Diskualifikasi Warnai Kualifikasi The International 8

Diskualifikasi Warnai Kualifikasi The International 8

Kualifikasi The International 8 sedang menuju akhirnya. Masing-masing tim di pembagian wilayah DotA 2 sedang mencoba mengamankan tiket ke TI8, kecuali slot regional China dan CIS yang telah terisi. Team Serenity dan Invictus Gaming (iG) menjadi perwakilan China, serta WinStrike menjadi perwakilan CIS. Kualifikasi TI8 ini disambut dengan meriah, tetapi sayang kemeriahan itu dinodai dengan diskualifikasi.

Diskualifikasi di Kualifikasi The International 8

Diskualifikasi menodai pagelaran kualifikasi turnamen internasional The International 8. Peristiwa diskualifikasi tersebut dikenakan pada tim asal Peru, Thunder Predator.

Thunder Predator DotA 2

Sebelum kasus diskualifikasi Thunder Predator karena script ilegal membuat ramai dunia eSports DotA 2, iG. Vitality harus rela dinyatakan kalah tanpa menyelesaikan pertandingan pada kualifikasi The International 8 wilayah China saat melawan Keen Gaming.

Tim China tersebut dituduh menggunakan bug skill Tornado dari creep netral Wildwing Ripper yang sebelumnya dilarang penggunaannya dalam semua wilayah kualifikasi. Berdasarkan, pandangan Loda dan Blaze keputusan dari Perfect World selaku penyelenggara acara dalam menghukum iG.Vitality dianggap tak layak karena bug sudah diperbaiki, sehingga tak masalah jika digunakan.

Belum selesai kegaduhan dari kasus iG.Vitality, didiskualifikasinya Thunder Predator dari kualifikasi The International 8 regional Amerika Selatan karena tertangkap menggunakan script ilegal kembali membuat gaduh komunitas DotA 2. Sebelum secara resmi didiskualifikasi, tuduhan ini dikeluarkan pertama kali oleh pengguna Reddit.

Bukti Foto Pengguna Reddit caiovigg

Di forum Reddit, pengguna yang menuduh Thunder Predator menggunakan script ilegal menjabarkan buktinya. Di dalam bukti yang diperlihatkan, pemain meepo dari Thunder Predator lah yang dituduh memakai script ilegal. Ia adalah Juan “Atun” Ochoa. Kala itu, ia memakai meepo ketika Thunder Predator melawan SG-esports.

Thunder Predator vs SG-eSports

Atun dituduh menggunakan script ilegal karena skill poof meepo yang digunakannya memperlihatkan kejanggalan. Dalam logika yang menuduhnya, poof meepo tak bisa serta merta digunakan dalam waktu bersamaan oleh manusia. Perlu waktu sepersekian detik untuk melakukan poof dari satu meepo ke meepo lainnya.

Juan “Atun” Ochoa

FACEIT selaku penyelenggara acara resmi kualifikasi TI8 selain wilayah China melihat bahwa bukti dari pengguna Reddit itu masuk akal. Tidak memakan waktu lama, event organizer tersebut akhirnya mendiskualifikasi Thunder Predator.

Setelah secara resmi didiskualifikasi, Thunder Predator menanggapi serius masalah ini. Terkait status diskualifikasinya, tim asal Peru itu mengeluarkan pernyataan resminya via Facebook.

“Sebagai organisasi e-Sports, kami paham betul harus tahu semua peraturan, dan itu telah dilakukan.”

“Kami menyangkal tuduhan penggunaan hack. Tindakan yang dilakukan pemain kami, Atun, hanya mengkonfigurasi mouse Razer Synapse miliknya sesuai dengan kebutuhan untuk pergerakan meepo yang efisien.”

FACEIT dan Valve tidak peduli akan pembelaan Thunder Predator, sehingga tidak mencabut status diskualifikasi dari turnamen bergengsi games MOBA itu. Meski Thunder Predator dienyahkan dari kualifikasi, Atun selaku pemain yang dinyatakan bersalah tidak mendapatkan hukuman apa pun.

Atas didiskualifikasinya Thunder Predator, laga semifinal kualifikasi regional Amerika Selatan hanya diisi 3 tim DotA 2 saja, yakni Torus Gaming, PaiN Gaming, dan juga SG. Pada laga pertama SG telah mengalahkan Torus yang harus rela ke Loser Bracket. Sedangkan PaiN Gaming mendapatkan tiket langsung ke final winner bracket melawan SG.

PaiN menang 2-1 dan melaju ke grand final kualifikasi untuk berhadapan dengan SG kembali yang sebelumnya berhasil mempecundangi Torus Gaming pada final loser bracket dengan skor 2-0. Torus berhasil ke final loser bracket tanpa bertanding karena Thunder Predator didiskualifikasi. Sampai berita ini diturunkan pemenang pertandingan PaiN vs SG belum ditentukan.

Pembaruan!!!

Laga PaiN Gaming vs SG-eSports akhirnya telah selesai digelar. Pemenang dari laga tersebut adalah PaiN Gaming yang dipimpin oleh W33. Selamat untuk W33 dan kawan-kawan!

Bagikan untuk teman:

Komentar Gamers!

Jumlah Komentar!