Cara Mudah Jual Beli NFT! Cuan Setiap Hari!
Non Fungible Token

Cara Mudah Jual Beli NFT! Cuan Setiap Hari!

3162 Views

Cara jual beli NFT kini menjadi hal yang dicari oleh banyak orang.  Tingkat kesadaran masyarakat akan NFT semakin meningkat dan membuat banyak orang tertarik untuk mempelajarinya. Ternyata, dengan memanfaatkan internet siapapun bisa mendapatkan cuan yang menggiurkan. Terlebih, dunia maya beberapa waktu lalu dihebohkan dengan hadirnya sosok pemuda yakni Ghozali yang berhasil mendapatkan keuntungan hanya dengan menjual foto selfienya saja.

Tidak sembarangan foto, namun Ghozali merubah fotonya tersebut menjadi NFT. Dengan keunikan yang ditawarkan, Ghozali berhasil menjual fotonya dengan harga yang fantastis. Keberuntungan yang dimiliki oleh Ghozali ini juga diinginkan banyak orang. Apakah Anda juga menginginkannya?

Jika iya, maka Anda harus mengetahui berbagai cara dan platform penting untuk bisa menjual maupun membeli NFT.

Cara Buat NFT

Cara Buat NFT

Sebelumnya apakah Anda sudah paham apa yang dimaksud dengan NFT?

NFT adalah singkatan dari Non Fungible Tokens yang merupakan teknologi blockchain terbaru yang memungkinkan para seniman untuk membuat aset digital yang dapat diidentifikasi dan unik. NFT sendiri merupakan investasi turunan dari kripto. Pada umumnya, NFT adalah karya digital yang dapat berbentuk gambar, ilustrasi, foto, musik, video, dan sebagainya.

Terdapat perbedaan antara NFT dan kripto, yakni setiap NFT memiliki keunikan masing masing dan berbeda satu sama lainnya. Keunikan inilah yang menjadi bukti kepemilikan suatu aset. NFT memang tidak bisa diuangkan, namun NFT dapat diperjualbelikan. Bagi Anda yang memang tertarik dengan karya seni, perhatikan berbagai cara buat NFT berikut ini

Buat Karya Seni

Sama seperti berjualan pada umumnya, Anda harus memiliki produk yang ditawarkan kepada calon pembeli. Begitupula jika Anda tertarik untuk terjun dalam dunia NFT, Anda harus menyiapkan produknya terlebih dahulu, yakni karya seni. Tentukan karya seni digital apa yang ingin Anda buat dan ubah menjadi NFT. Berbagai karya yang bisa Anda buat ialah gambar, video, musik, GIF atau bahkan berbagai tangkapan layar ((screenshot) terkait berbagai hal unik.

Setiap NFT unik dengan satu pemilik, hal inilah yang membuat NFT berharga sehingga memiliki harga yang tinggi. Sebagai kreator, Anda harus memperhatikan terkait hak intelektual terhadap suatu karya. Jika tidak, maka Anda akan mendapatkan sanksi karena melakukan pelanggaran hak cipta. Pastikan Anda membuat karya yang unik, berbeda, dan memiliki nilai yang unik untuk mengundang kolektor membeli dengan harga yang bagus.

Minting NFT dan Memilih Blockchain

Setelah selesai membuat dan memilih karya seni yang ingin dijual, maka kini waktunya untuk mengubah aset digital tersebut menjadi NFT. Proses pengubahan bentuk karya ini disebut sebagai minting NFT. Anda perlu melalui proses ini untuk bisa membuat dan menjual NFT di berbagai marketplace.

Minting NFT merupakan sebuah proses mengubah aset digital menjadi aset NFT dan menyimpannya di Blockchain. Anda bisa memilih blockchain untuk NFT, salah satu yang paling terkenal dikalangan para kreator ialah Ethereum.

Menyiapkan Dompet Digital

Cara jual beli NFT yang penting untuk diketahui selanjutnya ialah dengan menyiapkan dompet digital. Dompet digital ini menjadi bagian penting dalam bertransaksi NFT. Dompet digital berfungsi untuk mengubah uang dollar menjadi mata uang kripto. Dengan menggunakan dompet digital ini, Anda bisa membeli mata uang kripto untuk bisa memproses penjualan NFT.

Terdapat berbagai dompet digital NFT ternama seperti MetaMask, Trust Wallet, Alpha Wallet, Math Wallet, dan Coinbase Wallet.

Cara Jual NFT

Cara Jual Beli NFT

Sudah menyiapkan karya seni dengan baik dan kini siap untuk menjualnya? Cara jual NFT tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Sudah tidak sabar untuk mengetahui cara menjual karya seni unik Anda? Yuk simak langkah-langkah berikut ini

Menentukan Marketplace

Jika Anda ingin menjual produk secara online, apa yang Anda lakukan? Anda bisa menggunakan marketplace sebagai tempat berjualan yang berfungsi layaknya toko. Begitupula dengan berjualan NFT, Anda memerlukan sebuah platform untuk menampilkan karya. Terdapat berbagai marketplace ternama internasional maupun lokal untuk bertransaksi NFT.

Beberapa NFT yang menjadi favorit dan populer ialah Axie Marketplace, Larva Labs, Rarrible, Mintable, NBA Top Shot, dan OpenSea. Setiap marketplace memiliki keunikan tersendiri, misalnya NBA Top Shop yang memang menyediakan berbagai NFT berbentuk video dari aksi-aksi ikonik di penyelenggaraan NBA.

Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan marketplace mana yang memiliki keunggulan dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membuat Akun

Setelah memilih marketplace, tentunya Anda harus membuat akun. Jika memang Anda ingin marketplace yang memiliki banyak pengguna dan terbesar di dunia, maka Anda bisa memilih OpenSea, seperti yang digunakan pula oleh Ghozali.

Cara daftar OpenSea cukup mudah, Anda hanya perlu mengunjungi website OpenSea kemudian membuat akun. Jangan lupa untuk menyambungkan akun dengan dompet digital yang Anda miliki.

Pada umumnya, pengguna OpenSea memilih MetaMask sebagai dompet digital kripto.

Upload File

Setelah Anda berhasil membuat akun di OpenSea maupun marketplace lainnya, kini saatnya Anda untuk mengupload NFT.

Dalam mengupload NFT, diperlukan biaya untuk mencetak NFT serta melakukan penjualan. Setiap marketplace memiliki ketentuan yang berbeda, oleh karenanya Anda harus mempelajari setiap ketentuan marketplace. Misalkan Anda memilih OpenSea sebagai platform berjualan, maka Anda bisa mengikuti cara menjual NFT di OpenSea yang cukup mudah.

Klik gambar profil pada bagian kanan atas kemudian klik “profile”. Pilih NFT yang akan dijual, lalu klik Sell pada bagian kanan atas untuk menuju halaman listing.

Mengatur Informasi Penjualan

Tentu saja, Anda harus memberikan informasi yang lengkap terkait dengan penjualan NFT. Anda perlu menetapkan harga produk sehingga pembeli bisa mengetahui berapa nilai NFT Anda. Pada umumnya, terdapat 2 sistem penjualan yakni dengan harga fix price dan dengan harga lelang. Jika Anda menetapkan fix price, maka pembeli akan langsung membeli sesuai dengan harga yang ditetapkan.

Cara menjual NFT di OpenSea yang menjadi favorit para kreator ialah sistem lelang. Anda perlu menentukan harga awal/harga pembuka.  Kemudian, Anda juga perlu mengatur berapa lama durasi lelang, apakah 3 hari, 1 minggu, 1 bulan, atau sesuaikan sesuai dengan keinginan.

Selesai, kini NFT Anda sudah dipublish dan para pembeli bisa melihat NFT Anda.

Promosikan

Sama seperti menjual produk lainnya, Anda juga perlu untuk mempromosikan NFT. Dengan mempromosikan produk, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui bahwa Anda menjual NFT.  Anda bisa membagikan link melalui berbagai sosial media untuk menarik perhatian orang lain. Salah satu platform media sosial yang sering digunakan untuk mempromosikan NFT ialah Twitter. 

Jangan lupa untuk memberikan informasi yang lengkap untuk setiap NFT yang Anda jual. Anda juga bisa menggunakan hashtag ketika melakukan promosi agar bisa menjangkau banyak orang. Tips untuk bisa menjual NFT ialah berkolaborasi dengan kreator lain.

Cara Beli NFT

cara jual beli NFT

Apakah Anda tertarik untuk membeli karya digital yang unik? Jika iya, maka Anda bisa menemukan berbagai NFT yang unik dan eksklusif.

Terlebih, kini banyak hal yang bisa Anda dapatkan hanya dengan membelinya di marketplace NFT. Termasuk membeli item game NFT yang dapat membuat permainan menjadi lebih seru. Anda tertarik untuk membeli NFT namun bingung bagaimana langkah untuk mengoleksi NFT? Berikut ini ialah langkah yang perlu Anda lakukan.

Membuat Akun di Marketplace

Cara jual beli NFT ialah Anda harus memiliki akun di marketplace. Hal ini untuk membuat Anda bisa berinteraksi dengan para kreator. Anda bisa menemukan marketplace yang menyediakan NFT sesuai dengan kegemaran. Jika memang Anda ingin mencari koleksi NFT yang beragam, maka Anda bisa membuat akun di OpenSea. Caranya, sama seperti membuat akun OpenSea untuk menjual NFT.

Membuat Dompet Digital

Jika Anda ingin membeli NFT, maka Anda juga perlu memiliki dompet digital mata uang kripto. Pastikan, Anda menggunakan dompet digital dan mata uang kripto sesuai dengan mata uang yang berlaku di marketplace.

Jika Anda ingin bertransaksi di OpenSea, maka Anda bisa membuat dompet digital MetaMask.

Berikut ini ialah langkah untuk membuat dompet digital MetaMask yang bisa Anda lakukan

  • Unduh aplikasi MetaMask pada perangkat ponsel maupun perangkat komputer
  • Install aplikasi tersebut kemudian klik opsi “buat dompet baru”
  • Anda akan menemukan syarat dan ketentuan dari aplikasi, baca dan pahami persyaratan kemudian klik “Saya setuju”
  • Buatlah kata sandi untuk akun MetaMask dengan ketentuan terdiri dari  karakter gabungan dari huruf dan angka. Ketik ulang password kemudian lakukan konfirmasi
  • Setelah membuat kata sandi, maka Anda juga perlu membuat frasa pemulihan agar lebih aman, pastikan Anda mengingat frasa pemulihan ini
  • Selesai, Anda sudah memiliki akun MetaMask. Selanjutnya, sambungkan dompet digital dengan akun marketplace

Pilih Koleksi NFT

Kini, banyak para kreator yang membuat berbagai NFT unik dan berkelas di berbagai platform. Anda bisa menemukan koleksi sesuai dengan kegemaran dan temukan NFT yang sesuai dengan keinginan Anda. Masuklah ke halaman explore marketplace untuk menemukan berbagai koleksi NFT berkualitas. Anda juga bisa melihat harga dari berbagai koleksi NFT yang ada.

Anda bisa melihat secara keseluruhan dari koleksi NFT yang ada di marketplace.

Gunakan Fitur Filter

Terlalu banyak koleksi di halaman explore? Anda bisa menggunakan fitur filter untuk menyeleksi NFT sesuai dengan keinginan. Misalnya Anda ingin melihat NFT terbaru, maka aturlah filter NFT yakni dengan mencari NFT terbaru. Anda juga bisa mencari NFT yang menggunakan sistem penjualan lelang maupun fixed price.

Beli

Jika Anda ingin membeli NFT dengan harga fixed price, maka Anda bisa langsung membelinya. Pastikan, uang kripto Anda cukup dengan harga NFT yang dipilih. Namun, jika Anda merasa harganya terlalu mahal maka Anda juga bisa untuk menawar dengan menekan tombol “Make an Offer”. Kreator akan mempertimbangkan harga NFT mereka.

Jika Anda membeli NFT yang dijual dengan sistem lelang, maka Anda bisa mengajukkan harga sesuai dengan ketentuan. Anda akan bersaing dengan para calon pembeli lainnya. Jika Anda memberikan harga yang terbaik, maka Anda bisa mendapatkan NFT tersebut.

Apakah Anda sudah mengetahui cara jual beli NFT? Apakah Anda ingin menjadi seorang kreator atau justru mengoleksi NFT sebagai investasi? Terus ikuti perkembangan NFT yang menarik ini dan dapatkan keuntungannya.

Bagikan untuk teman:

Leave a Reply

Copyright © 2021 PT. Gudang Pelangi Indonesia