.” Mengingat kompleksitas dan perubahan konstan yang diperlukan untuk menyelesaikan desain ini, ide itu akhirnya dibatalkan.

Death Note Tidak Bisa Membunuh Anak-Anak

Death Note Tidak Bisa Membunuh Anak-Anak

Para penggemar hardcore seri ini akan tahu fakta Death Note yang satu ini. “Death Note tidak akan memengaruhi mereka yang berusia di bawah 780 hari.” Untuk kamu yang kesulitan untuk mengonversi hitungan ini, batas efektifitas Death Note yakni dua tahun, atau dua puluh enam bulan.

Namun limitasi ini tidak membuat Death Note menjadi jauh lebih tidak brutal, tetapi setidaknya membiarkan hati para fans beristirahat dengan mengetahui bahwa tidak bayi yang dibunuh dengan menggunakan buku ini.

Enam Versi Live-Action

Enam Versi Live-Action

Adaptasi live-action dari Death Note sangat ditunggu-tunggu (dan sedikit dibenci) resmi dirilis di Netflix pada 25 Agustus 2017. Meski banyak penonton mengantisipasi bagaimana cerita ini akan diadaptasi dalam versi ini, beberapa fans akhirnya bingung dengan mengapa adaptasi lain juga sedang disiapkan.

Secara total, ada enam adaptasi live-action Jepang tambahan dari seri Death Note. Mulai tahun 2006, Warner Bros Pictures Japan memproduksi Death Note, Death Note 2: The Last Name, dan L: Change the World. Film terakhir adalah spin-off dari dua film sebelumnya.

Rilisnya film ini semakin menambah daftar panjang adaptasi dari seri mini yang disebut Death Note: New Generation yang menjembatani kesenjangan waktu antara film terakhir dan film terbaru yang keluar pada tahun 2016 lalu, Death

Note: Light Up the New World

Note: Light Up the New World

Untuk layar perak, Death Note series yang keluar di tahun 2015 adalah adaptasi lain dari manga terkenal ini. Selain itu, meskipun jumlah adaptasi yang tersedia seolah tak berakhir, hingga kini belum ada berita positif tentang adaptasi tersebut.

Death Note: The Musical

Dan Kemudian Ada Death Note: The Musical

Terlepas dari kejenuhan Death Note dalam semua bentuk media, sebuah musikal muncul pada tahun 2015 berdasarkan seri manga dan anime. Premier di Jepang dan Korea Selatan, musikal adalah salah satu drama yang paling dinanti dalam sejarah baru-baru ini. Produksi ini berjalan dari 2015 hingga tahun 2017 dengan pertunjukan terakhir di Tokyo, Jepang.

Beberapa score musikal dari produksi dua babak termasuk Misa’s “Ready for Love,” “They are Only Human” yang ditampilkan oleh Ryuk dan Rem, dan “The Way It Ends”, duet oleh L and Light. Setiap produksi menggunakan pemain yang berbeda tetapi umumnya menerima ulasan positif untuk peran utama dan produksi ceritanya.

Dilarang di Cina Dan Hampir Dilarang di AS Dan Rusia

Fakta Death Note Dilarang di Cina Dan Hampir Dilarang di AS Dan Rusia

Meskipun manga dan anime Death Note telah mengumpulkan ulasan dan popularitas besar di seluruh dunia, beberapa negara sangat terkejut dengan materi yang mereka tawarkan dan akhirnya melarang penyebarannya dalam semua bentuk bagi secara digital maupun publikasi manual.

Dilansir Xinhuanet.com, pejabat sekolah memprakarsai larangan karena semakin banyak siswa membuat Death Note mereka sendiri dan membawa mereka ke sekolah. Death Note dilarang pada 2005 di Shenyang, ibukota Provinsi Liaoning.

Belakangan, larangan itu mencakup “Beijing, Shanghai, dan Lanzhou di Provinsi Gansu.” Larangan itu disetujui sebagai dasar untuk menjaga “kesehatan fisik dan mental ‘siswa dari bahan-bahan horor yang’ menyesatkan anak-anak yang tidak bersalah dan mengubah pikiran dan jiwa mereka.”

Larangan percobaan tambahan terjadi di Albuquerque, New Mexico pada tahun 2010 dan di Rusia pada awal tahun 2013. Namun, tidak ada larangan yang akhirnya disetujui untuk setiap wilayah, dan salinan manga ini tetap tersedia untuk dibeli khalayak.

Death Note di Sekolahan

Fakta Death Note di Sekolahan

Fakta Death Note selanjutnya berdampak pada realita dimana banyak anak yang membaca seri Death Note atau melihat anime ini termotivasi untuk membuat versi Death Note mereka sendiri. Entah karena niat jahat atau hanya untuk bersenang-senang, buku-buku buatan rumahan ini tidak diterima dengan baik oleh pejabat sekolah atau tentunya para orang tua.

Banyak siswa tertangkap basah memiliki buku catatan dengan nama teman-teman mereka dan bahkan selebritas. Insiden terbaru dilaporkan di Carolina Selatan, Virginia, Alabama, Washington, Michigan, Oklahoma dan Pennsylvania. Meski beberapa siswa ini akhirnya tidak mendapatkan hukuman, yang lain akhirnya diskors dari sekolah dan beberapa bahkan dikeluarkan.

Dalam salah satu kasus hukuman paling berat, seorang siswa didakwa dengan tuduhan di pengadilan anak-anak! Meskipun ada beberapa kasus dimana orang dewasa mungkin bereaksi sedikit berlebihan, beberapa kasus yang lain memiliki alasan yang wajar untuk dikhawatirkan.

Kematian di Kehidupan Nyata

Meski penggunaan fiksi Death Note telah mengganggu sekolah-sekolah di seluruh dunia, ada beberapa kasus di mana kematian di dunia nyata dikaitkan dengan seri supernatural ini. Pada tahun 2013 silam, seorang gadis berusia lima belas tahun ditemukan tewas setelah bunuh diri di Yekaterinburg, Rusia. Masalahnya adalah di lokasi bunuh dirinya ada beberapa volume manga Death Note.

Meskipun sedikit terlalu jauh untuk menghubungkan manga dengan bunuh diri, orang tua sang gadis masih sangat marah dan meminta Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghadirkan media yang terkait dengan ide-ide kematian untuk tidak memasuki negara itu.

Dalam sebuah kasus di Belgia, seorang pembunuh berantai bernama Manga Killer meninggalkan secarik kertas dengan kalimat “Aku Kira” di dekat tubuh korbannya. Selain itu, meski pembunuhan ini dimulai pada tahun 2007, baru pada tahun 2013 tiga tersangka pembunuhan ini ditangkap. Para pembunuh mendapatkan hukuman 20 tahun penjara karena kejahatan mereka.

Identitas Tersembunyi

Fakta Death Note Identitas Tersembunyi

Dua fakta Death Note yang terakhir adalah tentang sang kreator. Tsugumi Ohba merahasiakan identitas aslinya dan menulis dengan nama pena. Kebenaran nama aslinya, ulang tahun, atau informasi pribadi apa pun telah dirahasiakan sejak ia memulai karirnya pada tahun 2003 bersama Death Note.

Karakteristik lain yang dimilikinya dan sangat identik dengan karakter L termasuk kebiasaannya berlutut di atas kursi sambil memikirkan plot manga. Ada beberapa spekulasi bahwa dia mungkin adalah Hiroshi Gamo, tetapi tidak ada bukti konklusif tentang hal ini.

Ohba Dan Illustrator Takeshi Obata Tidak Pernah Bertemu Secara Langsung

Ohba yang penuh rahasia dan ilustrator Takeshi Obata bekerja bersama untuk mentranslasikan cerita Death Note. Meskipun hubungan antara seniman dan penulis biasanya dekat, kedua pasangan ini tidak pernah bertemu secara langsung untuk mengerjakan serial ini.

Sebaliknya, mereka akan menggunakan editor mereka sebagai perantara untuk proyek yang sedang berlangsung ini. Kedua lelaki ini menggunakan thumbnail untuk mewakili karya seni, aksi, dan dialog untuk cerita tersebut. Masing-masing akan meninjau catatan yang lain dan bertemu dengan editor untuk menyampaikan perubahan atau pembaruan.

Faktanya, baru pada tahun 2004 keduanya bertemu, hampir sebulan setelah manga Death Note diterbitkan. Keduanya mempertahankan jenis kemitraan terpisah ini ke proyek berikutnya bersama-sama, manga Bakuman.

Demikian review beberapa fakta dan hal sepele yang mungkin perlu diketahui tentang manga dan anime ini. Meski seri Death Note menarik dengan sendirinya, detail di balik layar dan perencanaannya menambah kedalaman cerita yang telah dari awal memulai dengan kuat ini.

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...