sukistreet
12 Penyebab Hp Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

12 Penyebab Hp Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Kondisi panas yang berlebih atau overheat memang menjadi masalah yang sering dialami oleh handphone. Ada beberapa cara mengatasi selain faktor penyebab Hp cepat panas seperti penggunan smartphone seharian, baterai memiliki kualitas buruk, menggunakan pelindung handphone yang terlalu tebal, dan banyak hal lainnya. Meskipun ini menjadi hal yang wajar, jika overheat terus dibiarkan, maka akan merusak smartphone atau bahkan memicu ledakan.

Smartphone kepanasan (overheat) adalah kondisi dimana smartphone terasa panas berlebih dan jika sudah kelewatan bisa menyebabkan smartphone kamu hang bahkan meledak. Kondisi overheat pasti sering dialami pengguna android atau iOs, terutama Anda yang suka main game. Agar smartphone Anda tidak mudah rusak, yuk kenali dulu Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya berikut ini.

Baca Juga :

Penyebab Hp Cepat Panas

Baterai overcharge

Overcharging

Overcharging merupakan kebiasaan buruk yang membuat smartphone Anda sering cepat panas. Istilah overcharging disini mengacu pada kebiasaan buruk dari sebagian orang yang seringkali meninggalkan smartphone dalam keadaan di charging tapi lupa untuk mencabutnya setelah baterai terisi penuh. Biasanya ha ini sering terjadi saat Anda charge smartphone di malam hari dan kebablasan sampai pagi baru mencabut charger dari smartphone. Karena kebiasaan buruk ini jadi salah satu penyebab yang buat smartphone Anda menerima aliran listrik yang berlebih dan mengakibatkan smartphone sering panas.

Bermain Game Secara Berlebihan

Saat Anda sedang asik bermain game pasti ada beberapa perangkat smartphone seperti CPU, GPU, dan RAM yang bekerja lebih besar dibandingkan ketika Anda membuka aplikasi-aplikasi lain. Hal ini juga dapat mengakibatkan smartphone Anda merasakan peningkatan suhu panas yang berlebih. Bermain game memang tidak dilarang, namun pastikan untuk pause sejenak saat smartphone terasa sudah terlalu panas.

Multitasking Aplikasi

Multitasking sendiri merupakan salah satu faktor yang menyebabkan smartphone Anda overheat karena terlalu banyak menjalankan aplikasi di saat bersamaan, terlebih lagi jika tersambung dengan internet. Kegiatan ini akan mengakibatkan beban pada CPU lebih berat daripada saat Anda hanya menjalankan satu aplikasi saja.

Virus dan Malware

Virus dan Malware juga termasuk dalam beberapa faktor yang mengakibatkan cepat panas pada smartphone. Hal ini disebabkan karena kegiatan operasi yang terjadi secara terus-menerus dan sering kali para pengguna smartphone tidak menyadari karena letaknya yang berada di background sistem smartphone yang bertugas untuk mengakses berbagai informasi. Apalagi di barengi dengan penggunaan beberapa aplikasi.

Loading…

Menggunakan HP yang di Charge

Kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan beberapa orang pada saat sedang mencharge smartphone adalah tetap menggunakannya terutama bagi para pecinta game online atau bagi yang tidak bisa lepas dari kegiatan yang berhubungan dengan internet. Hal ini jugalah yang mengakibatkan smartphone Anda cepat panas karena dalam keadaan seperti ini baterai maupun CPU mengeluarkan panas yang berlebihan. Jika Anda tidak berhenti menggunakan smartphone saat sedang di charge akan mengakibatkan baterai cepat rusak dan memperlambat kinerja smartphone Anda. Agar aktivitas Anda saat menggunakan smartphone tidak sampai menimbulkan overheat, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara Mengatasi Hp Cepat Panas

  • Jangan mencharge smartphone di malam hari untuk menghindari kelupaan dan overcharging.
  • Jangan terlalu lama bermain game, sebaiknya bermain selama kira-kira 30 menit, setelah itu istirahatkan perangkat smartphone Anda.
  • Jangan meletakkan smartphone di kantung celana yang terlalu ketat, karena suhu pada smartphone tidak maksimal dan seringkali bertambah panas karena adanya suhu dari tubuh Anda sendiri.
  • Jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi pada smartphone di saat bersamaan
  • Instal aplikasi antivirus di smartphone Anda untuk mengatasi virus dan malware.
  • Jangan pernah menggunakan smartphone apabila sedang di charge agar tidak ada komponen smartphone yang bekerja kecuali baterai yang menerima energi listrik.
  • Hindari download games maupun aplikasi di luar app store yang resmi

Nah itu lah tips dan trick serta informasi penyebab hp cepat panas dan cara mengatasi nya. Nantikan lebih banyak tips dan trik mengenai smartphone hanya di Kabargames. Jangan lupa juga update informasi Anda tentang berita games dan gadget terbaru juga di Kabargames.

Baca Juga :

Bagikan untuk teman:
Loading...