legend-banner
5 Cara Mengatasi Lag Saat Main Game Online Android

5 Cara Mengatasi Lag Saat Main Game Online Android

Popularitas game mobile semakin meroket dengan hadirnya banyak game-game mobile yang menarik perhatian gamer. Tak hanya game 3D maupun FPS, game MOBA pun semakin digemari pengguna smartphone. Berbeda dengan PC game maupun konsol, saat memainkan game mobile gamer memerlukan internet yang stabil dan smartphone yang hardwarenya mampu menjalankan aplikasi. Tanpa kedua hal tersebut, bisa-bisa Anda merugikan diri sendiri maupun tim ketika sedang bermain game karena smartphone lag. Oleh karenanya, kamu perlu cara mengatasi lag saat main game.

Selain harus mengetahui jenis lag, kamu perlu cara jitu mengatasi lag tersebut. Berikut ini ada 5 tips ampuh cara mengatasi lag saat main game mobile (termasuk Mobile Legends) yang bisa dicoba.

Baca Juga :

Jangan Bermain Sambil Charge

tips mengatasi lag - jangan bermain sambil ngecas

Jika ingin bermain game, hindari bermain ketika smartphone dalam keadaan dicharge. Hal ini karena daya listrik yang masuk ke dalam smartphone bisa mempengaruhi performa smartphone dan kondisi panas yang disebabkan proses charge juga bisa membuat kinerja smartphone melambat dan jika dipakai bermain game mobile bisa menyebabkan lag.

Menggunakan smartphone saat di-charge juga bisa merusak baterai dan memperpendek umur pakai smartphone. Jadi ada baiknya biarkan smartphone di-charge hingga penuh terlebih dahulu baru kemudian dipakai untuk bermain game.

Gunakan Koneksi yang Stabil

tips mengatasi lag - gunakan koneksi yang stabil

Karena bermain game mobile sering menghabiskan banyak kuota data, maka banyak yang tidak menolak menggunakan wi-fi gratis ketika bermain game. Namun agar permainan tidak lag, pastikan wi-fi tersebut memiliki sinyal yang kuat dan stabil. Jika ingin main menggunakan data seluler, pastikan juga smartphone kamu tersambung dengan jaringan 4G untuk internet yang lebih ngebut jadi bermain game pun tak akan lag dikarenakan jaringan internet.

Loading…

Tutup Aplikasi Berjalan

tutup aplikasi berjalan

Sebagian besar game mobile biasanya menggunakan banyak sumber daya saat dimainkan, entah itu CPU, memori, RAM hingga baterai. Dari semua elemen tersebut, RAM memegang peranan penting agar game bisa berjalan maksimal ketika dimainkan. Oleh sebab itu jangan lupa untuk menutup semua aplikasi selain game yang akan dimainkan untuk mencegah smartphone bekerja terlalu berat dan RAM penuh dengan cache dari aplikasi yang dibuka.

Baca Juga :

Matikan Auto Update

matikan auto update

Fitur auto update dan background refresh dalam smartphone memang membantu banyak pengguna mendapatkan notifikasi dan refresh aplikasi. Tetapi jika Anda sering mengalami gangguan koneksi ketika sedang bermain game, bisa jadi kedua fitur ini yang mempengaruhi hal tersebut. Tak ada salahnya untuk mematikan kedua fitur tersebut karena ada banyak aplikasi lain yang terpasang di smartphone Anda yang juga menggunakan internet di background yang bisa mengganggu kualitas koneksi saat bermain game mobile.

Perhatikan Kapasitas Baterai

perhatikan kapasitas baterai

Agar saat bermain game tak terganggu dengan lag, pastikan kapasitas baterai smartphone Anda paling sedikit 20% saat dimainkan. Hal ini karena ketika baterai berada di bawah 20 persen kebanyakan prosesor tidak mampu memaksimalkan kinerjanya, sehingga bisa-bisa menyebabkan lag hingga layar freeze.

Semoga dengan melakukan tips mengatasi lag diatas Anda bisa bermain game mobile tanpa gangguan. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi smartphone Anda ketika ingin memainkan game mobile, terutama yang membutuhkan grafis tinggi seperti Mobile Legends, AOV dan Vainglory. Jangan paksakan smartphone memainkan game yang tak sesuai dengan spesifikasi smartphone jika tak ingin lag selama permainan.

Ada banyak game mobile menarik yang bisa Anda download di Play Store maupun di App Store secara gratis maupun berbayar. Ikuti terus KabarGames untuk tahu lebih banyak tips & trik menarik seputar games dan smartphone. Ada juga berita games dan gadget terbaru di setiap harinya, berbagai review dan tutorial menarik hingga info mengenai turnamen game menarik di dalam dan luar negeri.

Bagikan untuk teman:
Loading...