7 Fitur Tersembunyi Google Maps

7 Fitur Tersembunyi Google Maps

Nur Aini

Sejak pertama kali dikeluarkan, Google Maps atau yang dikenal sebagai peta digital ini berkembang menjadi aplikasi yang tidak hanya sebagai petunjuk arah, tetapi juga memberikan informasi singkat tentang lokasi yang dilihat. Akan tetapi, masih banyak pengguna yang tidak mengetahui fakta menarik didalamnya yang bisa dimanfaatkan selain sebagai petunjuk arah, Penasaran ingin tahu apa saja fitur tersembunyi Google Maps, berikut penjelasannya

1. Menyimpan dan Membagikan Tempat Favorit

Google Maps

Fitur pertama yang bisa dilakukan yaitu pengguna dapat membuat daftar tempat favorit seperti restoran, Butik, Mall dan tempat lainnya dengan lokasi yang beda dan membagikannya pada teman atau kerabat untuk dijadikan rekomendasi bagi mereka. Secara otomatis mereka bisa ke tempat tersebut dengan mudah. Dengan fitur ini, pengguna bisa menandai tempat-tempat tertentu dengan banyak kenangan dan ingin dikunjungi lagi.

2. Memesan Layanan Transportasi Online

Google Maps

Melalui pembaruan, Google Maps kini hadir dengan tampilan yang lebih menarik karena Google Maps yang sekarang telah terintegrasi dengan layanan transportasi online seperti UBER dan Go-Jek. Yang ditujukan agar  pengguna lebih mudah dalam menentukan dimana lokasi jemputan ketika sedang meggunakan aplikasi transportasi online. Untuk dapat menikmati langsung layanan ini, pengguna cukup membuka Google Maps lalu pilih tempat tujuan, setelahnya klik “Direction” untuk melihat informasi layanan transportasi online di Tab paling kanan. Lebih kerennya lagi kalau pengguna bisa melihat jarak terdekat dan tariff transportasi online dengan lokasi tujuan tanpa harus keluar dari aplikasi Google Maps.

3. Peta Dalam Ruangan

Google Maps

Dengan adanya pembaruan pada Google Maps, Google mengklaim lebih dari 60 tempat di Indonesia telah dipetakan. Maka dari itu, sekarang pengguna dapat menjelajahi dan memperbesar (zoom) gambar pada peta dan melihat apa saja yang ada didalam tempat tersebut misalnya Airport, Hotel, Museum dan lainnya.

4. Informasi Jadwal Commuter Line dan Bus Secara Real-Time

Google Maps

Selain transportasi online, pengguna Google Maps yang lebih memilih menggunakan jasa transportasi umum juga dapat merasakan dampak baiknya Karena setelah di perbarui, Google Maps juga menyediakan informasi tentang jadwal kedatangan bus, Busway, MRT dan lainnya secara real-time sehingga perjalanan dapat sesuai dengan jadwal awalnya. Selain itu Google Maps juga memberikan informasi tentang rute dan biaya yang harus dikeluarkan dalam sekali perjalanan. Agar dapat menikmati fitur ini, cara yang harus dilakukan oleh pengguna sebenarnya sama saat sedang memesan jasa transportasi online, yang membedakan hanya pada pilihan tab dengan symbol kereta api.

5. Informasi Real-Time Tentang Keramaian

Google Maps

Fitur menarik berikutnya yaitu Google Maps juga memberikan informasi mengenai keramaian suatu tempat agar pengguna tidak saling berdesakan pada saat jam-jam sibuk dan menghindarinya. Fitur ini sangat cocok untuk pengguna yang menyukai travelling karena sebelum berangkat Kita dapat mengecek terlebih dahulu destinasi mana saja yang sedang ramai-ramainya. Fitur ini juga membantu pengguna agar tidak terlalu lama menghabiskan waktu pada saat sedang mengantri atau kurang nyaman karena keramaian yang ada.

6. Simpan Peta Secara Offline/Peta Offline

Google Maps

Setelah pembaruan, Google Maps yang semula hanya dapat diakses secara online, kini juga dapat diakses secara offline. Ini merupakan kabar bahagia bagi Kalian yang suka travelling dan tanpa tau sebab apapun tiba-tiba jaringan internet tidak terjangkau. Melalui fitur ini, Kalian dapat mengunduh peta tempat yang sedang dituju dan melihatnya tanpa harus takut kuota habis.

7.Hack Feature (Khusus Android)

Google Maps

Fitur terakhir ini sebenarnya bukan untuk mengajak pengguna menjadi hacker tetapi untuk mengetahui informasi apa saja yang lagi HOT langsung dari layar utama. Caranya buka Google Maps, geser keatas kemudian akan terlihat tiga tab yang digunakan untuk membantu menemukan tempat misalnya restoran yang paling dekat dan mengetahui jenis transportasi apa yang cocok serta rute perjalanannya. Sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk smartphone berbasis Android saja.

Komentar Gamers!

Jumlah Komentar!