legend-banner
Cara Mengatasi HP Cepat Panas Saat Main Game Genshin Impact

Cara Mengatasi HP Cepat Panas Saat Main Game Genshin Impact

Memainkan sebuah game dengan ukuran yang cukup besar di HP atau mobile sering kali membuat perangkat cepat panas. Termasuk game yang sedang ramai dimainkan saat ini, Genshin Impact. Besarnya storage dan RAM dari game Genshin Impact inilah yang kerap kali menguras internal Smartphone hingga menjadikan semakin berat dan panas.

Selain itu, tampilan grafis Genshin Impact yang memiliki resolusi tinggi juga membawa pengaruh besar terhadap ketahanan Smartphone itu sendiri. Meski begitu, ada cara khusus yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi supaya HP kamu tidak cepat panas ketika bermain Genshin Impact. Lantas, bagaimana cara bermain Genshin Impact supaya HP tidak cepat panas? Berikut triknya!

Baca Juga :

Atur Settingan Game

Atur Settingan Game 

Salah satu cara bermain Genshin Impact supaya HP tidak cepat panas adalah dengan mengatur setting permainannya. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan Kabar Games jelaskan di bawah ini.

  • Buka Game Genshin Impact

Dalam tahap ini kamu perlu melakukan setting terlebih dulu. Karena setting yang diatur adalah pada permainannya, bukan pada Smartphone nya. Maka hal pertama yang harus kamu lakukan ketika bermain Genshin Impact supaya HP tidak cepat panas adalah dengan membuka game besutan MiHoYo tersebut. Setelah terbuka, di bagian pojok kiri atas, biasanya akan ada sebuah tombol ikon Paimon. Untuk mengatur setting Genshin Impact, tekan ikon Paimon tersebut.

  • Pilih Ikon Setting

Setelah ikon Paimon diklik, nantinya akan ada berbagai macam opsi yang bisa dipilih. Untuk mengatur permainan Genshin Impact supaya HP tidak cepat panas, kamu bisa pilih ikon setting (pengaturan). Biasanya terletak di bagian bawah.

  • Atur Pengaturan Grafis

Berikutnya, setelah ikon setting dipilih, akan ada tampilan berbagai macam pengaturan. Pada menu setting tadi, pilih bagian graphics. Di situ nantinya akan ada beberapa pilihan terkait kualitas grafis yang ditampilkan selama bermain Genshin Impact. Pilih ke kualitas yang paling rendah.

Loading…

Mengapa kualitas paling rendah? Karena semakin bagus kualitas grafis yang ditampilkan hal itu akan semakin memakan RAM dari HP yang kamu gunakan. Jika RAM HP yang kamu gunakan terlalu berat, nantinya bisa mengakibatkan HP menjadi cepat panas.

Kendati dengan tampilan ini kualitas grafis yang ditampilkan tidak terlalu bagus, namun setidaknya kamu masih bisa merasakan keseruan bermainnya. Hal itu terbilang masih lebih baik daripada HP kamu menjadi panas, berat hingga akhirnya rusak.

Baca Juga :

Atur Settingan HP

Atur Settingan HP

Selain mengatur setting pada Genshin Impact, sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu lakukan supaya HP tidak cepat panas. Yaitu dengan mengatur setting pada HP yang kamu gunakan. Bagaimana caranya? Lanjutkan membaca!

  • Atur Kecerahan HP

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan supaya HP tidak cepat panas ketika bermain Genshin Impact adalah dengan mengatur kecerahan HP yang kamu gunakan. Kecerahan HP yang terlalu tinggi dapat menguras daya baterai dengan lebih cepat.

Selain itu, jika kecerahan HP terlalu tinggi, hal itu juga bisa menyebabkan HP cepat panas. Karena itulah, jika ingin bermain Genshin Impact supaya HP tidak cepat panas, kurangi kecerahan HP saat memainkannya.

  • Pastikan Koneksi Mendukung

Selain kecerahan HP, hal lain yang bisa kamu persiapkan adalah dengan memastikan kondisi jaringan yang ada. Karena Genshin Impact membutuhkan koneksi internet untuk bisa memainkannya, maka hal itu sangat memengaruhinya.

Jika koneksi internet tidak stabil, hal itu bisa menyebabkan HP bekerja extra keras untuk mendapatkan sinyal. Jika HP bekerja terlalu keras, tentunya hal itu bisa berpengaruh pada kinerja HP. Akibatnya, HP menjadi cepat panas dan terlalu berat saat digunakan.

  • Keluarkan Semua Aplikasi yang Ada di Background

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengeluarkan semua aplikasi selain Genshin Impact yang ada di Background. Banyak pengguna HP yang tidak sadar bahwa sering kali ada banyak aplikasi yang ada di background dan dibiarkan begitu saja. Padahal hal itu bisa berpengaruh pada kinerja HP.

Semakin banyak aplikasi yang berjalan, semakin banyak pula RAM yang termakan. Sehingga, ketika kamu bermain Genshin Impact dan masih ada banyak aplikasi yang berjalan di belakangnya, maka permainanmu akan terasa berat dan HP menjadi cepat panas.

Jika ingin HP tidak cepat panas, sebelum bermain Genshin Impact pastikan kamu telah mengeluarkan semua aplikasi yang ada di background. Bahkan kalau bisa kamu non-aktifkan sementara aplikasi-aplikasi tersebut. Karena terkadang, ada beberapa aplikasi yang berjalan secara otomatis jika tidak dimatikan.

Itulah berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan Impact supaya HP tidak cepat panas saat bermain Genshin. Pastikan juga bahwa HP yang kamu gunakan sudah sesuai dengan spesifikasi minimal bermain Genshin Impact.

MiHoYo selaku pengembang Genshin Impact merekomendasikan minimal HP Android yang digunakan adalah yang memiliki RAM minimal 4 GB, penyimpanan kosong 8 GB dan menggunakan android 8.1. Sedangkan untuk iOS, minimalnya adalah iPhone 8 Plus atau di atasnya. Lebih baik lagi jika kamuu menggunakan iOS 9.0 keatas.

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...