legend-banner
4 Alasan Utama Kenapa Free Fire (FF) Disebut Game Burik 8 bit

4 Alasan Utama Kenapa Free Fire (FF) Disebut Game Burik 8 bit

Bukan cuma Mobile Legends saja yang pernah mendapatkan julukan game burik ataupun game 8 bit (kualitas rendah), Free Fire (FF) yang saat ini merajai game Battle Royale di mobile juga pernah mendapatkan sebutan yang sama. Free Fire adalah salah satu game dengan genre battle royale generasi pertama sebelum PUBG meluncurkan versi mobile nya.

Saat itu Free Fire dan Rules of Survival merajai game Battle Royale di mobile, namun lambat laun Rules of Survival semakin menurun popularitasnya dan hanya menyisakan game FF yang kemudian berhadapan dengan pesaingnya PUBG Mobile dan terakhir Call of Duty Mobile.

Baca Juga :

Hampir di setiap pembicaraan di media sosial selalu banyak yang menyebut kalau Free Fire adalah game burik ataupun game 8 bit. Sebutan ini biasanya dilontarkan oleh para pemain PUBG Mobile yang merasa game favoritnya lebih baik dari Free Fire walaupun rank mereka di Google Play berada jauh dibawah Free Fire. Nah, sebenarnya apa sih yang menyebabkan game ini mendapatkan sebutan seperti itu? Mari kita telusuri penyebabnya satu per satu.

Grafik Ala Kadarnya

Grafik seadanya

Ini sebenarnya penyebab pertama kenapa Free Fire disebut dengan game burik 8 bit. Kalau dibandingkan dengan PUBG Mobile ataupun COD Mobile, grafis Free Fire bagaikan bumi dan langit. Size game Free Fire tidak lebih dari 1GB atau tepatnya sekitar 800an MB saja, sangat jauh apabila dibandingkan dengan ukuran game PUBG yang sudah mencapai 4 GB.

Dari angka ini sudah bisa terlihat penyebab kenapa grafis di game Free Fire terkesan seadanya. Namun Garena selaku developer game android tersebut tidak tinggal diam begitu saja, pembaruan terus dilakukan untuk menyempurnakan game FF ini supaya semakin layak untuk dimainkan.

Pada update terakhir patch Map Kalahari Desert, Garena sudah memperbaiki kualitas grafis menjadi lebih bagus dengan hadirnya Free Fire Max yang memiliki grafis super ultra HD yang saat ini sudah masuk tahap close beta test. Dengan adanya update besar besaran ini apakah kamu masih mengatakan kalau Free Fire (FF) itu game burik?

Loading…

Tidak Punya Pintu

game burik tidak punya pintu

Ini juga hal yang membuat Free Fire menjadi bahan bulan bulanan, karena tidak adanya pintu pada semua bangunan dan rumah yang ada di seluruh map game FF. Kalau melihat ke dunia nyata, memang keberadaan pintu ini sangatlah penting demi realistisnya sebuah game dan user experience penggunanya.

Baca Juga :

Namun karena pada awalnya Free Fire memang ditujukan untuk para pengguna hp kentang, maka pintu ditiadakan. Alasannya cukup sederhana, karena jika menggunakan pintu, developer harus membuat sebuah aset animasi buka tutup pintu. Dengan meniadakannya, proses rendering menjadi lebih mudah dan cepat.

Oleh karena itu, tidak adanya pintu ini memang sesuai dengan konsep game Free Fire yang ramah dengan semua jenis smartphone. Inilah yang menjadi alasan logis untuk menjawab pertanyaan kenapa game FF tidak mempunyai pintu, jadi jangan baper duluan kalau diledek “Dasar game gak punya pintu“.

Identik dengan Hp Kentang

game burik Identik dengan hp kentang

Sebenarnya Hp juga sangat mempengaruhi, perbedaan antara layar TFT, IFS dan Amoled benar benar terasa. Belum lagi kerapatan pixel smartphone yang semakin membuat game ini tampak burik. Karena ukurannya yang kecil dan ringan, maka sebagian besar para pemain game ini pada awalnya adalah mereka pengguna smartphone gaming dengan spesifikasi rendah. Karena mereka yang punya spesifikasi lebih tinggi akan memilih bermain Rules of Survival pada awal masanya dulu kemudian beralih ke PUBG setelah rilis di mobile.

Banyak Pemain Bocah

Banyak pemain bocah

Terakhir yang membuat keadaan semakin memanas adalah para pemain bocah yang semakin banyak bertebaran di permainan. Situasi yang cukup memanas antara Free Fire dan game battle royale lain, seperti PUBG Mobile dan COD Mobile, mau tidak mau menyeret istilah game 8 bit ke dalam keributan ini, termasuk meme game FF yang semakin mempertegas perbandingan Free Fire vs PUBG Mobile.

Nah sekarang kamu sudah tahu bukan apa sebenarnya penyebab utama Free Fire (FF) disebut game burik dengan kualitas 8 bit oleh banyak haters. Jangan lupa baca juga alasan PUBG lebih bagus dari Free Fire. Nantikan terus kabar terbaru dan terupdate seputar game, anime serta Esports lainnya hanya di Kabar Games.

Bagikan untuk teman:
Loading...