legend-banner
6 Aplikasi Saat Musim Hujan yang Wajib Ada di Smartphone

6 Aplikasi Saat Musim Hujan yang Wajib Ada di Smartphone

Beberapa waktu belakangan ini intensitas hujan sudah semakin bertambah di sejumlah daerah di tanah air. Hujan deras disertai angin tentu bisa berpengaruh pada kelancaran aktivitas sehari-hari, apalagi yang harus masuk kantor di pagi hari. Musim hujan memang tidak bisa dihindarkan. Kabar baiknya di era modern sekarang ini, ada beberapa aplikasi yang bisa membantu Kamu lebih waspada di musim hujan.

Berikut ini adalah 6 aplikasi saat musim hujan yang harus ada di smartphone untuk memudahkan Kamu menghadapi perubahan cuaca saat melakukan aktivitas sehari-hari. Langsung saja kita simak yuk ada aplikasi apa saja.

Baca Juga :

Aplikasi Siaga Banjir

Aplikasi Musim Hujan - Siaga Banjir app

Siaga Banjir merupakan aplikasi pemantau buatan Indonesia yang berguna untuk mengetahui keadaan sejumlah pintu air di wilayah DKI Jakarta. Hal ini berfungsi untuk memantau potensi banjir di suatu tempat karena pada saat musim hujan tiba, ketinggian air di pintu-pintu air akan mengalami perubahan dan menjadi gambaran jika banjir akan datang atau tidak untuk suatu daerah.

Ada 12 pintu air yang dipantau secara real time oleh aplikasi ini, yaitu pintu air Katulampa, Pesanggrahan, Angke Hulu, Cipinang Hulu, Angker Hulu, Depok, Manggarai, Karet, Waduk Pluit, Pasar Ikan, Pulo Gadung, dan Krukut Hulu. Pengguna aplikasi ini akan mendapat notifikasi jika ada potensi banjir di wilayah tertentu sehingga bisa mencari alternatif agar tak terdampak banjir ketika beraktivitas.

Aplikasi Info BMKG

Info BMKG app

Karena cuaca sering berubah-ubah saat musim hujan tiba, ada baiknya Kamu menginstall aplikasi pendeteksi hujan Info BMKG yang bisa didapat secara gratis di Play Store dan juga App Store. Aplikasi Info BMKG menyajikan data dan informasi perkiraan cuaca yang berasal dari BMKG Pusat Jakarta dan juga BMKG di seluruh provinsi Indonesia. Aktifkan GPS Kamu untuk lokasi yang lebih akurat sehingga aplikasi ini bisa menginformasikan cuaca, iklim, kualitas udara hingga gempa bumi dan info paling baru dari BMKG.

Loading…

Aplikasi Map

Waze app

Jika smartphone Kamu sudah dibekali dengan Google Maps, tidak ada salahnya menginstall aplikasi navigasi Waze yang bisa sangat berguna saat musim hujan tiba. Sama seperti aplikasi navigasi pada umumnya, Waze akan menginformasikan kondisi jalanan di sekitar pengguna, mulai dari tingkat kemacetan jalan, banjir hingga petugas polisi yang berjaga di titik-titik tertentu. Aplikasi ini bisa membantu menemukan jalan terbaik untuk menuju suatu tempat dan juga menghindari banjir. Aplikasi ini gratis untuk pengguna Android dan juga iOS.

Baca Juga :

Aplikasi Transportasi Online

Uber, Grab dan Go-Jek

Tidak dipungkiri lagi kini mobilitas orang banyak yang mengandalkan transportasi online, terutama di kota-kota besar di Indonesia. Aplikasi seperti Uber, Grab dan Go-Jek bisa diinstall ke smartphone Kamu untuk memudahkan perjalanan menuju kantor atau kemana saja saat hujan. Aplikasi ojek online ini bisa didapat secara gratis di Play Store dan juga App Store.

Aplikasi Kondisi Kota

Kondisi Kota app

Satu lagi aplikasi karya anak bangsa yang berguna saat musim hujan tiba adalah Kondisi Kota. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengetahui kondisi lalu lintas lewat laporan pengguna lainnya. Ada beberapa jenis pelaporan yang bisa dilakukan pengguna untuk membantu pengguna lainnya dalam hal lalu lintas, seperti kondisi jalan, kecelakaan, banjir hingga kebakaran. Aplikasi ini juga bisa didapatkan di Play Store secara gratis.

Aplikasi Game

Aplikasi Musim Hujan - Mobile Legends game

Game sangat berguna untuk membangkitkan mood ketika hujan sudah mulai mengganggu aktivitas Kamu, misalnya saat menunggu kereta datang atau menunggu hujan reda. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan bermain game terbaik sesuai style Kamu, entah itu game mobile MOBA seperti Mobile Legends atau Arena of Valor (AoV) atau game lainnya. Hal ini tentu jauh lebih baik ketimbang marah-marah tidak jelas karena kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengakali musim penghujan yang terkadang menghambat mobilitas dalam kegiatan sehari-hari. Manfaatkan smartphone Kamu untuk menginstall aplikasi pemantau dan pendeteksi saat musim penghujan agar bisa lebih prepare ketika hujan datang. Ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak info mengenai aplikasi-aplikasi keren. Ada juga berita gadget dan games terbaru, review hingga berbagai tutorial menarik.

Bagikan untuk teman:
Loading...