5 Cara Mengisi Baterai MacBook dengan Lebih Cepat

5 Cara Mengisi Baterai MacBook dengan Lebih Cepat

Komputer Mac atau yang lebih dikenal dengan MacBook keluaran Apple didesain dengan ukuran yang lebih ringan dan baterai yang diklaim bisa tahan hingga setengah hari bahkan lebih. Selain untuk membantu aktivitas sehari-hari dalam bekerja maupun belajar, MacBook juga banyak dijadikan laptop gaming karena spesifikasi yang mumpuni dan performa yang baik.

Namun namanya juga perangkat yang menggunakan baterai sebagai sumber energi utama, lama – kelamaan baterai MacBook juga akan habis jika digunakan terus-menerus. Jika Anda pengguna MacBook, berikut ini ada 5 tips ampuh cara mengisi baterai MacBook dan merawat nya dengan lebih cepat yang harus Anda tahu.

Baca Juga :

Mengisi Saat Tidak Digunakan

Mengisi baterai MacBook

Bisa dibilang ini adalah cara yang paling mudah agar baterai MacBook dapat terawat dan terisi jauh lebih cepat dari biasanya. Karena dalam keadaan sleep atau sedang dimatikan, penggunaan baterai ke hardware lain akan diputus sementara sehingga proses charging bisa berlangsung optimal dalam waktu singkat.

Jika Anda pengguna MacBook yang menggunakan MagSafe, untuk melihat apakah baterai sudah terisi atau belum bisa dilihat dengan lampu indikator yang ada di ujung MagSafe. Jika lampu indikator sudah berubah menjadi warna hijau artinya baterai sudah penuh, namun jika warnanya masih  orange berarti masih dalam proses charging baterai.

Loading…

Selalu Gunakan Charger Asli

MacBook

Kasusnya hampir sama dengan smartphone, jika Anda ingin smartphone lebih cepat terisi, pasti Anda menggunakan charger bawaan smartphone tersebut. Sama halnya dengan Komputer Mac, pastikan Anda untuk selalu menggunakan adaptor MagSafe (charge) dengan daya yang sudah disesuaikan oleh standarisasi dari Apple, supaya proses charging lebih maksimal. Penggunaan charger asli juga untuk menjaga agar baterai tidak cepat rusak dan lebih tahan lama karena arus yang masuk sudah disesuaikan dengan kebutuhan MacBook.

Baca Juga :

Jangan Tunggu Baterai Habis

MacBook

Kebiasaan buruk banyak pengguna perangkat elektronik yaitu menunggu baterai perangkat tersebut sampai hampir habis baru kemudian mengisi dayanya. Sama dengan Komputer Mac (MacBook), jika Anda menunggu sampai baterai hampir habis (kosong), kemudian mengisinya dan jika terlalu sering dilakukan, maka lama kelamaan hal ini dapat berakibat fatal pada baterai karena dapat membuat umur baterai jauh lebih singkat, cepat rusak dan membuat Anda harus keluarkan biaya ekstra untuk penggantian baterai maupun unit MacBook baru.

Atur Pengaturan MacBook

MacBook

Jika Anda tetap ingin memakai Komputer Mac tetapi juga ingin proses pengisian daya baterai lebih cepat, Anda bisa buka menu Setting untuk mengatur beberapa pengaturan sederhana. Misalnya, Anda bisa mematikan sambungan Wi-Fi dan Bluetooth jika sedang tidak dipakai, mengurangi kontras layar, mematikan back light keyboard dan mencabut beberapa perangkat tambahan yang terhubung, seperti USB, hard disk external atau DVD eksternal.

Gunakan Aplikasi Hemat Baterai

Mengisi baterai MacBook

Jika Anda tetap ingin menggunakan MacBook padahal sedang di-charge, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi lain yang dapat menghemat dan mengecek kontrol baterai. Misalnya Coconut Battery; aplikasi ini berfungsi untuk melihat proses pengisian daya dari kosong sampai terisi penuh (Cycle Count), kapasitas daya maksimal, umur baterai dan lainnya. Dengan tetap membuat baterai MacBook hemat, Anda juga bisa mengisi baterai MacBook dengan lebih cepat.

Dengan baterai penuh, aktivitas Anda yang berhubungan dengan penggunaan MacBook pun akan lebih lancar Jadi pastikan baterai MacBook Anda selalu terisi ya! Nah itu tadi tips ampuh cara mengisi baterai MacBook dengan lebih cepat, ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak info mengenai tips & trik menarik seputar gadget dan games. Ada juga berita gadget dan games terbaru, review hingga berbagai tutorial menarik.

Bagikan untuk teman:
Loading...