legend-banner
5 Tips Merawat & Membersihkan Sensor Fingerprint Hp Agar Awet

5 Tips Merawat & Membersihkan Sensor Fingerprint Hp Agar Awet

Saat ini, teknologi fingerprint scanner atau sensor sidik jari tak hanya bisa ditemukan di smartphone high-end, tetapi di smartphone kelas menengah hingga entry level pun sudah dilengkapi dengan fitur keamanan ini. Dengan adanya sensor fingerprint, keamanan smartphone Kamu lebih terjamin, apalagi jika kita mampu merawat & membersihkan nya dengan baik, karena tidak perlu memasukkan pin atau pola layar yang bisa ditebak oleh orang lain. Selain itu setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda, sehingga tidak ada yang bisa mengakses smartphone Kamu kecuali Kamu sendiri yang sidik jarinya didaftarkan dalam smartphone tersebut.

Namun karena Kamu pasti sering menggunakan sensor ini untuk membuka kunci smartphone, panel pemindai sidik jari ini pun perlu dirawat dengan baik agar tetap berfungsi maksimal dan awet. Berikut ini ada 3 tips ampuh cara merawat dan membersihkan sensor sidik jari atau fingerprint smartphone yang harus Kamu ketahui.

Baca Juga :

Jangan Gunakan Saat Jari Basah

Merawat Sensor Fingerprint - sensor sidik jari

Entah itu karena keringat atau terkena air, pastikan jari tangan Kamu dalam keadaan kering saat mengakses panel fingerprint smartphone Kamu. Hal ini karena panel fingerprint juga merupakan perangkat elektronik yang rentan terhadap air karena bisa merusak komponen sensor yang ada di dalamnya dengan cepat dan membuatnya tidak lagi responsif.

Selain itu, jangan gunakan fingerprint scanner ini saat hujan. Meskipun banyak smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur tahan air, namun sebisa mungkin hindari penggunaan sensor saat hujan karena terdapat celah-celah pada sensor fingerprint yang bisa jadi jalan masuk air ketika tombol sensor ini ditekan.

Jangan Daftarkan Terlalu Banyak Jari

sensor sidik jari

Fitur fingerprint scanner dibuat untuk menambah keamanan smartphone agar tak bisa diakses oleh orang yang tak berkepentingan. Jadi sudah sepantasnya jika Kamu hanya mendaftarkan sidik jari sendiri ke dalam smartphone Kamu. Umumnya setiap smartphone dengan fitur ini mampu menyimpan hingga lima sidik jari.

Loading…

Namun semakin banyak jari yang didaftarkan, semakin banyak pula memori smartphone yang dihabiskan untuk menyimpan data yang termasuk tidak penting. Sebaiknya daftarkan paling banyak 2 jari saja untuk menghindari fingerprint scanner tidak berfungsi maksimal dan menghabiskan banyak memori.

Simpan Smartphone Dengan Baik

sensor sidik jari

Baca Juga :

Saat ini posisi fingerprint sensor diletakkan di berbagai posisi. Ada yang di bagian belakang smartphone, ada juga yang berada di bagian samping dan juga depan smartphone. Namun umumnya produsen smartphone menempatkan sensor pemindai sidik jari ini di tombol home dan bagian belakang di bawah kamera utama.

Karena sensor fingerprint sangat penting dan harus tetap responsif agar bisa bekerja dengan baik, maka merawat dan menyimpan smartphone agar sensor ini tidak bergesekan dengan benda lainnya yang bisa membuat permukaannya tergores adalah suatu keharusan. Hindari meletakkan smartphone di dalam kantong celana yang terlalu ketat, di dalam tas yang berisi banyak benda dan hindari menggores permukaan pemindai dengan sengaja.

Hindari Benda Tajam

hindari benda tajam saat melakukan fingerprint

Panel scan fingerprint atau sidik jari memang rentan terhadap goresan terutama saat dimasukkan ke dalam saku, maka kita harus hati-hati dalam merawat dan membersihkan nya salah satun cara nya kita harus memisahkan smartphone ke dalam saku yang berbeda dengan kunci motor, uang logam, atau benda keras lainnya dapat meningkatkan resiko tergoresnya panel scan sidik jari. Agar terhindar kemungkinan tergores benda-benda tajam yang dapat menghalangi proses scaning sidik jari karena banyaknya goresan pada panel sidik jari.

Tergoresnya panel scan sidik jari juga sering terjadi ketika kita sembarangan meletakkan smartphone. karena panel scan sidik jari setiap smartphone berbeda letaknya ada yang di bagian belakang, ada yang di bagian depan yang menyatu dengan tombol home, dan ada yanng terletak di bagian samping smartphone. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam merawat atau membersihkan agar sensor panel scan fingerprint tidak tergores ataupun rusak.

Jangan Scan Jari Bila Kotor

Merawat Sensor Fingerprint - Jangan Men-scan Jari Bila Kotor

Nah seperti apa yang telah kita ketahui, melakukan scan sensor fingerprint atau sidik jari ketika tangan dalam keadaan kotor juga dapat menjadikan penyebab sensor sidik jari cepat rusak, jadi tangan atau jari yang bersih adalah salah satu faktor merawat agar sensor jadi lebih awet. Bukan lain dan bukan tidak, jika tangan atau jari kita kotor maka kotoran akan menghalangi jari saat ingin di-scan. Lebih baik bersihkan jari dahulu sebelum melakukan scan.

Nah itu tadi tips ampuh cara merawat dan membersihkan sensor sidik jari atau fingerprint. Karena sejatinya fitur fingerprint scanner dibuat untuk meningkatkan keamanan perangkat smartphone Kamu, jadi ada baiknya digunakan dengan bijaksana dan dirawat dengan baik agar bisa terus berfungsi dengan maksimal. Ikuti terus Kabar Games untuk mendapat lebih banyak tips & trik menarik seputar smartphone. Ada juga berita games dan gadget terbaru, berbagai tutorial menarik dan juga review berbagai perangkat smartphone maupun gaming gear.

Bagikan untuk teman:
Loading...