AetherSX2 Emulator PS2 Android Siap Rilis, Ini Fiturnya?
Console

AetherSX2 Emulator PS2 Android Siap Rilis, Ini Fiturnya?

423 Views

Kendati Sony sudah merilis Playstation 5 (PS5), namun animo gamers untuk bermain game yang ada pada Playstation 2 (PS2) masih cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya emulator PS2 yang melantai di Android. Sebut saja PSP Emulator, Damon PS2 Pro, golden PS2, Gold PS2 Emulator dan AetherSX2 emulator PS2 Android.

Setelah sekian lama dirumorkan akan rilis, kabarnya emulator bernama AetherSX2 untuk PS2 akan segera melantai di perangkat Android. Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai AetherSX2, tahukah kamu apa itu emulator?

Apa itu Emulator?

AetherSX2 download emulator ps2

Emulator merupakan perangkat lunak atau software yang dibuat untuk meniru atau mengemulasi fungsi program aslinya. Emulator memungkinan sebuah hardware pada mesin yang bereda bekerja sesuai dengan software aslinya.

Namun tidak jarang emulator justru bekerja lebih baik melebihi versi aslinya dengan menambahkan beberapa fitur baru. Emulator umumnya bukanlah program asli yang diciptakan oleh developer game.

Melainkan inisiatif dari para pemain yang ingin memainkan game-game lawas seperti game konsol dengan pengalaman baru. Kendati banyak emulator yang ada tidak mendapat restu dari developer game aslinya, tapi nyatanya sampai saat ini masih banyak para gamers yang berusaha membuat tiruannya.

Padahal, membuat emulator bukanlah hal yang mudah. Butuh kerja keras dan waktu yang tidak sebentar untuk dapat menciptakan emulator yang bisa digunakan dengan optimal di perangkat lain. Pun demikian dengan pengembangaan emulator AetherSX2 PS2 untuk Android yang kabaranya memakan waktu sangat panjang.

Mengapa Menggunakan Emulator?

damon ps2 emulator

Sebagaimana kamu ketahui, umumnya sebuah software atau perangkat lunak hanya dibuat untuk perangkat tertentu. Contohnya, software game khusus PC, software khusus konsol dan software khusus Android. Dimana software ini tidak akan bisa kamu gunakan di perangkat lain.

Nah, dengan hadirnya emulator keterbatasan tersebut tidak lagi menjadi kendala untuk kamu bisa menggunakan satu software untuk beberapa perangkat. Umumnya, emulator banyak digunakan oleh orang-orang hanya untuk bernostalgia.

Misalnya, bermain game jadul, seperti game PS2 dan games PC Lawas lainnya. Dengan adanya emulator, kamu tidak perlu bermain game PS2 dan PC di perangkat konsol dan PC lagi, melainkan cukup dengan mendownload emulator kamu sudah bisa bermain game PS2 secara Mobile di platform Android.

AetherSX2, Emulator PS2 for Android

AetherSX2 spek minimum emulator ps2 android

Berdasarkan informasi dari Channel Youtube Taki Udon, selaku pengembang menyebut bahwa AetherSX2 akan menjadi emulator yang lebih efisien dari emulator yang sudah ada. Meski dalam channel Youtubenya Taki mengunggah video demo Emulator AetherSX2 PS2 Android menggunakan 4 Spesifikasi Smartphone yang berbeda.

Sayangnya, dalam channel Youtubenya Taki masih enggan membocorkan informasi lebih detail terkait emulator AetherSX2. Taki Udon hanya mengatakan bahwa nantinya emulator garapannya akan hadir dengan fitur-fitur menarik, seperti Controller Configuration dimana nantinya pengguna dapat menggunakan Controller dari konsol yang berbeda.

Kemudian emulator ini juga mendukung Processor Snapdragon SoCs. Tidak hanya itu, AetherSX2 diciptakan dengan basis LGPL, nantinya AetherSX2 bisa digunakan secara gratis dan dapat diakses secara offline.

Taki menambahkan bahwa, jika AetherSX2 PS2 bakal hadir dengan performa FPS lebih stabil karena menggunakan bantuan Underclocking EE Cycle Skip yang dapat meringankan beban EE Cycle/menit. Nantinya, FPS ini akan dibatasi ketika permainan berlangsung.

Siap Meluncur Akhir Tahun 2021 Ini

Dibanding seri yang lain, PS2 memang begitu melekat di hati pecinta konsol Playstation. Maka tak heran masih banyak sekali gamers yang ingin bernostalgia dengan games terbaik yang ada pada PS2 atau konsol terlaris sepanjang masa ini.

Terkait waktu perilisan, sampai dengan saat ini pengerjaan emulator AetherSX2 sendiri masih dalam tahap fase Alpha. Namun, sejumlah informasi menyebut bahwa AetherSX2 siap dirilis akhir tahun 2021 ini. Tentu saja ini bakal menjadi angin segar bagi para gamers yang sudah tidak sabar memainkan games PS2 di perangkat Android.

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya! Selamat mencoba dan semoga kalian beruntung!

Bagikan untuk teman:
Copyright © 2021 PT. Gudang Pelangi Indonesia