legend-banner
Berapa Umur Goku yang Sebenarnya? Ini Jawabannya

Berapa Umur Goku yang Sebenarnya? Ini Jawabannya

Dragon Ball merupakan salah satu manga dengan penggemar terbanyak di dunia. Buah karya Akira Toriyama ini pertama kali muncul di Weekly Shonen Jump dan tankobon, yakni terbitan dalam bentuk monograf pada tahun 1984. Tak pernah terlihat layu, Dragon Ball kemudian dirilis ke dalam anime. Salah satu serinya adalah Dragon Ball dan Dragon Ball Z yang tayang di Jepang dari tahun 1986 hingga 1996. Dari sekian banyak seri, topik yang cukup sering diperbincangkan adalah mengenai umur Goku, sebab dalam serial yang berbeda, Goku tampak lebih muda.

Dragon Ball sebenarnya bukanlah karya pertama Akira Toriyama. Sebelumnya Akira Toriyama membuat manga tentang petualangan Son Goku, ia telah lebih dulu membuat manga terkenal lain berjudul Dr. Slump. Yang mana manga ini menceritakan tentang doktor jenius yang sanggup membuat robot cyborg anak-anak dengan kekuatan super.

Baca Juga :

Sayangnya, manga itu mentok dan tidak berkembang setelah mendapatkan kesuksesan pada awal tahun 80-an. Hingga akhirnya Toriyama mendapatkan ide segar dari istrinya membuat cerita tentang kungfu. Yang saat itu istri Toriyama merupakan penggemar berat Drunken Master Jackie Chan dan Enter the Dragon Bruce Lee. Tak lama setelah itu, Akira Toriyama dibanjiri ide segar. Setidaknya ada tiga acuan yang kemudian ia gunakan untuk membuat karya terbarunya.

Lahirlah Dragon Ball Akira Toriyama yang bercerita tentang tokoh protagonis utamanya, Goku. Diawali dari cerita tentang Goku yang hidup berkelana sendirian hingga akhirnya memiliki banyak teman. Yang rata-rata merupakan musuh Goku yang kalah tapi tidak mati atau hidup kembali, hingga Goku memiliki keluarga.

Setelah sekian lama berkelana sebenarnya berapakah usia Goku? untuk membahas hal tersebut, kita akan urut sesuai alur ceritanya. Pahlawan Saiyan tersebut tumbuh diceritakan dari mulai anak- anak muda di awal seri manga hingga menjadi seorang pria dewasa dan kembali lagi menjadi ukuran anak kecil di Dragon Ball GT. Berikut adalah penjelasan detail umur Goku.

Goku di Dragon Ball

Goku di Dragon Ball

Goku pertama kali ditemukan Bulma ketika mencari tujuh bola naga, dalam salah satu alur Goku menyebutkan bahwa dia berusia 11 tahun. Goku menemani Bulma, Yamcha, dan lain-lain untuk menghentikan Kaisar Pilaf dan pasukannya agar tidak menggunakan bola naga untuk menguasai dunia.

Loading…

Di usianya yang sebelas tahun Goku berlatih bersama Master Roshi dan juga Krilin untuk mempersiapkan Turnamen Seni Bela Diri Dunia ke-21 di mana ia berada. Tiga tahun sebelum Turnamen Seni Bela Diri Dunia ke-22, Goku membongkar gerakan Tentara Pita Merah yang jahat di mana ia dikalahkan oleh Tien, pada usia 15 tahun.

Segera setelah turnamen, Goku dan teman-temannya mengalahkan Raja Piccolo. Setelah itu Goku berlatih bersama mister popo untuk mempersiapkan diri mengikuti Turnamen Seni Bela Diri Dunia ke-23. Sebagai pemuda berusia 18 tahun, ia berhasil mengalahkan Piccolo dan menikahi Chi Chi tak lama setelah itu.

Baca Juga :

Goku di Dragon Ball Z

Dragon Ball Z

Dragon Ball Z merupakan cerita lima tahun setelah berlalunya akhir cerita Dragon Ball, yang secara teknis seharusnya usia Goku di alur ini adalah 23 tahun. Dalam alur Dragon Ball Z Goku memiliki anak laki-laki berusia lima tahun bernama Gohan. Setelah mengetahui warisan Saiyannya yang sebenarnya yang di dapat dari saudara Goku yang bernama Raditz yang telah lama hilang, Goku mengorbankan hidupnya demi Piccolo untuk membunuh Raditz sekali dan untuk selamanya.

Saat Z Fighters berlatih di Bumi untuk menyambut kedatangan Raditz, Vegeta dan Nappa, Goku berlatih di alam baka. Setelah dibangkitkan dengan Dragon Ball, secara fisik Goku tetap berusia 23 tahun tetapi dilihat dari kronologis cerita Goku berusia 24 tahun saat ia melawan Vegeta.

Setelah mengalahkan Frieza, Goku menghabiskan tiga tahun pelatihan dengan Z Fighters untuk menyambut kedatangan android yang diprediksi oleh Trunks dari masa depan. Selama masa ini, Goku secara fisik berusia 26 tahun, namun secara alur cerita usia Goku menginjak 27 tahun. Situasi ini dirasa berbahaya bagi Goku sehingga ia memutuskan untuk di Hyperbolic Time Chamber – sebuah kamar di dalam Pengawasan surgawi yang sebagian besar tidak terpengaruh oleh waktu di dunia luar.

Goku keluar dari tempat latihan ini secara fisik dan kronologis berusia 27 tahun ketika mengikuti turnamen Cell Game. Dalam cerita ini Goku lagi-lagi mengorbankan dirinya untuk mengalahkan Cell dan menyelamatkan Bumi. Dikisahkan Goku mati selama tujuh tahun sebelum akhirnya dibangkitkan kembali oleh Kai untuk mengalahkan Majin Buu.

Meskipun secara fisik Goku berusia 27 tahun, namun secara kronologis ia berusia 34 tahun setelah mengalahkan Buu. Setelah itu serial Dragon Ball mengalami loncatan waktu 10 tahun untuk epilog. Goku sekarang secara fisik berusia 37 dan secara kronologis 44, sementara Vegeta juga menunjukkan perlambatan penuaan Saiyans ketika mencapai puncak fisik.

Goku di Dragon Ball GT

Goku di Dragon Ball GT

Pada akhir Dragon Ball Z, Goku pun pergi untuk berlatih dengan Uub yaitu reinkarnasi dari Kid Buu. Dragon Ball GT dibuka lima tahun kemudian setelah berlatih dengan Uub selesai. Alur Ini membuat Goku secara fisik berusia 42 tahun dan secara kronologis 49.

Namun, dalam cerita ini umur goku dikembalikan ke usia sebelas tahun ketika Kaisar Pilaf secara tidak sengaja menggunakan Dragon Balls Bintang Hitam untuk mengembalikan Goku ke zaman ketika ia pertama kali bertemu dengannya. Yang secara otomatis menjadikan Goku seorang anak berumur sebelas tahun namun tidak menghilangkan kecerdasan usia 49 tahunnya.

Goku membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk memulihkan Dragon Ball Bintang Hitam meskipun ia akhirnya tidak berhasil menggunakannya untuk menyelamatkan Bumi. Pada kehancuran Bumi, Goku sekarang secara fisik berusia 12 tahun tetapi secara psikologis ia berusia 50 tahun.

Setelah itu, seri mengalami lompatan waktu satu tahun untuk akhir cerita klimaksnya membuat Goku secara fisik berusia 13 tahun tetapi secara psikologis 51 tahun. Dragon ball GT memiliki acara televisi khusus yang berlangsung sekitar abad ke masa depan setelah Goku bergabung dengan Eternal Dragon, yang membuat ia kembali muncul sebagai orang dewasa di puncak fisiknya. Meskipun usia fisiknya yang tepat tidak diketahui, ini akan membuatnya sekitar 51 tahun secara psikologis pada akhir cerita GT.

Goku di Dragon Ball Super

umur Goku di Dragon Ball Super

Keseluruhan Dragon Ball Super terjadi dalam lompatan 10 tahun semenjak kekalahan Majin Buu di akhir Dragon Ball Z dan akhir cerita berikutnya. Dragon Ball Super mulai sekitar empat tahun sebelum peralihan waktu yang membuat Goku secara fisik berusia 31 tahun tetapi secara psikologis 38 tahun. Setelah awal seri, Goku dan Vegeta berlatih selama setahun di bawah Beerus dan Whis.

Pada akhir seri anime dan film animasi sekuel Dragon Ball Super: Broly, Goku secara fisik memiliki umur 32 tahun dan secara psikologis berusia 39 tahun. Sementara telah ada kelanjutan manga dari seri di luar peristiwa Broly. Kesimpulan yang tepat tentang berapa tahun umur Goku belum pasti. Namun, karena alur akhir cerita dragon ball Z masih belum terjadi, artinya Goku masih belum mencapai 40 tahun secara fisik, kira-kira seperti itu.

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...