Android 10 (Q): Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu

Android 10 (Q): Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu

Android versi terbaru yang di gadang – gadang akhirnya akan datang sebentar lagi. Android ini memiliki banyak fitur baru, pembaruan yang berfokus pada privasi, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, Android ini tidak lagi menggunakan nama makanan penutup seperti versi sebelumya. Android Q secara resmi akan menggunakan nama “Android 10“.

Perubahan nama ini akan membawa banyak inovasi dalam peluncurannya nanti. Ingin tahu lebih banyak tentang Android 10? Berikut ini adalah semua hal yang Kamu perlu ketahui tentang Android 10!

Baca Juga :

Resmi di Sebut Sebagai Android 10

Selama beberapa bulan terakhir spekulasi tentang nama Android Q tidak habis-habisnya dibicarakan. Sejak Android 1.5 Cupcake yang menggunakan nama makanan penutup yang enak, maka lain halnya dengan Android Q. Google secara resmi menyatakan telah selesai dan tidak ingin memberikan nama makanan pencuci mulut lagi namun beralih ke skema penamaan numerik yang lebih sederhana. Dengan demikian, nama resmi Android Q adalah “Android 10.”

Untuk pertama kalinya sejak 2014, Google menyegarkan tampilan Android dengan nuansa merek yang terdiri dari logo yang dirancang ulang secara mencolok serta menampilkan kepala robot hijau. Sehingga setiap kali Anda melihat teks logo Android, sekarang Anda juga akan melihat robot kecil itu.

Meskipun terlihat keren dilihat karena Google fokus menempatkan robot Android yang besar, namun satu-satunya yang tersisa hanyalah kepalanya saja, seluruh tubuhnya hilang untuk selamanya. Sistem operasi pada Android tetap sama, tetapi untuk gambarnya terdapat perubahan cukup drastis. Logo terlihat lebih ‘clean’ dan terlihat lebih lucu saat nama makanan penutup digantikan oleh angka.

Preview dan Versi Beta Android 10

Seperti yang sudah-sudah pada waktu perilisan, Google meluncurkan preview dari pengembang untuk versi Android terbaru pada bulan Maret, yang akan diikuti dengan versi beta, dimana siapa saja bisa menguji coba versi beta ini pada bulan Mei ketika menyelenggarakan konferensi Google I/O tahunan. Tahun ini, Google memutuskan untuk melakukan hal-hal sedikit berbeda dengan menyelenggarakan preview pertama dari pengembang dan uji coba versi beta di hari yang sama pada 13 Maret 2019.

Pada tanggal 3 April, Beta 2 dirilis dengan beberapa perbaikan bug dan fitur baru. Ini diikuti dengan Beta 3 yang diluncurkan Google pada 7 Mei selama konferensi I/O tahunannya, dan pada 5 Juni, Beta 4 memulai debutnya. Beta 5 turun pada 10 Juli, dan yang terbaru, Beta 6 (beta terakhir) diluncurkan pada 7 Agustus 2019.

Loading…

Selain ponsel Pixel, Anda juga dapat mendaftar di Android 10 beta untuk OnePlus 6T, Sony Xperia Z3, dan LG G8. Faktanya, versi beta ini digunakan untuk 20 ponsel di 12 produsen. Setelah masuk ke akun Anda dan memilih perangkat yang ingin Anda daftarkan dalam versi beta, Anda akan menerima pembaruan over the air di ponsel Anda untuk mendownload dan menginstal Android 10.

Fitur Terbaru Android 10

Preview dan Versi Beta Android 10

Baca Juga :

Seperti yang diharapkan dari setiap versi Android keluaran Google, Android 10 penuh dengan semua jenis fitur terbaru. Kita mungkin akan diperkenalkan lebih banyak fitur karena pembaruan beta dirilis sepanjang tahun menjelang rilis final, bahkan sekarang ada banyak hal yang harus diperhatikan dari Android 10 ini. Berikut ini fitur terbaru dari Android 10 (Q):

  • Kontrol Privacy yang lebih baik
  • Memiliki Fitur Dark Mode
  • Memiliki fitur perubahan warna dan tema
  • Memiliki fitur native screen recording
  • Memiliki native desktop mode
  • Sistem pengaturan yang flexibel
  • Halaman info di App memberikan lebih banyak informasi
  • Sharing shortcut lebih cepat
  • fitur notifikasi menjadi lebih canggih
  • Kemudahan sharing wifi dengan QR code
  • Aplikasi pihak ketiga memberikan efek yang lebih baik
  • Bisa menggunakan dual sim card

Tombol ‘Back’ akan Hilang

Tombol ‘Back’ Android 10 akan Hilang

Tombol ‘back’ sebagai icon yang telah melekat di Android, secara resmi akan hilang di Android 10. Alih alih menggunakan navigasi berbasis gestur pie yang menjaga tombol back, Android 10 hadir dengan fitur metode berbasis navigasi sepenuhnya. Swipe ke atas berarti kembali ke home, swipe up dan hold akan menunjukan menu multitasking, dan swipe dari tepi kiri atau kanan layar Anda maka akan kembali ke layar sebelumnya dan sesudahnya.

Itu adalah perubahan yang cukup besar untuk navigasi Android, dan menurut Google, ini merupakan  pengembangan desain aplikasi sehingga dengan first swipe akan membuka side menu dan double swipe akan membawa Anda kembali.

Memiliki White Dark Theme

Memiliki Fitur Dark Mode

Setelah bertahun-tahun akhirnya Google mengkonfirmasi bahwa Android 10 akan memiliki wide dark tema yang dapat dinyalakan dan dimatikan kapan saja melalui icon pengaturan. Ada yang lebih baik lagi, Google juga membuat API baru yang dapat digunakan pengembang untuk membuat aplikasi mereka menuju ke dark theme juga ketika system wide dihidupkan.

Pilihan Opsi Tema yang Baru

Pilihan Opsi Tema yang Baru

Mampu menyesuaikan ponsel sepenuhnya adalah salah satu hal yang membuat Android sangat hebat, dan dengan Android 10 sesuatu yang menarik terjadi pada halaman depan. Awalnya ditemukan dalam opsi pengembang di Beta 1, ada pengaturan untuk mengubah warna aksen seluruh User Interface.

Pada 7 Agustus dan Beta 6, warna yang tersedia meliputi: Biru (default), hitam, hijau, ungu, cinnamon, ocean, space, dan orchid. Di Beta 2, aplikasi baru muncul yang disebut “Pixel Theme.” Meskipun belum cukup berfungsi, dapat diasumsikan ini adalah tempat alat kustomisasi akan di letakan pada versi final.

Real Time Live Caption

Live Caption Android 10 in Real Time

Teks tertutup sangat penting bagi orang tuli dan orang mengalami kesulitan mendengar agar dapat memahami apa yang dikatakan dalam video, podcast, game, atau bentuk media lainnya yang menggunakan kata-kata dalam pengucapan. Android 10 hadir dengan fitur yang disebut “Live Caption” untuk membantu mengatasi permasalahan ini.

Live caption mampu memberikan caption secara real time untuk semua hal di Android 10 tepat pada waktu orang tersebut berbicara, dan bagian terbaiknya adalah, ini tidak memerlukan koneksi internet sama sekali!

Perubahan Besar di Permissions

Perubahan Besar di Permissions

Privasi adalah masalah yang lebih besar daripada sebelumnya, dan dengan Android 10, Google menerapkan beberapa fitur baru untuk mengizinkan aplikasi membantu memberikan pemahaman yang lebih baik kepada Anda, dan kontrol yang lebih besar dapat diakses oleh aplikasi di ponsel Anda.

Menurut artikel yang diposting oleh Google Blog, aplikasi yang menanyakan lokasi Anda sekarang akan mengungkapkan pop-up sepanjang waktu dengan menanyakan apakah Anda ingin memberikan akses lokasi, hanya ketika aplikasi sedang digunakan, atau tidak sama sekali. Selanjutnya, Google mencatat bahwa:

Di Android Q, OS memberikan control lebih besar kepada pengguna atas aplikasi serta mengendalikan akses ke file bersama. Pengguna juga dapat mengontrol akses aplikasi ke foto dan video atau koleksi Audio melalui runtime permissions yang baru.

Untuk mendownload, aplikasi harus menggunakan sistem file yang memungkinkan pengguna untuk memutuskan file mana yang telah di download agar dapat diakses oleh aplikasi.

Halaman “Permissions usage” pada pengaturan telah sepenuhnya dirombak untuk menunjukkan banyaknya aplikasi yang telah diizinkan, kemampuan untuk memfilter berdasarkan izin berfungsi untuk melihat aplikasi tertentu mana yang di gunakan, dan user interface baru untuk halaman “App Info” .

Pembaruan Menu Share

Pembaruan Menu Share

Menu share di Android agak terlalu berantakan memang untuk sementara waktu. Secara fungsionalitas baik-baik saja, tetapi secara perlahan akan melambat untuk membuka aplikasi, apa pun handphone yang Anda gunakan. Untungnya, Android 10 mengatasi ini. Google secara singkat menyebutkan ini dalam posting blog-nya bahwa “Fitur sharing akan langsung bisa me-load secara instant, karena shortcut ini menggunakan sistem yang paling advance”. Dalam penggunaan sehari-hari, sepertinya ini akan menjadi salah satu pembaruan yang terbaik.

Support yang Lebih Baik untuk Foldable Phone

2019 akan menjadi tahun di mana ponsel foldable atau lipat akhirnya masuk pasar, dan untuk memastikan perangkat baru ini sebaik mungkin, Google 10 Android dioptimalkan dengan fitur dan pengalaman khusus untuk ponsel yang dapat dilipat. Menurut Google:

Kami telah membuat sejumlah peningkatan di Android Q, termasuk perubahan pada resume dan onPause untuk mendukung multi-resume dan memberi tahu aplikasi Anda ketika sedang aktif. Kami juga telah mengubah cara kerja atribut manifes resizeable activity, untuk membantu Anda mengelola aplikasi yang ditampilkan di layar lipat dan besar.

Perubahan ini jelas dimaksudkan untuk pengembang, tetapi pada akhirnya, itu akan menghasilkan Android 10 yang dioptimalkan dengan benar untuk foldable phone dari semua bentuk dan ukuran.

Kapan Android 10 Akan Dirilis?

Kapan android 10 rilis

Pada 13 Maret 2019, Android 10 Beta 1 diluncurkan dan tersedia untuk di download pada seri Pixel, Pixel 2, dan Pixel 3. Beta 2 dirilis pada 3 April, Beta 3 debut pada 7 Mei selama Google I / O, Beta 4 tiba pada 5 Juni, Beta 5 hit pada 10 Juli, dan Beta 6 muncul pada 7 Agustus.

Sekarang, kita hanya tinggal menunggu versi final Android 10 dirilis pada suatu moment sebelum Q3 tahun 2019 ini berakhir. Siapa yang menunggu versi terbaru Android Q ini akan rilis? Comment di bawah yah guys!

Bagikan untuk teman:
Loading...