7 Fitur Instagram Yang Jarang Dimanfaatkan

7 Fitur Instagram Yang Jarang Dimanfaatkan

Instagram kini telah menjadi salah satu aplikasi paling populer di dunia karena paling sering digunakan untuk berbagi foto dan video. Instagram telah menjadi aplikasi wajib untuk semua produk smartphone pada umumnya, baik pada Android, iPhone, Windows Phone, maupun Blackberry.

Seiring berkembangnya zaman, Instagram hadir dengan banyak fitur baru seperti Close Friends Instagram ataupun Instagram Stories. Namun tidak sedikit pula pengguna yang tidak mengetahuinya. Berikut ini ada informasi mengenai 7 fitur Instagram yang jarang dimanfaatkan dimana sebenarnya memiliki banyak manfaat tersembunyi agar akun Instagram Anda terasa lebih keren lagi.

Baca Juga :

Mengirimankan Pesan Pribadi

instagram_direct

Instagram Direct atau Built in Messaging System adalah fitur dengan icon berbentuk panah yang letaknya dipojok kanan atas. Fungsinya untuk mengirimkan foto maupun video secara private (pribadi) ke orang-orang yang dikehendaki, misalnya teman maupun grup. Anda dapat mengirim foto maupun video yang diupload sendiri menggunakan Instagram Direct. Caranya tinggal klik ikon panah yang ada di bagian bawah saat akan posting.

Anda juga bisa mengirim foto maupun video pengguna lain kepada teman maupun grup Anda.  Caranya klik ikon panah di bawah pstingan orang lain yang letaknya bersebelahan dengan tanda love untuk mengirim gambar / video tersebut secara private.

Membatasi Penggunaan Kuota

Use Less Data

Karena posting foto dan video di Instagram menghabiskan kuota yang bisa dibilang tidak sedikit, kuota internet Anda bisa tersedot banyak untuk aplikasi ini. Untuk mengakalinya, Anda bisa membatasi penggunaan data dengan mengaktifkan fitur ‘Use Less Data’.

Loading…

Caranya, masuk ke profil Instagram Anda, lalu klik ikon tiga dot yang ada di ujung kanan. Scroll ke bawah hingga menemukan Setting > Celluar Data Use > lalu ganti Default ke Use Less Data. Namun jika Anda mengaktifkan fitur ini maka akan mempengaruhi kecepatan loading foto maupun video yang dipost dan juga yang muncul di timeline Anda.

Membersihkan Riwayat Pencarian

Instagram search history

Baca Juga :

Sering kali banyak yang lupa jika sebenarnya riwayat pencarian (history) bisa membuat Instagram terasa lambat jika dibuka. Hal ini dikarenakan banyaknya halaman yang dicari, like maupun komentar yang dibuat sehingga mengakibatkan menumpuknya file sampah (cache) di Instagram.

Untuk menghapusnya, cukup buka menu Profile lalu scroll ke bawah hingga menemukan Clear Search History. Dan di pop up yang muncul pilih Yes, I`m Sure untuk menghapus riwayat pencarian Anda di Instagram dan membuat loading foto dan video semakin cepat.

Mengubah Cover Thumbnail di Video

instagram-cover-video

Sebelum memposting video, ada baiknya jika terlebih dahulu diubah tampilan cover thumbnail-nya agar lebih cantik dan menarik minat orang lain untuk menonton video tersebut.

Caranya sangat mudah, yaitu pilih tab Cover ketika Anda akan mengupload sebuah video ke Instagram. Di bagian tab Cover nanti Anda bisa memilih bagian video mana yang akan dijadikan thumbnail untuk video tersebut saat sudah tayang di feed Instagram nantinya.

Mengubah Foto dan Video Jadi Private

Private instagram

Jika Anda termasuk orang yang tidak ingin jika foto ataupun video yang ada di Instagram dilihat oleh banyak orang dan hanya ingin dikhususkan untuk teman dekat dan beberapa orang yang sudah Anda ijinkan, Anda bisa mengunci akun menjadi Private.

Dengan cara ini, dijamin orang lain tidak akan bisa melihat foto atau video yang ada di Instagram dikarenakan orang tersebut harus terlebih dulu memfollow akun Anda, selanjutnya tinggal Anda yang menentukan boleh atau tidak orang tersebut follow Instagram Anda.

Untuk ubah akun menjadi private caranya masuk ke Profile kemudian scroll ke bawah hingga menemukan Private Account. Setelah itu geser tombol yang ada di sampingnya hingga menjadi warna biru yang berarti jika akun Anda telah berhasil dibuat private.

Mendownload Foto Dan Video

Download Foto Dan Video Instagram

Semua pengguna tahu jika Instagram tidak menyediakan fasilitas untuk mendownload foto atau video yang di posting dan ingin disimpan. Hal ini pastinya menyulitkan pengguna karena harus menginstall aplikasi tambahan, agar foto atau video tersebut dapat disimpan. Aplikasi yang sering digunakan adalah Downloader For Instagram.

Aplikasi ini dapat mendownload foto ataupun video dengan mudah dan dengan kecepatan maksimal. Anda cukup meng-copy link foto atau video yang ingin di download kemudian paste pada kolom aplikasi tersebut.

Menambah Akun Jejaring Sosial lainnya

intagram-link-more-account

Selain Facebook dan Twitter, Instagram juga bisa menambah akun social media yang lain agar dapat terkoneksi dengan Instagram. Misalnya Tumblr, Ameba sampai OK.ru. Untuk menghubungkan, Anda cukup masuk menu Profile > Setting > Linked Accounts kemudian pilih akun jejaring sosial yang ingin ditambahkan. Anda akan diminta log in ke akun yang dipilih dan setelah selesai Anda bisa share foto dan video di Instagram Anda ke akun sosial media tersebut secara langsung.

Nah itu tadi fitur – fitur instagram yang jarang orang ketahui, jangan lupa baca juga mengenai Instagram for PC. Ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak info mengenai tips & trik menarik seputar gadget dan games. Ada juga berita gadget dan games terbaru, review hingga berbagai tutorial menarik.

Bagikan untuk teman:
Loading...