legend-banner
Begini Cara Mudah Gamer Mendapatkan Uang dari Steam

Begini Cara Mudah Gamer Mendapatkan Uang dari Steam

Bagi para penggemar game PC tentunya kalian sudah tidak asing dengan Steam. Yap, platform distributor game inilah yang memberikan kemudahkan kepada developers dan publishers untuk memasarkan game-game miliknya hingga sampai ketangan kamu. Tapi, tahukah kalian ternyata kalian bisa mendapatkan uang dari Steam?

Lantas, bagaiamana cara mendapatkan uang dari Steam? Cara mendapatkan uang dari Steam sendiri ada banyak macamnya. Penasaran seperti apa caranya? Daripada kalian penasaran, yuk langsung saja intip caranya.

Baca Juga :

Jual Card

Jual Card Steam

Cara pertama mendapatkan uang di Steam yang bisa kamu coba yakni dengan menjual card. Dalam platform ini, terdapat semacam reward yang akan kamu terima ketika kamu memainkan game yang ada di PC. Bentuk penghargaan tersebut biasanya berupa kartu, nah kartu ini nantinya bisa kamu jual untuk kemudian diuangkan. Berikut adalah cara mendapatkan uang dari Steam untuk beli games dan item melalui jual card:

  • Buka website Steam.
  • Buka halaman account kamu, biasanya terletak di pilihan paling kanan dari tampilan menu.
  • Pilih sub menu inventory. Kamu bisa melihat card yang diberikan Steam maupun item-item dari game di PC.
  • Pilih menu Steam yang ada di bagian paling kiri. Di menu ini semua card yang kamu miliki akan ditampilkan.
  • Klik kartu yang ingin dijual. Namun harganya juga tidak mahal, hanya sekitar Rp. 500 sampai Rp. 2.000 saja. Tapi sangat berguna jika kamu memiliki jumlah card yang banyak.
  • Pada sebelah kanan yaitu di menu informasi, klik “sell”.
  • Pada menu sell, akan muncul harga kartu dan berpaa banyak orang yang tertarik.
  • Kamu juga bisa menentukan harga jual sendiri, klik pada “you receive” dan ketikkan angka. Pastikan harganya tidak jauh dari harga yang ada.
  • Jangan lupa centang pada agreement nya.
  • Klik put it up for sale. Maka kartu kamu akan terjual, dan saldo akan otomatis bertambah ketika ada yang membelinya.

Tukar Kartu dengan Teman

Tukar Kartu dengan Teman

Sebenarnya, cara ini bukan terfokus pada bagaimana mendapat cara mendapatkan uangnya. Namun lebih kepada cara kamu mendapatkan kartu dalam jumlah banyak. Asal kamu tahu, banyak pengguna Steam yang tidak menyadari bahwa kartu dari stream bisa dijual dengan rupiah yang bervariasi.

Jika kamu oportunis sejati, kamu bisa meminta tiap kartu yang teman kamu miliki. Atau kalau tidak, kamu bisa melakukan tukar kartu harga “termurah” kepada teman kamu dan meminta dia memberikan card dengan nilai yang lebih mahal (kalau dia maau). Tentu hal ini sangat menguntungkan sehingga bisa mendapatkan uang lebih ketika menjualnya kembali.

Loading…

Jual Item yang Sudah Tidak Dipakai

Jual Item yang Sudah Tidak Dipakai

Selain menjual kartu, daripada hanya memenuhi inventory, kamu juga bisa menjual beberapa item yang sudah tidak dipakai. Berikut caranya:

Baca Juga :

  • Buka website Steam.
  • Buka community lalu pilih market.
  • Pilih sell an item.
  • Klik item yang ingin kamu jual, lalu klik sell.
  • Tentukan harga jualnya, lalu klik put it up for sale.

Investasi Item

Investasi Item di Steam

Layaknya konsep ekonomi yang cenderung mengalami kenaikan harga saat tingginya permintaan, kamu juga bisa memanfaatkan konsep ini untuk mendapat keuntungan di Steam. Caranya, beli item-item yang kamu yakin dikemudian hari nanti harganya akan naik.

Misalnya, Skin Dota 2 bertipe Immortal yang kemungkinan harganya akan naik dalam kurun waktu tertentu. Apalagi jika Dota 2 baru saja merilis item terbaru dari hero tersebut. Biasanya akan banyak pemain yang berburu item tersebut.

Manfaatkan Community Market

Manfaatkan Community Market

Tips selanjutnya untuk mendapatkan uang di Steam yakni dengan memanfaatkan Community Market. Sebagaimana kamu tahu, di dalam Steam, ada fitur yang namanya Community Market. Dengan fitur ini kamu dapat memperjual belikan item-item dari judul game tertentu. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Jika beruntung kamu bisa mendapat item langka seperti skin CS:GO yang harga jualnya mencapai jutaan rupiah.

Bikin Booster Pack

Bikin Booster Pack

Langkah terkahir yang bisa kalian coba lakukan untuk mendapat uang dari Steam adalah dengan membuat Booster. Untuk bisa membuat Booster kamu perlu sedikit modal untuk membeli kartu. Setelah memiliki kartu, selanjutnya kamu bisa menghancurkannya kemudian ubah menjadi Gems.

Nah Gems inilah yang nantinya bisa kamu pakai untuk membuat Booster Pack. Setelah jadi, jualah Booster Pack tersebut. Biasanya kartu hasil Booster Pack memiliki harga jual yang lebih mahal.

Cara Menukarkan Uang untuk Membeli Item

Banyak yang bertanya apakah uang yang berhasil didapatkan baik itu melalui jual kartu, tukar card, maupun menjual item, bisa digunakan untuk membeli game atau item baru. Jawabanya sangat bisa. Caranya, tinggal jelajahi menu home dan klik “add to cart” pada permainan tersebut, kemudian lakukan proses pembayaran selanjutnya.

Selain dapat digunakan untuk membeli game dan item baru, saldo pada Steam wallet juga bisa diuangkan. Namun tentunya harus menunggu waktu yang lama, mengingat ada batas minimal dan harga jual dari kartu atau item.

Seperti itulah cara mendapatkan uang dari Steam, Berminat untuk mencoba? Nantikan terus informasi menarik tentang game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Jangan lupa Kru KaGe tunggu komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...