sukistreet
Cara Aktifkan Instagram (IG) Dark Mode di Android & iOs

Cara Aktifkan Instagram (IG) Dark Mode di Android & iOs

Belum lama ini, Google menghadirkan dark mode pada sejumlah aplikasinya, dan juga OS Android. Gmail segera menyusul mendapatkan mode gelap ini. Facebook pun tidak ketinggalan dengan menghadirkan mode gelap pada Facebook Messenger. Update mode gelap ini menular ke aplikasi Facebook yang lain. Baru-baru ini, WhatsApp mode gelap telah di ujicoba, dan sekarang ini, dark mode Instagram (IG) resmi dirilis pada bulan Oktober 2019.

Instagram (IG) Dark mode hanya dapat tersedia apabila sistem operasi ponsel pintar Anda sudah tersedia fitur night mode secara built in atau telah menjadi fitur bawaan dari suatu OS. Untuk sekarang ini, sistem operasi yang mendukung dark mode di Instagram adalah Android 10, serta iPhone dengan iOS 13. Contoh smartphone dengan Android 10 adalah Samsung Galaxy S10, Samsung dengan One UI, Redmi Note 7 Pro dan Xiaomi dengan MIUI 10.

Baca Juga :

Cara Aktifkan Instagram Dark Mode di iOS

Cara Ganti Dark Mode Instagram di iPhone dengan iOS 13

Instagram secara resmi telah merilis dark mode untuk sistem operasi (OS) iOS. Fitur ini hadir mengikuti Apple yang merilisnya pada iOS terbaru (iOS 13) untuk tahun 2019 ini. Latar belakang fitur ini hadir di Instagram hadir dengan warna hitam dan teks putih. Fitur ini menjadikan mata jadi lebih nyaman saat berselancar di Instagram dan bisa menghemat baterai. Keunggulan tersebut membuat banyak pemakai Instagram tertarik menggunakan fitur mode gelap.

Akan tetapi, tombol khusus guna aktifkan dan non aktifkan fitur mode gelap di Instagram tidak disediakan oleh pengelolanya. Meski terlihat tidak mudah karena tidak ada tombol yang praktis, tetapi cara mengaktifkannya tidak lah sulit. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan dark mode Instagram di iOS!

Pastikan OS iPhone Mendukung Mode Gelap

Untuk mengaktifkan dark mode Instagram di iOS, Anda harus memastikan bahwa sistem operasi iPhone sudah mendukung mode gelap. Saat ini, iOS yang mendukung fitur ini hanya iOS 13 yang merupakan sistem operasi iPhone terbaru pada tahun 2019 ini. Agar fitur ini bisa berhasil diaktifkan di Instagram, maka pastikan iPhone kalian memiliki iOS 13.

Nyalakan Fitur Mode Gelap iPhone

Jika iPhone Anda sudah dipastikan memiliki iOS 13 sebagai sistem operasinya, langkah selanjutnya adalah menyalakan fitur mode gelap yang sudah built in di iPhone. Untuk menyalakannya, masuklah ke bagian settings, pilih display, dan opsi dark mode.

Loading…

Update Instagram

Selepas menyalakan dark mode iPhone, Anda harus mengunduh atau memperbarui aplikasi Instagram ke versi paling baru. Versi Instagram paling anyar bisa Anda dapatkan dengan mudah via toko resmi aplikasi Apple App Store.

Jalankan Instagram

Jika instalasi atau pembaruan Instagram di iPhone sudah selesai dikerjakan, maka buka aplikasi jejaring sosial berbagi foto tersebut. Ketika terbuka, tampilan default Instagram otomatis berubah jadi gelap. Apabila Anda ingin merubah tampilan Instagram kembali ke aslinya, maka non aktifkan mode gelap iPhone dengan cara kembali ke settings, pilih display, dan non aktifkan mode gelap.

Baca Juga :

Cara Aktifkan Instagram Dark Mode di Android

Cara Aktifkan Dark Mode Instagram di Android 10

Meski belum dirilis secara resmi, pemakai smartphone dengan OS Android sudah dapat menikmati dark mode di Instagram. Anda bisa menikmati fitur ini dalam versi beta. Untuk dapat mengaktifkan dark mode Instagram di Android, ikuti langkahnya di bawah ini!

Pastikan Smartphone Ada Fitur Night Mode

Google telah memasukkan fitur dark mode system wide pada sistem operasi Android 10. Pastikan ponsel pintar Anda mempunyai sistem operasi Android tersebut, atau aplikasi One UI, dan atau aplikasi MIUI 10. Bila sudah dipastikan, maka Anda bisa mengikuti langkah selanjutnya!

Aktifkan Mode Gelap di Ponsel

Langkah selanjutnya setelah OS kalian dipastikan Android 10, memiliki One UI, dan atau MIUI 10, maka aktifkan night mode di ponsel. Untuk Android 10, masuk ke Settings, pilih display, ganti ke Night Mode. Untuk One UI dan MIUI 10, pengaktifannya sama dengan Android 10.

Ikut Program Instagram Join Beta

Akibat belum resmi dirilis untuk sistem operasi Android dan baru tersedia dalam versi beta, maka Anda harus memakai instagram program beta yang bisa diakses via Google Play Store. Pertama carilah opsi join beta di halaman Play Store aplikasi Instagram. Kemudian klik tombol join, dan tunggulah beberapa saat. Bila ke luar pesan slot sudah penuh, maka Anda gagal dan belum bisa mencoba. Jadi untuk saat ini, pemakai Android harus berebutan untuk memakai dark mode Instagram. Siapa cepat, dia dapat. Bila berhasil ikuti langkah selanjutnya!

Instalasi Instagram Beta

Apabila Anda telah berhasil gabung di dalam uji coba beta Instagram, maka langkah selanjutnya adalah mengunduh Instagram versi beta. Jalani proses instalasi hingga selesai, kemudian buka aplikasi Instagram. Tampilan Instagram akan secara default perlihatkan mode gelap.

Demikian lah informasi mengenai dark mode Instagram (IG). Untuk Anda yang tertarik memakai mode gelap di Instagram, cobain deh caranya, dijamin berhasil. Jangan lupa, tunggu informasi terbaru lainnya tentang media sosial dan gadget hanya di Kabar Games!

Bagikan untuk teman:
Loading...