legend-banner
15 Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa di 2020, Bikin Baper!

15 Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa di 2020, Bikin Baper!

Anime dengan genre sedih terbaik masih menjadi pilihan bagi banyak orang. Wajar saja sih sebenarnya, selain jalan ceritanya yang menarik, anime dengan kisah sedih juga mampu menguras emosi penonton. Walhasil, Baper deh!

Jika Kamu adalah tipe orang yang kadang suka bosan dengan anime action yang menawarkan cerita itu-itu saja. Maka tak ada salahnya bagi Kamu untuk mencoba menonton anime Jepang dengan genre sedih. Tapi, biar gak rugi dan berakhir sia-sia Kamu harus lebih selektif memilih anime mana yang layak Kamu tonton.

Baca Juga :

Jangan sampai waktu, kuota dan Popcorn yang telah Kamu sediakan terbuang percuma karena anime yang Kamu tonton tidak sebagus ekspektasi Kamu. Oleh karena nya, Kabar Games rekomendasikan anime sedih terbaik sepanjang masa dengan jalan cerita yang patut dan layak Kamu tonton. Siapkan tissue yaaah! Hehehe

1. Grave of the Fireflies

Rekomendasi pertama untuk Kamu datang dari anime yang muncul pada tahun 1988. Anime sedih yang satu ini bercerita tentang dua orang kakak beradik bernama Seita dan Setsuko yang kehilangan ibunya karena terbunuh pada Perang Dunia II. Selepas kepergian ibunya mereka diasuh dan tinggal bersama bibinya. Namun, karena tidak betah dengan perangai bibinya yang galak, keduanya memutuskan untuk hidup mandiri di bunker bekas perang. Dari sinilah kisah sedih mereka dimulai.

Film ini seolah ingin menyampaikan sebuah pesan bahwa kehidupan pasca peperangan itu sungguh mengerikan dan memberikan dampak buruk untuk banyak orang yang tidak terlibat di dalamnya. Film yang disajikan secara flashback ini berakhir dengan sad ending yang begitu memilukan.

2. Silent Voice

Loading…

Sesuai dengan judulnya, film ini mengangkat kisah seorang gadis tuli bernama Shouko Nishimiya. Kisah sedih yang dialami Shouko Nishimiya bermula saat ia pindah ke sekolah barunya, di sekaloh tersebut gadis malang tersebut bertemu dengan seorang lelaki tukang bully bernama Shouya Ishida.

Hari-hari Shouko terasa amat menyedihkan karena Shouya selalu menghina kekurangannya. dan membuat gadis malang itu pindah sekolah. Karena perbuatannya, Shouya pun diejek balik oleh teman-teman kelasnya. Selang beberapa tahun Shouya bertemu kembali dengan Shouko saat ia sudah duduk di bangku SMA.

Baca Juga :

Shouya bermaskud ingin meminta maaf atas segala perlakuannya terhadap Shouko selama ini. Perjuangan Shouya agar dimaafkan oleh Shouko dijamin bikin hati kamu tersentuh, karena Shouko tak semudah itu bisa memaafkan Shouya.

3. Spirited Away

Anime movie sedih berikut ini menyuguhkan sebuah cerita tentang seorang gadis berusia 10 tahun bermana Chihiro Ogino dan orang tuanya yang baru saja pindah rumah. Dalam perjalanan menuju rumah baru, mereka menemukan sebuah terowongan yang di ujungnya terdapat sebuah padang rumput yang begitu indah. Karena penasaran mereka pun menyusuri jalanan hingga berhenti di beberapa booth makanan. Tapi anehnya, di tempat tersebut seolah tidak ada kehidupan.

Singkat cerita, kedua orang tua Chihiro tergoda untuk mencicipi makanan yang ada disana, tapi Chihiro mengingatkan mereka jika makan sesuatu tanpa izin pemiliknya itu tindakan yang tidak baik. Tapi keduanya mengacuhkan perkataan Chihiro dan tetap menyantap makanan dengan sangat rakus.

Sungguh naas, atas tindakannya itu mereka berdua berubah menjadi seekor babi. Disinilah Chihiro sadar bahwa ia telah terjebak di alam roh, dan satu-satunya cara untuk mengembalikan kedua orangtuanya ialah bekerja untuk roh tersebut. Walhasil, Chihiro harus berjuang dengan segala kepedihan demi mengembalikan kedua orangtuanya. Ending film ini begitu mengharukan dan dipastikan bakal membuatmu berkaca-kaca setelah menontonnya.

4. Your Lie in April

Your Lie in April menjadi salah satu anime sedih terlaris sepanjang masa karena didalamnya memuat cerita tentang cinta dan persahabatan yang berlatar belakang musik. Mengisahkan Arima Kousei, seorang pianis muda yang trauma dan tidak ingin bermain alat musik lagi, terutama piano semenjak kepergian ibunya. Mulai hari itu Kousei menjalani hidupnya sebagai seorang siswi SMA biasa.

Suatu hari ia bertemu dengan Kaori Miyazano, yang juga seorang pemain biola. Laki-laki ini mengajak Kousei untuk bermain musik lagi, namun ia menolak mentah-mentah ajakan Kaori karena ia sudah berjanji untuk tidak kembali bermusik. Tak patah arang Kaori terus berusaha sekuat tenaga membantu Kousei menghilangkan trauma yang menderanya. Kisah keduanya ini berhasil membawa Kamu terhanyut dalam suasana bahkan sampai meneteskan air mata.

5. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Jika beberapa anime di atas bernuansa sedih dan haru, anime yang satu ini hampir mencakup banyak genre yang dituangkan menjadi satu frame. Itulah kenapa ketika membahas anime terbaik, Fullmetal Alchemist: Brotherhood selalu berada di baris terdepan.

Mengisahkan sebuah cerita tentang Elric bersaudara yang bekerja sama melakukan ritual terlarang untuk membangkitkan kembali ibunya yang sudah mati. Ritual tersebut bernama ritual alkemi yang terikat Hukum Pertukaran Setara yang berbunyi: “Untuk mencapai sesuatu, sesuatu lain yang setara harus dikorbankan.” Disinilah ketegangan dari film ini dimulai.

Perlahan mereka menyadari bahwa hukum tersebut tidaklah main-main. Ini dibuktikan dengan hilang nya kaki kiri sang kakak yang bernama Edward Elric. Sementara sang adik, Alphonse Elric harus merelakan kehilangan salah satu tubuhnya. Untuk menyelamatkan nyawa sang adik dan mengikat jiwa adiknya ke baju zirah, Edward sampai mengorbankan tangan kanannya.

Kesedihan tak berhenti disitu, ritual terlarang yang mereka lakukan ternyata berakhir kandas dan gagal total. Sekilas Fullmetal Alchemist: Brotherhood mirip dengan anime shounen, tapi jika diperhatikan lebih detail, banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari film yang mengharukan ini. Jangan sampai Kamu melewatkan anime yang satu ini.

6. The Girl Who Leapt Through Time

Makoto Konno adalah seorang anak yang bingung dengan dirinya sendiri, dan tak tahu apa yang harus dilakukannya di masa depan nanti. Padahal ia sekarang sudah duduk di kelas 3 SMA. Ia tidak bisa memilih antara harus bertahan dengan tekanan yang didapatinya dari sang guru dan sibuk dengan teman-temannya atau malah pergi meninggalkan itu semua.

Sampai pada akhirnya, ia mendapati dirinya bisa melompati waktu dan dari sana lah kehidupannya berubah drastis. Dia mulai bermain-main dengan kekuatan barunya. Tapi semua itu tidak bertahan lama, ia menyadari bahwa kehidupan ini memang punya konsekuesinya masing-masing. Dia menyadari pula kalau waktu ternyata sangat lah rumit dan jauh dari perkiraan dia selama ini.

7. Steins; Gade

Berbekal penyewaan sebuah ruangan yang dijadikan laboratorium, Okabe Rintarou-sang “Mad Scientis” bersama kedua rekannya, Mayuri Shiina dan Hashida Itaru menghabiskan waktu dengan membuat alat-alat yang bernama Future Gadget. Suatu hari, mereka berhasil membuat Phone Microwave, sebuah mesin yang dapat mengubah pisang menjadi tumpukan jeli berwarna hijau.

Okabe tak pernah peduli akan hal itu sampai akhirnya sesuatu yang aneh dan misterius menimpanya. Kisah sedihnya dimulai ketika Oktabe diharuskan untuk menembus batas-batas antara masa lalu dan masa sekarang untuk menyelamatkan orang yang ia cintai. Usut punya usut Phone Microwave tersebut mampu berkirim pesan ke masa lalu dan mengubah sejarah.

8. The Wolf Children Ame and Yuki

Suatu ketika ada seorang gadis berusia 19 tahun yang bernama Hana. Singkat cerita gadis ini jatuh cinta dengan seorang manusia serigala yang ditemuinya. Mereka saling mencintai hingga akhirnya menikah dan dikaruniai dua orang anak yang diberi nama Ame dan Yuki.

Keduanya terlahir sebagai manusia serigala persis seperti ayahnya. Tak lama kemudian, sang ayah meninggal dunia. Hana, sang ibu memutuskan untuk pindah ke desa kecil yang jauh dari perkotaan untuk menutupi identitas asli mereka. Hana harus berjuang sendirian membesarkan kedua anaknya.

9. Hotarubi no Mori e

Rekomendasi anime sedih terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah Hotarubi no Mori e. Mengisahkan tentang seorang anak berusia 6 tahun bernama Hotaru Takegawa. Ia tersesat di hutan tua saat sedang main ke kediaman pamannya. Saat ingin meminta pertolongan, Hotaru bertemu dengan Gin, roh hutan yang bertopeng. Meski terlahir sebagai roh baik, Gin tidak boleh disentuh oleh siapapun, dan jika disentuh maka ia akan menghilang.

Singkat cerita Gin berhasil membantu gadis kecil itu keluar dari hutan. Setelah kejadian ini Hotaru sering menemui Gin sekedar untuk mengetahui kabarnya. Tak dinyana, ternyata diantara keduanya telah tumbuh benih-benih cinta. Hubungan mereka berdua sangat menyedihkan karena keduanya harus menjalani kisah asmara dalam alam yang berbeda.

10. Mahou Shoujo Madoka Magica

Cerita sedih ini berawal ketika Madoka Kaname bermimpi ada seorang gadis cantik dan makhluk aneh yang sedang dalam masalah. Paginya Madoka bergegas pergi ke sekolah dan betapa terkejutnya ia ketika mendapati ada seorang gadis bernama Homura Akemi yang mana gadis tersebut sama persis dengan yang ada di mimpinya semalam.

Rasa terkejut Madoka tak berhenti disitu, dia pun mendengar seperti ada yang meminta tolong padanya. Setelah diketahui ternyata itu adalah Kyuubey, makhluk aneh yang menyerupai kucing yang ada di dalam mimpinya pula. Namun anehnya, Homura meminta Madoka untuk menjauhi Kyuubey.

Karena merasa khawatir dengan Kyuubey, akhirnya Madoka meminta bantuan temannya untuk membawa pergi Kyuubey dari Homura. Atas jasa baik keduanya, Kyuubey menawarkan mereka menjadi magic girl dan sebagai gantinya Kyuubey akan mengabulkan permintaan Madoka dan temannya. Bukannya mendapatkan apa yang dimau, keduanya justru harus melakukan banyak hal hingga membayar dengan harga yang tinggi supaya mimpi mereka dikabulkan.

11. Ano Hi Mita Hana o Namae Wo Bokutachi wa Mada Shiranai

Melengkapi deretan anime sedih terbaik selanjutnya ada Ano Hi Mita Hana o Namae Wo Bokutachi wa Mada Shiranai (panjang banget judulnya). Pada awal cerita kita akan disuguhkan kehidupan seorang anak yang tampak normal.

Sampai disuatu siang yang begitu terik, seorang anak bernama Jinta Yadomi yang sedang menikmati waktu liburnya didatangi dan di ganggu Menma, teman semasa kecilnya yang sudah meninggal dunia. Setelah pertemuan itu Menma meminta Yadomi utnuk membantunya agar bisa hidup tenang di alam sana. Membaca sekilas ceritanyaa saja sudah bikin sedih, apalagi menontonya.

12. 3-gatsu No Lion

Film ini menceritakan kisah seorang pemuda jenius yang bernama Rei. Dalam anime ini Rei diceritakan sebagai seorang pemain shogi profesional dengan usia yang masih sangat muda, yaitu 17 tahun. Rei hidup sebatang kara, tidak punya keluarga dan nyaris tidak memiliki teman.

Hidupnya begitu menyedihkan, dia hanya mengenal sebuah keluarga yang terdiri dari seorang wanita bernama Akari dan dua orang gadis, Momo dan Hinata serta beberapa kucing peliharaan. Kebayang nggak sih kalo Kamu jadi Rei? Hikss…

13. Nana

Anime sedih selanjutnya yang layak Kamu tonton adalah Nana. ini mengangkat tema anak muda berusia 20 tahun yang dunianya dipenuhi oleh musik, gosip dan fashion. Anime karya Ai Yazawa ini menceritakan seorang gadis bernama Nama Komatsu yang punya masalah dengan pacarnya. Ia memutuskan untuk pindah ke Tokyo agar bisa melupakan masa lalunya dan lebih mengontrol hidupnya.

Di sisi lain, ada gadis yang bernama sama, Nana Osaki yang sangat ambisius untuk bisa menjadi seorang superstar rock’n’roll. Singkat cerita keduanya bertemu dan menjadi sahabat baik. Kisah mereka mampu membuat mata berkaca-kaca. Hhhmmm wajib ditonton nih oleh Kamu yang ngakunya pecinta anime garis keras.

14. Tsumiki no le

Mengisahkan tentang seorang lelaki tua yang harus membangun lantai rumahnya. Ia berkali-kali melakukan ini agar rumahnya tidak tenggelam. Kisah sedihnya dimulai ketika pipa rokok favoritnya jatuh ke jurang air di bawahnya. Lalu ia bergegas mengambil pipa rokok yang terjatuh dengan menyelam menembus rumahnya bahkan hingga menembus kenangan di masa lalunya.

Anime pendek ini memberikan pelajaran mengenai waktu di kehidupan seseorang, bahwa sebenarnya hal itu bisa menelan masa lalu sepenuhnya. Disini juga diajarkan bahwa kita harus bisa move on dari apa sudah yang terjadi. Sekilas terlihat biasanya saja ya, cuma ngambil pipa roko, tapi jika Kamu mau sedikit memperhatikan anime ini mengangkat tema yang begitu berat.

15. Kimi no Na Wa

Sebagai penutup, anime sedih terakhir yang sangat direkomendasikan buat Kamu ialah Kimi no Na Wa (Your Name). Anime ini berkisah tentang dua orang remaja yang mengalami hal aneh dalam hidup, mereka adalah Taki Tachibana dan Mitsuha Miyazumi.

Di satu sisi, Mitsuha yang merupakan seorang siswi SMA yang tinggal di desa merasa bosan tinggl disana dan berkeinginan pindah ke kota. Di sisi lain Taki yang tinggal di Tokyo justru merasa kesulitan dalam menyeimbangi antara kegiatan akademik dan pekerjaannya.

Suatu ketika mereka terperanjat dari tidur dan mendapati bahwa mereka ada di tubuh orang lain, dengan kata lain mereka bertukar jiwa. Taki berada di tubuh Mitsuha dan sebaliknya. Mereka berusaha untuk menemukan satu sama lain untuk mencari tahu keanehan yang dialami diri mereka.

Sedihnya, kedua karakter ini dikisahkan berada di dunia yang berbeda sehingga mustahil bagi keduanya untuk bisa bertemu. Padahal faktanya mereka berdua sama-sama jatuh cinta walaupun belum pernah bertemu. Duuh, penonton wajib siapin tissue nih, karena dijamin bakal nangis bombay!

Nah itulah 15 rekomendasi anime sedih terbaik sepanjang masa. Sudah pernah menontonnya? Apakah salah satunya ada yang menjadi favoritmu? Atau kamu punya rekomendasi lain yang belum ada di dalam daftar? Bagikan di kolom komentar ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...