legend-banner
Basmi Cheater, Garena Free Fire Banned Permanent 1,18 Juta Cheater

Basmi Cheater, Garena Free Fire Banned Permanent 1,18 Juta Cheater

Garena Free Fire baru saja merilis laporan yang menyebut pihaknya telah melakukan banned permanent terhadap cheater dalam game Free Fire. Sejak program anti-cheat yang diberi nama operation cutcord, diterapkan pada 3 Mei 2020 lalu, Garena berhasil membasmi sebanyak 1,18 juta akun yang telah terbukti menggunakan program ilegal atau cheat.

Langkah ini terpaksa diambil menginggat jumlah pengguna cheat dalam game Free Fire mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Belum lagi adanya kasus pro player yang kedapatan menggunakan program ilegal dalam sebuah turnamen memaksa Garena mengaktifkan Operation Cutcord.

Baca Juga :

Laporan menyebutkan, diketahui semua akun yang tertangkap oleh sistem keamanan Free Fire, operation cutcord, menggunakan skrip atau program yang telah dimodifikasi. Garena mengaku, langkah ban permanent yang diambil pihaknya semata-mata hanya untuk menjaga permainan yang adil dan menjaga pengalaman bermain yang jujur untuk semua pemain.

“Kami berusaha untuk menjaga permainan yang adil dan menjaga pengalaman bermain yang jujur untuk semua pemain,” tulis Garena, dalam fanpage resmi Garena Free Fire di Facebook, dikutip pada Kamis (11/6/2020).

Lebih lanjut Garena meminta kepada para survivor untuk tidak mengakses game Free Fire menggunakan aplikasi yang tidak berlisensi alias ilegal. Garena menyarankan supaya para pemain untuk mengunduh game Free Fire melalui App Store atau Play Store.

“Harap terus laporkan cheater melalui fungsi pelaporan dalam game. Mari kita menjaga dan membangun Free Fire yang lebih baik untuk kepentingan bersama,” tutup Garena.

Sistem Operation Cutcord

Sistem Operation Cutcord

Garena nampaknya tidak main-main dengan para cheater yang mencoba merusak game Free Fire. Diketahui, sejak melakukan update patch terbaru pada 8 April lalu, program anti-cheat yang dioperasikan Garena menunjukkan peningkatan jumlah laporan tentang akun yang terindikasi menggunakan cheat.

Walhasil, untuk menjaga permainan agar tetap kondusif, Garena berhasil mem-banned sebanyak 3,8 juta akun cheater. Yang mana 700 ribu diantaranya merupakan hasil laporan pemain lain. Sedangkan sisanya merupakan hasil dari operasi sistem anti-hack operation cutcord yang dijalankan Garena.

Loading…

“Sistem anti-hack yang telah disempurnakan sukses menghapus sekitar lebih dari 3,8 juta akun cheater yang menggunakan program pihak ketiga. Tapi ini belum berakhir,”

Tak sekedar memblokir, melalui operasi ini pula Garena mencoba mencari celah untuk bisa memberikan proteksi supaya cheater yang sudah terkena ban tidak bisa terus menerus membuat akun baru. Garena juga memberlakukan banned device, dimana smartphone yang digunakan pemain akan masuk dalam blacklist developer.

“Kami tengah mencari skrip dan juga memperbaiki beberapa kekurangan teknologi pada client game kami, dengan cheater akan dihukum setelah pertandingan berakhir, mencegah pemain yang terus menerus membuat akun baru, serta sejumlah terobosan baru lainnya,” tulis rilis tersebut.

Update Terbaru Free Fire

Update Terbaru Free Fire

Baca Juga :

Demi mendapat pengalaman terbaik, Free Fire kembali mendapatkan update terbaru pada 3 Juni 2020 lalu. Tidak hanya meningkatkan sistem anti cheat, pada update kali ini Garena juga menghadirkan item senjata, karakter serta pet terbang baru.

Untuk senjata, Garena menghadirkan senjata baru, Barrett M82B. Dilengkapi dengan Tip Balistik khusus, senjata ini sangat cocok digunakan oleh Sniper. Pasalnya, senjata ini mampu menembus gloo wall, yang mana jika ada pemain yang bersembunyi di belakang dinding gloo wall akan terkena damage sebesar 80%. Senjata yang tersedia di Hot Zone (Classic Mode) dan Clash Squad Store ini memiliki statistik yang terdiri dari Rasio Damage: 165, Kapasitas Magazine: 8, Movement Speed: 90%, dan Armor Penetration: 30%.

Sementara dari sisi karakter, ada karakter baru bernama Wolfrahh yang memiliki skill yang unik. Betapa tidak, karakter digambarkan sebagai streamer ini akan menjadi lebih kuat ketika ditonton oleh banyak orang. Wolfrahh dibekali dengan kemampuan mengurangi damage yang diterima dari headshots hingga 30%, dan meningkatkan damage ke musuh sampai 25%.

Memasuki fase pertama pemain dapat menggunakan mode Clash Squad Rank. Dimana mode ini memungkinkan pemain untuk dapat bermain secara acak. Pemain yang ikut berpartisipasi dan berhasil mencapai Gold III berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa Golden Eagle.

Hadirnya sistem operation cutcord disebut-sebut mampu menurukan jumlah pengguna cheat dalam game Free Fire. Bahkan Garena mengklaim hingga saat ini total ada sekitar 4 juta lebih akun yang telah di banned oleh sistem Operation Cutcord.

Garena Free Fire berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja sistem keamanan agar dapat mendeteksi cheat dengan lebih cepat. Garena juga tidak akan mentolerir cheater dengan alasan apapun. Oleh karenanya, Garena mengajak para pemain untuk turut membantu Garena memberantas para cheater dengan tidak segan melaporkan jika menemukan pemain yang terindikasi menggunakan program pihak ketiga.

Kalian sendiri bagaimana, pernah bertemu cheater menyebalkan di game Free Fire? Atau justru kalian sendiri yang menggunakan program ilegal itu? Terserah kalian deh ya, yang jelas ada konsekuensi dari setiap tindakan yang kalian ambil. Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game dan anime hanya di Kabar Games.

Bagikan untuk teman:
Loading...