Cara Daftar dan Jual Beli NFT di OpenSea
Non Fungible Token

Cara Daftar dan Jual Beli NFT di OpenSea

2790 Views

NFT OpenSea kini menjadi perbincangan banyak pihak di sosial media karena adanya seorang pemuda asal Semarang yang berhasil meraih keuntungan miliaran. 

Pemuda ini mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak biasa, yakni dengan menjual foto selfie miliknya yang telah diambil selama 5 tahun. Tentunya, banyak orang yang tertarik untuk mengetahui tentang bagaimana cara Ghozali untuk mendapatkan uang.

Terdapat dua istilah penting dalam kasus ini yakni NFT dan OpenSea.

Apa Itu NFT dan OpenSea?

NFT opensea

NFT (Non Fungible Token) merupakan token kriptografi yang mewakili barang unik dan disimpan dalam sebuah buku besar digital yang disebut sebagai blockchain. NFT dapat ditambahkan pada setiap objek digital seperti karya seni, domain website, hingga properti digital. Fungsi dari NFT ini ialah untuk menunjukkan keaslian dari sebuah aset digital.

Sederhananya, NFT ialah barang kolektor namun memiliki bentuk digital. NFT juga unik dan tidak dapat diubah dari awal ketika melakukan pembelian, hal ini dilakukan untuk mencegah adanya peniruan karya seni. NFT merupakan produk yang akan dijual, dalam menjual NFT maka Anda bisa menjualnya di marketplace NFT. Terdapat berbagai marketplace NFT yang bisa dipilih, salah satu yang cukup populer ialah OpenSea.

OpenSea adalah sebuah pasar online yang menjadi tempat transaksi jual beli NFT. Marketplace ini merupakan platform pertama dan terbesar di dunia sebagai marketplace NFT. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2017 ini telah memiliki lebih dari 300 ribu pengguna dengan NFT yang terjual melebihi angka 34 juta NFT. Volume transaksi dari platform ini juga cukup tinggi yakni melewati angka USD 4 miliar.

Pada Opensea app, mata uang yang digunakan ialah mata uang kripto Ethereum yang menjadi mata uang utama. Namun, beberapa mata uang juga diterima yaki DAI, USDC dan WETH. OpenSea juga menerima berbagai token untuk melakukan pembayaran seperti $Whale dan $UNI. Ethereum merupakan mata uang kripto asli dari blockchain Ethereum yang digunakan untuk membayar biaya transaksi atau yang disebut gas fees.

Cara Daftar OpenSea

NFT opensea

Anda sudah memahami NFT OpenSea dan tertarik untuk menggunakan marketplace NFT terbesar di dunia ini?

Anda bisa mendaftar OpenSea untuk menemukan berbagai karya digital yang unik atau membuat karya unik yang mengesankan. Tidak perlu khawatir, mendaftar di OpenSea sangatlah mudah dan cepat. Berikut ini ialah cara daftar OpenSea yang perlu Anda lakukan.

Membuat Dompet Digital

Sebelum Anda membuat akun NFT OpenSea, Anda juga harus membuat dompet digital terlebih dahulu.

Dompet digital ini berfungsi untuk menyimpan mata uang kripto yang dapat digunakan untuk bertransaksi di marketplace NFT termasuk di OpenSea. Prosesnya ialah mengubah uang Anda menjadi mata uang kripto yang diakui oleh marketplace.

Pengguna OpenSea pada umumnya menggunakan dompet digital MetaMask yang merupakan software cryptocurrency wallet. Dengan menggunakan MetaMask, pengguna dapat menyimpan aset dengan lebih aman. Karena, untuk mengakses aset hanyalah pemilik aset sendiri.

Hal ini berbeda dengan beberapa tempat penyimpanan kripto lainnya dimana bursa dapat memegang aset para penggunanya. MetaMask memiliki beberapa fitur yakni membeli token, menyimpan token, menukar token, hingga melakukan sinkronisasi antar perangkat.

Berikut ini ialah cara mendaftar dompet digital Metamask untuk NFT OpenSea

  • Unduh aplikasi MetaMask di situs Metamask.io
  • Setelah aplikasi terunduh maka Anda bisa langsung menginstalnya
  • Apabila MetaMask sudah terinstall, maka Anda bisa langsung menekan tombol Get Started pada boks dialog yang muncul
  • Klik “Create a Wallet” untuk membuat akun MetaMask
  • Anda akan diminta untuk membuat kata kunci, jika sudah maka klik “Create”
  • Selanjutnya Metamask akan menunjukkan  12 kata yang menjadi frasa seed. Frasa Seed ini sangat penting dan arus Anda ingat atau disalin ke tempat yang aman
  • Setelah menyimpannya, klik tombol “Save Seed Words as File” atau “I’ve Copied it Somewhere Safe”
  • Selesai, Anda telah memiliki akun MetaMask

Membuat Akun OpenSea

Selanjutnya Anda perlu membuka NFT marketplace website untuk membuat akun OpenSea. Dengan membuat akun OpenSea, Anda bisa melakukan transaksi baik menjual maupun membeli koleksi NFT.

Berikut ini ialah langkah untuk membuat akun OpenSea yang mudah dan cepat

  • Buka aplikasi browser pada perangkat Anda kemudian kunjungi website OpenSea pada opensea.io. Gunakan perangkat yang sama dengan yang Anda gunakan untuk membuat dompet digital MetaMask
  • Untuk memulai, Anda bisa mengklik ikon dompet lalu pilihlah dompet digital yang Anda punya, seperti MetaMask
  • Anda akan mendapatkan notifikasi dari MetaMask untuk mengkonfirmasi pendaftaran Anda. Klik Next untuk mengkonfirmasi pembuatan akun OpenSea
  • Anda akan kembali menerima notifikasi kedua, tekan Next untuk melanjutkan proses pembuatan akun OpenSea
  • OpenSea akan menampilkan ilustrasi yang mengatakan bahwa OpenSea telah terhubung dengan dompet digital MetaMask
  • Selesai, kini Anda sudah memiliki akun OpenSea

Cara Buat NFT di OpenSea

NFT opensea

Kini, berbagai karya seni memiliki pasar baru untuk Anda masuki. Salah satunya ialah pasar digital yang memiliki banyak pengguna dari berbagai negara.

Untuk bisa memasuki pasar ini, maka Anda perlu membuat NFT terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara buat NFT di OpenSea? Berikut ini ialah beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan

Menyiapkan Kaya Seni

Sebelum Anda membuat NFT OpenSea, Anda sudah terlebih dahulu untuk menyiapkan karya seni yang Anda akan jual.

Beberapa karya seni yang bisa dibuat ialah ilustrasi, foto, video, lukisan digital, dan berbagai karya lainnya. Pastikan bahwa karya yang Anda tawarkan unik sehingga memiliki nilai tambah. Hal penting yang harus Anda perhatikan ialah terkait hak cipta. Pastikan bahwa karya seni yang Anda tawarkan ialah karya orisinil sehingga tidak akan terjadi gugatan terkait hak cipta.

Upload Item NFT

Setelah menyiapkan karya seni terbaik, kini Anda akan masuk ke halaman pembuatan item NFT.

Anda bisa mengunggah file NFT tersebut dengan ukuran maksimal ialah 100 MB. Namun disarankan jika file memiliki ukuran dibawah 40 MB agar waktu pemuatan menjadi lebih cepat. Ketika mengupload NFT, jangan lupa untuk memberikan informasi yang lengkap terkait NFT yang Anda jual. 

Anda juga bisa mengatur konten agar bisa dilihat oleh semua orang dan memberi tahu apakah NFT yang Anda jual mengandung unsur sensitif atau tidak.

Memilih Blockchain NFT

Anda juga perlu untuk memilih blockchain NFT yang berfungsi untuk mencetak NFT. Terdapat banyak blockchain populer yang bisa dipilih, salah satu yang cukup populer ialah Ethereum. Anda bisa langsung mengklik “Create” untuk melakukan minting yakni mentokenisasi hasil karya ke blockchain. Pastikan ketika membuat NFT ini, Anda telah tersambung dengan dompet digital.

Cara Jual Beli NFT di OpenSea

NFT opensea

Sama seperti marketplace pada umumnya, OpenSea mempertemukan para pembeli dan penjual. Di platform NFT OpenSea ini, Anda bisa menjual NFT ataupun membeli koleksi NFT.

Berikut ini ialah cara beli dan jual NFT di OpenSea yang mudah

Cara Jual NFT di OpenSea

NFT merupakan sebuah karya digital yang sedang naik daun. Banyak seniman yang membuat NFT dan mempromosikannya.

Terlebih, beberapa NFT berhasil terjual dengan harga yang fantastis. Bahkan, NFT termahal yang terjual mencapai angka Rp 1 triliun.

Apakah Anda juga tertarik untuk menjual berbagai karya Anda dan mengubahnya menjadi NFT?

Berikut ini ialah cara jual NFT di OpenSea yang perlu Anda lakukan.

  • Pastikan Anda sudah membuat akun dan dompet digital kripto terlebih dahulu 
  • Masuk ke website OpenSea lalu klik gambar profil yang ada pada bagian kanan atas
  • Pilihlah NFT yang akan Anda jual dari dompet digital kripto. 
  • Apabila item NFT yang Anda buat sudah muncul, maka klik “Sell”. Anda akan masuk ke halaman untuk mengisi harga dan menentukan sistem penjualan. Terdapat dua sistem penjualan yakni “Fixed Price” atau harga tetap dan sistem lelang. 
  • Jika Anda menggunakan penjualan dengan sistem lelang, maka Anda bisa memilih harga awal dan juga durasi lelang apakah 1 hari, 3 hari atau 7 hari 
  • Dalam melakukan penjualan NFT OpenSea ini, Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar 12.5%. Biaya tersebut akan dikurangkan dari pendapatan yang berhasil Anda dapatkan. 

Cara Beli NFT di Opensea

Beberapa orang yang menyukai ilustrasi juga gemar untuk mengoleksi NFT. Terlebih jika NFT tersebut unik dan memiliki nilai tinggi.

NFT bisa kembali dijual kemudian hari dan memungkinkan pemiliknya untuk mendapatkan keuntungan.

Anda tertarik untuk membeli NFT di OpenSea? Berikut ini ialah beberapa cara beli NFT di OpenSea yang mudah

  • Pastikan Anda telah memiliki dompet digital dan akun OpenSea
  • Klik halaman explore dan Anda akan melihat berbagai koleksi NFT yang telah dipromosikan oleh para kreator
  • Anda bisa melihat berbagai NFT tersebut dan pilih sesuai dengan apa yang Anda inginkan
  • Jika sudah menemukan NFT yang tepat, maka Anda hanya perlu klik “buy” jika harga dari NFT tersebut adalah fixed price
  • Apabila harga dari NFT menggunakan sistem lelang, maka Anda bisa melakukan penawaran dengan mengklik “make an offer”. Ajukan harga kepada kreator dan tunggu sampai waktu lelang selesai
  • Setelah mendapatkan NFT, Anda bisa langsung klik “checkout”.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk login ke MetaMask untuk melakukan proses pembayaran. Pastikan saldo Anda cukup untuk membeli NFT yang Anda inginkan
  • Tunggu beberapa saat untuk memproses pembelian. Jika sudah selesai, maka NFT akan muncul di halaman profil akun OpenSea milik Anda

Bagaimana, apakah Anda sudah mengetahui berbagai hal penting terkait NFT OpenSea?

Dengan mempelajari NFT dan platformnya, karya seni Anda bukan tidak mungkin akan terjual dengan harga yang lebih tinggi. Bagi Anda yang merupakan seorang kolektor, Anda bisa mendapatkan karya seni yang unik dan eksklusif. Dengan membeli NFT, Anda bisa mendukung seniman dan kreator favorit secara finansial dan sah. Tentunya, Anda juga bisa memiliki hak penggunaan dasar dari karya seni yang Anda beli tersebut.

Dari banyaknya marketplace NFT yang tersedia, OpenSea masih menjadi salah satu marketplace populer dan terpercaya. Banyak kreator yang mengupload karyanya di platform ini dan banyak pembeli yang ingin menemukan karya terbaik. Apakah Anda juga tertarik untuk membuat, menjual, atau membeli NFT di OpenSea?

Ikuti berbagai langkah diatas dan mulai investasi baru yang seru dan menyenangkan.

Bagikan untuk teman:

Leave a Reply

Copyright © 2021 PT. Gudang Pelangi Indonesia