Ada Cheat di Mobile Legends?

Ada Cheat di Mobile Legends?

Desember 2017 ini, komunitas games Mobile Legends Bang Bang Indonesia sedang dihebohkan oleh perilaku pemain asal Vietnam. Heboh terjadi, karena oknum pemain Vietnam diduga telah menggunakan cheat dalam bermain. Kasus kecurangan ini pun telah sampai ke pihak Moonton selaku developer dari Mobile Legends. Apakah benar ada cheat di Mobile Legends?

Ada Cheat di Mobile Legends?

Moonton Investigasi Kasus Cheat

Di dalam games MOBA Mobile Legends Bang Bang para pemainnya dapat menggunakan hero favorit dan membangun tim dalam rangka untuk mengalahkan tim musuh. Game ini memiliki kontrol bergaya joystick virtual. Letaknya terdapat di sebelah kiri dari layar permainan. Selain itu, kontrol skill hero dari games ini terletak di sebelah kanan. Games mobile ini menarik dan masih populer di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Game Mobile Legends terus berkembang dan kini telah menjadi salah satu game yang masuk ke dalam eSports. Itu adalah peristiwa yang membanggakan, tetapi Desember ini game tersebut hangat diperbincangkan dalam konotasi negatif. Pembicaraan negatif dari game ini terkait adanya pemain yang menggunakan cheat.

Kasusnya terjadi saat penyelenggaran pertandingan antara tim Mobile Legends Vietnam melawan tim Mobile Legends Indonesia dalam mode Mobile Legends Arena Contest. Pada pertandingan tersebut, tim Vietnam mampu menang telak dengan skor 3-0 terhadap tim Indonesia. Kemenangan tersebut dirasa aneh dan akhirnya dicurigai bahwa ada cheat yang dipakai dalam pertandingan tersebut.

Berkaitan dengan peristiwa ini, kabarnya sudah sampai kepada pihak Moonton. Berdasarkan detikINET, Moonton tengah menginvestigasi masalah ini, dan belum mengetahui masalahnya hingga sistem games mobile ini sampai bisa dijebol.

Prihal cheat di Mobile Legends, pemain Vietnam diberitakan telah melakukan dua kecurangan. Cheat pertama berkaitan dengan kecurangan terhadap MMR atau Matchmaking Rating. Pemain Vietnam disinyalir meningkatkan secara Ilegal MMR milik mereka. MMR sendiri merupakan sebuah sistem yang ada dalam Mobile Legends yang berfungsi untuk menentukan posisi peringkat dari pemain game Mobile Legends berdasar hero.

Poin MMR legal didapatkan dari hasil bermain dalam mode ranked. Kemenangan dalam mode ini akan menaikkan poin MMR, dan kekalahan akan mengurangi MMR. Besar atau kecilnya kenaikan dan pengurangan poin memiliki hitungan tersendiri yang sudah diotomatiskan oleh Moonton.

Pemain Vietnam dituduh meningkatkan MMR secara illegal. Alasannya karena mereka hanya bermain sangat sebentar dalam mode ranked. Diduga kuat mereka melakukan pertandingan yang sudah diatur. Cara meningkatkan MMR illegal ini adalah dengan janjian bersama gamer Mobile Legends yang sudah kenal dan kemudian menyerah dalam pertandingan.

Kecurangan kedua terlihat dari beberapa video yang disebarluaskan di kanal YouTube. Dari video tersebut, ditemukan sebuah kecurangan berupa cooldown skill tim Vietnam yang cenderung selesai lebih cepat dari seharusnya. Kecurangan ini bisa jadi hanya salah satu saja karena menggunakan aplikasi pihak ketiga pastinya mampu melakukan kecurangan lainnya tidak hanya cooldown skill.

Untuk kecurangan kedua ini, pihak Moonton masih melakukan penelusuran. Jikalau memang benar telah ditemukan kecurangan yang dilakukan pemain Vietnam seperti yang dituduhkan banyak orang, maka Moonton tak akan segan memberlakukan sanksi penguncian akun secara permanen.

Cheat Mobile Legends

Berkaitan dengan cheat Mobile Legends pemain Vietnam, kanal YouTube Fio Nur Ramadhan menggunggah video yang mengungkap cheat agar dapat memenangkan permainan. Agar dapat menjalankan cheat itu, para pemain Mobile Legends harus memakai aplikasi pihak ketiga yang bernama Game Guardian.

Tidak seperti pemain Vietnam yang diduga memakai cheat untuk skill cooldown yang lebih cepat, dengan menggunakan Game Guardian tersebut, para pemain Mobile Legends diklaim dapat merubah atribut hero.

Perubahan yang dimaksud adalah meningkatkan damage dan juga kecepatan pergerakan hero. Dengan cheat tersebut, Eudora selaku hero yang ditampakkan dalam video mampu secara cepat menghancurkan tower.

Akan tetapi, cheat ini kemungkinan sudah tidak dapat dipakai dikarenakan di akhir video muncul tulisan error dan koneksi terputus serta hasil pertandingan sudah disimpan. Kemunculan notifikasi ini memperlihatkan bahwa developer telah memperbaiki sistem, sehingga cheat sudah tidak bisa dipakai lagi.

Bagikan untuk teman:

Komentar Gamers!

Jumlah Komentar!