6 Penyebab Hp Tidak Bisa di Cas & Cara Mengatasinya

6 Penyebab Hp Tidak Bisa di Cas & Cara Mengatasinya

Sering mengalami baterai smartphone lama terisi padahal sudah di-charge dalam waktu yang cukup lama? Well, umumnya baterai smartphone akan terisi penuh jika sudah di-charge antara satu hingga dua jam. Jika smartphone atau hp tidak bisa di cas dan membutuhkan waktu pengisian daya yang lebih lama, bisa jadi ini suatu pertanda ada masalah dengan smartphone Anda dan mungkin saja penyebab nya dari android Anda sendiri.

Bila Anda mengalami hal yang demikian tidak perlu mengganti smartphone, terlebih dahulu check dengan teliti penyebabnya. Jagan panik, Kabar Games telah merangkun beberapa cara solusinya, langsung saja, inilah 6 penyebab hp tidak bisa di cas dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca Juga :

Kabel USB Bermasalah

penyebab hp tidak bisa di cas Charging-Smartphone

Kebiasaan buruk kebanyakan orang yang sering melipat, melilit, menggulung, memaksa kabel USB masuk kedalam tas dan sebagainya, sehingga membuat kabel USB mudah rusak. Kabel USB yang rusak menjadi faktor utama lambatnya smartphone dalam mengisi daya baterai karena lambatnya daya hantar listrik yang diterima smartphone.

Hal lain yang juga bisa membuat smartphone lambat dalam mengisi daya adalah karena kabel USB yang digunakan sudah terlalu tua, sehingga kualitas saat menerima arus listrik menurun. Solusinya adalah mengganti kabel USB dengan yang baru dan kompatibel dengan smartphone Anda.

Sumber Pengisian Daya

smartphone charging

Jika anda menyadari kalau kabel USB tidak bermasalah dan sudah menggantinya dengan yang baru, penyebab lain mungkin adalah sumber daya listriknya yang mungkin bermasalah. Coba ingat dimana Anda mengisi ulang baterai. Jika Anda mengisi daya smartphone dengan mencolokkan kabel USB dari smartphone ke laptop, sudah pasti pengisian daya baterai smartphone akan lama. Akan lebih baik jika Anda mencolok charger ke stop kontak. Bila solusi ini tidak juga berhasil, ada kemungkinan kabel di stop kontak Anda bermasalah.

Loading…

Rusaknya Adaptor

smartphone charging

Faktor lain yang menyebabkan baterai smartphone lambat utuk terisi adalah karena rusaknya adaptor. Adakalanya lonjakan arus listrik, guncangan atau terjatuh saat memakainya yang menyebabkan adaptor rusak. Setiap merek handphone memiliki bentuk adaptor yang berbeda. Untuk menjaga agar baterai smartphone dapat terisi dengan stabil, usahakan untuk tetap menggunakan charger bawaan smartphone Anda. Jika rusak, belilah charger baru dari produsen yang sama dan sesuai dengan smartphone Anda. Hindari membeli adaptor sembarangan apalagi yang KW.

Baca Juga :

Faktor Smartphone

smartphone

Jika bukan karena hal-hal yang sebelumnya yang menyebabkan pengisian daya smartphone Anda lambat, coba periksa kondisi smartphone Anda. Biasanya smartphone keluaran lama cenderung lebih lama saat mengisi daya baterai dibandingkan dengan smartphone keluaran terbaru. Hal ini karena kecepatan pengisian daya smartphone tergantung pada prosesor yang dimiliki smartphone. Jika ada budget, Anda bisa beli smartpohne baru yang dilengkapi dengan prosesor terbaru. Tapi jangan berkecil hati jika memiliki smartphone keluaran lama, karena cepat tidaknya pengisian baterai bersifat relatif.

Perilaku Pemakaian

playing-while-charging

Kebiasaan buruk kebanyakan orang yang susah dihilangkan adalah tetap menggunakan smartphone pada saat sedang di-charge. Ada yang menggunakannya untuk bermain game, chatting, BBM, LINE, WhatsApp, Facebook, dan sebagainya. Kebiasaan ini bisa membuat pengisian daya menjadi lambat. Hal ini dikarenakan layar smartphone harus bekerja ekstra dan memerlukan daya yang besar.

Bila Anda ingin proses pengisian daya baterai berlangsung dengan cepat, pastikan kondisi kabel USB dan sumber daya charger serta smartphone dalam kondisi prima. Selanjutnya jangan gunakan smartphone saat sedang di-charge. Bila perlu ubah mode smartphone Anda dengan mode pesawat, dijamin baterai smartphone akan terisi lebih cepat.

Baterai Rusak

penyebab hp tidak bisa di cas baterai-kembung

Penyebab hp tidak bisa di cas lain yang mungkin membuat lambatnya proses pengisian daya baterai smartphone yaitu baterai smartphone yang sudah rusak dan gembung. Adakalanya kerusakan ini terjadi karena cacat produksi atau karena usia pemakaian yang sudah lama. Bisa juga karena terlalu sering memakai smartphone pada saat sedang di-charge.

Itulah tadi informasi mengenai penyebab hp tidak bisa di cas dan cara mengatasinya sehingga kadang susah penuh padahal sudah lama di-charge. Ikuti terus Kabar Games untuk jadi yang pertama tahu berita update berita games terbaru, gadget dan juga tips dan trik untuk smartphone.

Bagikan untuk teman:
Loading...