legend-banner
6 Akibat Negatif Main Hp di Ruangan Gelap untuk Kesehatan

6 Akibat Negatif Main Hp di Ruangan Gelap untuk Kesehatan

Kini, handphone sudah menjadi salah satu barang penting yang harus selalu ada dimana pun Kamu berada. Bahkan sekarang ini sudah banyak orang yang kecanduan handphone sampai-sampai handphone tersebut tidak pernah lepas dari genggaman; dari mulai bangun tidur sampai mau tidur lagi.

Sebelum tidur, biasanya mayoritas orang selalu mengecek kembali handphonenya ketika lampu kamar sudah dimatikan, entah untuk mengupdate status atau hanya sekedar browsing. Banyak orang yang tidak menyadari jika memainkan handphone di tempat gelap itu memiliki dampak negatif pada kesehatan diri sendiri.

Baca Juga :

Dalam kondisi gelap, sinar biru yang dipancarkan layar handphone akan semakin tajam sehingga tidak baik bagi mata dan membuat susah tidur. Jika dilakukan terus menerus, ada banyak bahaya lain yang mengintai kesehatan Kamu. Berikut ini ada 6 bahaya dan akibat main Hp di ruangan gelap yang harus Kamu ketahui.

Kurang Tidur

Akibat Main HP di Ruangan Gelap - Kurang Tidur

Sinar biru yang dikeluarkan layar handphone bersifat supresif terhadap produksi Melatonin atau hormon yang mengatur siklus bangun dan tidur seseorang. Paparan sinar biru ini akan meningkatkan produksi melatonin dan membuat Kamu merasa suit tidur karena pada dasarnya hormon Melatonin ini menyebabkan rasa kantuk dan menurunkan suhu tubuh. Sinar biru juga dapat ‘menipu mata’ yang bisa membuat otak memerintahkan tubuh untuk terus aktif dan akhirnya kesulitan tidur dan mengganggu jam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

Kelelahan Otak

Kelelahan Otak

Hal ini bisa terjadi ketika kalian bermain smartphone sampai lupa waktu dan melewati jam tidur. Ketika tubuh tidak mendapat tidur yang cukup, konektivitas neuron di hippocampus (bagian sistem otak yang memerintah berbagai fungsi tubuh) melemah, yang mengakibatkan menurunnya daya ingat. Hal inilah yang membuat otak menjadi lemah dan lelah untuk melewati hari berikutnya dan akan mengalami kesulitan untuk belajar atau bekerja akibat kurang tidur. Selain itu, kurang tidur juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan aliran darah ke otak.

Loading…

Merusak Retina Mata

Merusak Retina Mata

Banyak orang yang sudah mengetahui ha ini tapi sering diabaikan. Layar smartphone memancarkan sinar biru yang digolongkan sebagai High Energy Visible Light (HEV) yaitu sinar yang pada dasarnya memiliki panjang gelombang yang relatif pendek bisa berubah menjadi tingkat energi yang tinggi.

Baca Juga :

Karena paparan langsung sinar biru pada mata dapat menembus dari bagian luar mata sampai bagian dalam mata, sehingga menimbulkan efek jangka panjang yaitu terjadi kerusakan pada retina. Dan yang lebih bahaya lagi ha ini dapat meningkatkan resiko terkena degenerasi Makula (penurunan ketajaman penglihatan) dan katarak pada mata.

Kecenderungan Obesitas

Kecenderungan Obesitas

Hal ini bisa terjadi karena kurangnya jam tidur yang dapat menyebabkan terganggunya hormon lain yang bertugas mengendalikan rasa lapar. Karena semakin sering Kamu terjaga hingga larut malam maka hormon tersebut akan selalu berupaya memberikan sinyal untuk menambah energi. Hal ini pula yang menyebabkan Kamu memiliki kebiasaan makan di jam yang sudah larut malam yang bisa meningkatkan resiko obesitas.

Meningkatkan Resiko Depresi

Meningkatkan Resiko Depresi

Sebagai efek lanjutan dari kurang tidur yang disebabkan oleh paparan sinar biru, pengguna smartphone dalam keadaan gelap akan memiliki resiko lebih tinggi mengidap depresi. Ini terjadi karena hormon melatonin yang terganggu akan mengacaukan jam tidur, sehingga dapat mempengaruhi bagian otak yang bertugas untuk mengatur emosi dan tingkat kecemasan seseorang.

Meningkatkan Resiko Kanker

Akibat Main HP di Ruangan Gelap - Meningkatkan Resiko Kanker

Menatap layar smartphone dalam gelap secara terus-menerus juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker. Ada penelitian yang mengungkapkan kalau 17 persen wanita rentan terkena kanker payudara karena paparan sinar biru yang menekan produksi melatonin atau hormon yang juga berfungsi untuk “menidurkan” sel-sel kanker, dan meningkatkan produksi hormon estrogen yang memicu kanker payudara.

So, mulai sekarang Kamu harus membatasi jam penggunaan handphone, apalagi dalam ruangan atau tempat gelap dan sebelum tidur. Pakailah handphone sewajarnya agar tak sampai mengganggu kesehatan tubuh, jangan sampai akibat – akibat negatif main Hp di ruangan gelap yang disebutkan di atas bisa menggangu aktivitas Kamu. Ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak tips dan trik seputar smartphone, update berita games terbaru dan gadget.

Bagikan untuk teman:
Loading...