5 Aplikasi Boros Baterai di Smartphone Android

5 Aplikasi Boros Baterai di Smartphone Android

Dengan berbagai fungsi, smartphone kini semakin dituntut miliki performa yang lebih kencang dan juga kapasitas baterai yang lebih besar sehingga bisa bertahan lama dan tidak boros meski digunakan multitasking dengan berbagai macam aplikasi. Namun baterai smartphone juga punya kapasitas tersendiri untuk meng-handle setiap perintah yang Anda lakukan lewat smartphone. Semakin sering digunakan, maka baterai smartphone pun lama kelamaan akan terasa cepat habis meski baru saja di-charge.

Jika Anda mengalami masalah dengan baterai Android cepat habis, coba cek dahulu apakah aplikasi ini terinstall di dalam smartphone Anda atau tidak. Pasalnya, 5 aplikasi berikut ini menguras baterai Android Anda semakin boros.

Baca Juga :

Carat

carat-app

Aplikasi Carat merupakan salah satu aplikasi untuk menghemat pemakaian baterai di smartphone Android. Namun pada kenyataannya aplikasi ini juga memiliki fitur yang justru membuat pemakaian baterai di Android anda lebih boros, yaitu fitur location service tracker.

Aplikasi-aplikasi penghemat baterai lainnya juga sering mengaktifkan fitur location service tracker secara default. Anda harus memeriksa di menu Setting > Apps > Carat dan periksa apakah fitur location service tracker ini dihidupkan. Jika ya, segera matikan fitur ini untuk menghemat baterai di Android Anda.

Facebook

facebook

Siapa yang tak kenal situs jejaring sosial yang satu ini? Hampir semua orang memiliki akun di situs ini. Aplikasi Facebook untuk Android pun didapatkan dengan gratis di Play Store, sehingga aplikasi ini banyak didownload. Namun ternyata aplikasi ini masuk ke dalam daftar ‘aplikasi yang wajib di-uninstall’ jika ingin menghemat baterai.

Loading…

Hal ini karena Facebook selalu melakukan automatic refresh setiap 15 menit meski dalam kondisi tidak dibuka. Dan setiap kali melakukan proses itu melibatkan peralihan data minimal 5 MB. Peralihan data ini ternyata menyedot pemakaian baterai yang lumayan dan juga menyedot paket data internet Anda.

Google Maps

Google-Maps

Baca Juga :

Aplikasi ini merupakan aplikasi default di semua smartphone Android yang cukup membuat boros baterai, apalagi jika Anda juga mengaktifkan fitur GPS location service. Jika Anda menggunakan aplikasi ini selama 10 menit, maka telah terjadi peralihan data sebesar minimal 6 MB.

Seperti halnya di Facebook, peralihan data di Maps juga berpotensi menghabiskan baterai smartphone Android anda dengan cepat dan juga menyedot kuota data Anda. Sebaiknya, gunakan Google Maps seperlunya saja dan matikan segera GPS jika Maps sudah tidak dipakai lagi untuk menghemat kuota internet dan juga baterai.

Instagram

instagram

Sama dengan Facebook, Instagram juga dikenal sebagai salah satu social media yang paling banyak digemari pada saat ini. Jika anda memiliki aplikasi ini di Android Anda, meskipun anda tidak mengaktifkannya namun aplikasi ini selalu aktif di background.

Hal inilah yang membuat Instagram masuk di aplikasi yang membuat baterai boros dengan cepat karena aplikasi ini terus refresh untuk memuat foto-foto terbaru baru ke feed Anda. Belum lagi sekarang Instagram sudah punya fitur Live dan Instagram Stories yang semakin mempercepat habisnya daya baterai dan juga menyedot kuota data Anda.

AccuWeather

Aplikasi Boros Baterai accuweather

Aplikasi ramalan cuaca yang terkenal ini ternyata juga menjadi salah satu aplikasi yang membuat baterai cepat boros di Android karena secara terus-menerus mengupdate cuaca terkini di daerah Anda. Aplikasi ini secara default membutuhkan Anda mengaktifkan GPS untuk memberi perkiraan cuaca yang lebih akurat.

GPS yang aktif plus aplikasi yang berjalan di background buat AccuWeather sebabkan baterai smartphone cepat habis. Tak hanya AccuWeather, aplikasi ramalan cuaca lainnya juga punya mekanisme kerja yang sama dalam meramal cuaca sekaligus menghabiskan baterai Anda.

Sebagai pengguna smartphone yang cerdas, ada baiknya gunakan aplikasi yang membuat boros baterai diatas dengan sewajarnya untuk mencegah baterai cepat habis dan harus di-charge terus menerus. Hal ini akan menguras dan menurunkan kapasitas baterai yang bisa membuatnya cepat rusak. Namun jika digunakan dengan wajar, aplikasi-aplikasi diatas tentu sangat berguna untuk berbagai hal, bukan! Ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak tips & trik menarik seputar smartphone, berita gadget dan games terbaru hingga review dan tutorial menarik seputar games dan juga gadget.

Bagikan untuk teman:
Loading...